2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

Koneksi internet sudah mulai masuk ke berbagai penjuru indonesia, salah satu pelopornya adalah penyedia layanan internet indihome, merupakan anak perusahaan plat merah bumn tentunya perusahaan harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat indonesia,

Itulah alasan mengapa jaringan fiber optik indihome adalah yang paling luas di seluruh indonesia, pernah saya mengecek ketersediaan provider internet fiber di salah satu kota besar di jawa, hasilnya yang saya dapat hanya indihome yang bisa saya pilih, provider lainnya tidak tersedia diwilayah tersebut.

Padahal tempat tinggal saya ada di pinggir jalan raya dan dekat universitas yang cukup terkenal, mungkin dugaan saya provider lainnya karena mereka adalah perusahaan swasta tentunya lebih memperhatikan dari hal bisnis, buktinya saya cek di website masing-masing provider ternyata mereka hanya menyasar perumahan dan apartemen, bukannya tempat tidak jelas seperti tempat tinggal saya.

Kembali lagi ke indihome, dibalik jaringannya yang luas ternyata indihome memiliki kekurangan yaitu sejak tahun 2016 (kalau tidak salah), indihome memberlakukan pembatasan kouta (fair usage) kepada setiap pelanggannya,

mungkin hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas koneksi internet bagi pelanggan di seluruh indonesia, dengan diterapkannya aturan tersebut maka jika kita memakai internet dan mencapai batas kouta tertentu maka kecepatan internetnya akan diturunkan,

Walaupun begitu penurunan kecepatan internet ini tidak separah jika kita menggunakan kartu gsm unlimited (masih bisa nonton youtube 720p). Untuk informasi detail tentang kouta dan penurunan kecepatannya bisa sobat lihat pada tabel berikut ini.

2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

Nah karena kita sudah tahu bahwa indihome mempunyai fair usage alias kouta, maka ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana cara mengecek kouta pemakaian internet yang sudah digunakan, yang mungkin akan berguna untuk membantu manajemen bandwidth atau pemilihan paket internet yang lebih sesuai di masa mendatang.


Ada 2 cara yang bisa sobat lakukan untuk mengecek pemakaian kouta indihome, yaitu menggunakan aplikasi android dan website resmi dari indihome, sebelum lanjut ke pengecekan kouta saya harapkan sobat mengingat-ingat email dan password atau no hp saat melakukan pemasangan indihome, kalau sobat daftar menggunakan sales indihome, maka email, password, dan no hp seharusnya bisa di tanyakan kesalesnya.

Baca Juga : Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru

1. Menggunakan aplikasi android

  1. Bagi sobat yang ingin menggunakan aplikasi android, silahkan terlebih dahulu mendownload aplikasinya di play store.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

  2. Setelah membuka aplikasi silahkan login, sobat bisa menggunakan email atau nomor hp terdaftar untuk loginnya.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

  3. Setelah klik masuk maka selesai sudah, halaman utama sudah menampilkan kouuta pemakaian indihome kita, kekurangannya menurut saya kenapa tidak dicantumkan batas koutanya sekalian ya, kan jadi harus lihat ke tabel lagi.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

    Tetapi ternyata untuk lebih detail sobat bisa pergi ke status langganan, disana ada info koutanya juga beserta batas koutanya walaupun hanya berupa grafik proggres saja bukannya angka.
2. Menggunakan website indihome
  1. Cara kedua sobat bisa mengunjungi https://www.indihome.co.id/verifikasi-layanan/cek-email lalu mengisikan email atau no hp terdaftar, setelah memasukkan email silahkan klik selanjutnya dan isikan password lagi, jika sudah klik selanjutnya lagi.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

  2. Maka sobat langsung akan diarahkan ke beranda home, disana sudah terpampang kouta pemakaian internet beserta batas maksimum koutanya, cukup detail sih dibandingkan dengan versi androidnya.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

  3. Sama seperti versi android sobat bisa juga mengunjungi menu status langganan.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

  4. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

    2 Cara Mengetahui Kouta Pemakaian Bandwidth Indihome

Pendapat saya dari kedua cara diatas saya lebih menyukai menggunakan android karena lebih praktis, alasan lainnya dari pengalaman sebelumnya proses login ketika menggunakan versi website cukup susah terkadang saya harus merefresh browser berkali-kali untuk bisa masuk halaman beranda, 

Tetapi itu pengalaman lama sih, soalnya saat membuat artikel ini proses login di website indihome tidak ada kendala, jadi sobat bisa putuskan sendiri mau pakai cara yang mana. Cukup sudah tutorial bagaimana cara cek pemakaian kouta bandwidth indihome, semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.