7 Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop

Banyak produsen komputer dan smartphone yang berlomba-lomba untuk memberikan RAM besar kepada perangkat - perangkatnya, dimana saya ingat waktu saya SMA dulu RAM 1GB - 2GB sudah dianggap sangat mewah tetapi sekarang sudah menjadi kapasitas RAM untuk perangkat strata bawah.

Menurut saya peningkatan konsumsi RAM pada perangkat komputer ataupun smartphone sangat wajar karena fitur softwarenya semakin canggih, untuk komputer atau laptop zaman sekarang RAM harus sudah wajib minimum di angka 4GB karena sistem operasi terbaru saat ini membutuhkan RAM yang besar bahkan waktu baru menghidupkannya saja, berdasarkan pengalaman windows 10 terbaru membutuhkan RAM 1.8 - 2GB++ jika baru dihidupkan.

Jika bersikeras untuk bertahan di 2GB atau dibawahnya lagi maka sobat bisa mencari alternatif sistem operasi lama, yang tentunya sudah tidak didukung lagi oleh produsen dan rentan dalam masalah keamanan.

Diartikel ini saya akan coba memberikan tips bagi sobat yang ingin mengupgrade RAM atau meningkatkan kapasitas RAM khususnya pada laptop dan komputer (karena smartphone ga bisa diupgrade RAMnya), 

Diharapkan dengan tips - tips ini sobat bisa menghindari kesalahan dan penipuan dalam membeli RAM, sehingga sobat dengan mudah menentukan RAM yang baik dan cocok untuk komputer atau laptop sobat. Langsung saja berikut ini adalah tips bagaimana memilih RAM yang baik dan cocok untuk komputer  dan laptop :

1. Cek Tipe Ram dan Motherboard

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Untuk tips pertama silahkan sobat mengecek tipe RAM yang digunakan sekarang ini apakah DDR2, DDR3, DDR3L, DDR4 atau bahkan DDR5 generasi terbaru, yang sering terjadi adalah kesalahan membeli tipe memori RAM, yang seharusnya dibeli DDR3, malahan beli DDR4 ataupun sebaliknya (yang sudah pasti tidak cocok dan tidak bisa digunakan). 

Untuk mengecek tipe RAM sobat bisa menggunakan aplikasi windows yaitu CPU-Z, dan untuk kecepatan RAM bisa melihat task manager.

Baca Juga : Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop

Kesalahan lain adalah membeli RAM untuk komputer padahal mau dipasangkan ke laptop atau pun sebaliknya, tetapi kesalahan ini cukup jarang karena sangat mudah membedakan RAM laptop dan komputer, yaitu RAM komputer  lebih panjang/besar dari RAM laptop.

Sebenarnya sampai tahap mengecek tipe RAM yang sekarang terpasang sudah cukup, tetapi jika sobat orangnya kepo dan ingin mengetahui lebih dalam, sobat bisa mengecek  kecepatan penuh RAM yang didukung oleh motherboard, mungkin sobat ingin upgrade RAM yang lebih cepat dimasa depan.

Cara mengetahui RAM yang didukung motherboard bisa dengan membaca buku manual atau mengunjungi situs resmi motherboard, tetapi untuk laptop, biasanya RAM bawaan pabrik yang dipasang di laptop adalah RAM dengan kecepatan maksimalnya, dan tidak bisa dipercepat lagi.

2. Perhatikan Sistem Operasi yang di Gunakan

Sistem operasi ternyata cukup berperan penting dalam memilih RAM karena ada 2 jenis sistem operasi sekarang ini yaitu 32bit dan 64bit, dimana 32bit bisa mendukung RAM maksimal sampai 4GB dan 64bit bisa mendukung RAM sampai 100GB lebih.

Untuk mengecek sistem operasi sobat 32bit atau 64bit silahkan pergi control panel dibagian system and security, maka sobat akan menemukan seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah.

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik maka bisa saja sobat menganggap RAM yang dibeli rusak, padahal sobat ga ngecek bahwa sistem operasi terpasang hanya 32bit, bisa dibilang kalau sistem operasi 64bit maka kita bebas membeli RAM berapapun besarnya tentunya masih bergantung dengan dukungan processor dan motherboardnya.

Jika windows dikomputer sobat masih 32bit dan ingin upgrade RAM diatas 4GB maka bisa saja diinstall ulang ke windows 64bit terlebih dahulu, namun sebelum itu harap cek processor sobat apakah support 64bit atau tidak, untuk cara mengeceknya bisa dengan mengunjungi situs processor masing-masing baik amd ataupun intel.

3. Selalu Pilih Merek RAM yang Terpercaya

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Memilih merek yang terpercaya dan jelas adalah salah satu tips berikutnya, karena ternyata ada banyak merek RAM yang tidak jelas bertebaran diluar sana, biasanya sih dari luar negeri, ini karena ingin mendapatkan harga yang lebih murah ada orang yang rela membeli RAM dari luar negeri.

Mungkin RAM yang dibeli sangat terkenal diluar negeri, tetapi bukan di indonesia. Dengan ketidak terkenalannya itu tidak ada service centernya di indonesia dan pasti juga garansinya tidak jelas, apakah sobat mau kalau mau klaim garansi harus mengirim keluar negeri dan nunggu berbulan-bulan? pasti ga mau kan.

Jadi pilihlah RAM yang terpercaya dan jelas seperti merek VGEN, TeamElite, dll, kalau masih bingung harus pilih merek apa, saran saya pilih yang garansinya seumur hidup dan service centernya tersedia di kota sobat agar gampang saat klaim garansi.

Jikapun sobat ingin membeli RAM bekas untuk menekan harga yang lebih murah, maka saya akan menjawab boleh-boleh saja asalkan penjual RAM orangnya bisa dipercaya, Kenapa saya masih bisa merekomendasikan RAM bekas ?

Karena RAM sangat jarang rusak, bisanya saat beli bekas saya akan coba uji RAM tersebut selama 24 jam jika tidak ada masalah, maka RAM bekasnya saya anggap bagus, ini juga sebagai alasan kenapa banyak produsen berani menggaransi RAM seumur hidup.

4. Lihat Langsung RAM Laptop Komputer

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Melihat langsung RAM komputer laptop adalah solusi yang bagus juga,  tips ini dijamin 90% cocok karena kita hanya membandingkan tulisan di RAM yang sudah kita punya dengan yang ingin kita beli, sobat juga bisa bandingkan langsung ke toko komputer dan biarkan petugas toko yang mencari yang cocok, atau kalau sobat mau lebih cocok bisa mencari RAM yang 100% identik.

Gambar diatas adalah RAM Skhynix yang sering kali saya temui di laptop sebagai RAM bawaan pabrik, selain skhynix pernah juga RAM merek micron dan samsung sebagai RAM bawaan pabrik. Jika sobat ingin membeli RAM identik yang bawaan pabrik, biasanya hanya  berupa RAM copotan laptop lain, alias bekas, tetapi jika kita melihat  penjelasan tips sebelumnya ini tidak masalah.

5. Sebaiknya Kapasitas RAM di Samakan

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Untuk sobat yang ingin mengupgrade RAM sebaiknya kapasitas RAM yang dibeli dan yang sudah dimiliki supaya disamakan, agar kinerja sistem komputer lebih optimal karena berjalan pada 2 channel yang seimbang. 

Tips ini tentu sangat mudah diterapkan jika di PC komputer, tetapi untuk laptop, ternyata ada RAM yang sudah disolder dari pabrik, misalnya RAM 4GB sudah di solder dan masih menyisakan satu slot RAM yang kosong, maka biasanya kapasitas maksimal RAM yang bisa ditampung dilaptop ini sebesar 20GB jika  membeli RAM paling tinggi yaitu 16GB.

Dari 4GB ke 16GB tentu ada ketimpangan yang sangat jauh, tentu ini tidak masalah, tetapi mungkin akan menyebabkan peforma sistem sedikit menurun karena 2 channel nya tidak maksimal, tetapi mau gimana lagi yang tersedia hanya 1 slot 😒. 


Untuk sobat yang ingin lebih tahu tentang masalah ram beda kapasitas apakah bagus atau tidak, bisa melihat video yang disediakan dibawah artikel ini yang disampaikan langsung oleh ahlinya. untuk langsung kejawaban pertanyaannya silahkan lihat dikomentar videonya.

6. Bertanya di Forum Internet

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Bagi sobat sudah melakukan tips-tips diatas, untuk meyakinkan maka sebaiknya sobat bertanya lagi ke forum di internet, kalau saya seringnya bertanya di facebook. Silahkan sobat mencari grup sesuai dengan merek dan model laptop yang dimiliki, atau jika tidak ada langsung saja gabung di grup yang membahas komputer.secara umum, untuk sobat yang belum tahu dimana grup komputer yang bagus bisa berkunjung ke artikel > Daftar Grup Facebook yang Kamu Wajib Gabung.

7. Beli di Service Center

Tips Membeli RAM yang Baik dan Cocok untuk Komputer Laptop


Tips terakhir ini adalah tips yang paling aman, saya taruh terakhir karena jika diterapkan bisa-bisa kita tidak belajar dari pengalaman, walau[un begitu saya akan merekomendasikan tips ini jika yang mau diupgrade RAM nya adalah laptop, alasannya,

Walaupun harga RAM diservice center lebih mahal dari yang dijual ditoko biasa, tetapi dijamin hasilnya memuaskan, kalaupun ada kerusakan bisa di bantu klaim garansi dengan mudah. 

Selain itu jika laptop yang ingin diupgrade adalah laptop baru, maka jika sobat mengupgrade RAM sendiri atau di tukang service tidak resmi maka bisa saja proses pembongkaran akan menghilangkan garansi karena akan merusak segel, jadi lebih baik ke service center kan.

Penutup
Itulah berbagai tips agar sobat bisa membeli RAM laptop dan komputer yang cocok, agar tidak ada kesalahan pembelian yang merugikan penjual maupun sobat sendiri sebagai pembeli, tentunya tips diatas adalah hasil pengalaman dan informasi yang saya dapat selama ini,

jika ada kekurangan dan ada kesalahan mohon dimaafkan, jikapun ada tips lain yang akhirnya saya temukan lagi saya akan update di artikel ini, terima kasih sampai jumpa diartikel lainnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.