Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru

Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru

Haloo teman-teman pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana mengganti modem indihome yang rusak dengan yang baru, saya awalin dengan bercerita terlebih agar artikel ini menjadi lebih bermakna. Modem sudah terlihat rusak sekitar 1 tahun yang lalu ditandai dengan seringnya dia error, awalnya modemnya sering restart sendiri lalu kembali normal setelah beberapa saat tetapi lama kelamaan errorny makin sering dan akhirnya KO juga, gejala rusaknya adalah restart terus menerus (mati hidup mati hidup) karena itu wifinya tidak bisa dipakai.



Oleh karena itu hari itu di kos kami tidak ada internet sampai seharian karena masalah tersebut, tetapi teman saya mendapatkan ide yang cukup berlian dimana dia mencoba mengganti adapter modem, dan taraaaa akhirnya modem kembali normal,disini saya sementara mengambil kesimpulan bahwa modem yang saya miliki rusak karena mati listrik yang sering terjadi didaerah kami, dan itu mengakibatkan adaptornya tidak bisa mengalirkan listrik dengan baik lagi, tetapi yang saya heran adaptor baru yang teman saya gunakan hanya bisa mengalirkan listrik sebesar 9V/1A sedangkan input yang diminta modem 12V/2A mungkin yang ahli masalah listrik bisa menjelaskan hal ini.

Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru
Bukti modem butuh 12V/2A
Semua berjalan lancar sampai beberapa bulan kemudian (tepatnya setelah selesai liburan satu bulan), pada saat liburan itu saya memutuskan pulang kampung ke kalimantan dan meninggalkan modem indihome nya di malang, nah saat datang lagi setelah sebulan liburan tiba-tiba entah kenapa modem sudah tidak bisa digunakan lagi
Awal-awal memang sama gejalanya dengan kerusakan yang ada dimasa lalu yaitu sering restart, berbagai penanganan sudah saya lakukan untuk memperbaikinya sesuai dengan pengalaman masa lalu, salah satunya adalah dengan membeli adapter 12V/2A karena saya kira kekurangan daya, dan akhirnya hidup dan normal kembali, tetapi hal itu terjadi hanya pada awalnya saja setidaknya sampai saya masih dekat dengan modem.

Setelah menjauh beberapa langkah saja mulai lah masalah baru, yaitu sinyal wifi putus dan tidak terdeteksi lagi, coba saya dekatin lagi dan ngetes internetnya ternyata lancar sambil otak-atik antenanya juga biar sinyalnya bagus, lalu saya menjauh lagi, kambuh lagi ga ada sinyal.

Disitulah saya meluai curiga bahwa ada masalah dengan sinyal wifinya, saya coba lagi dan lagi restart modem dan cabut pasang antenanya tetap sama sinyalnya hanya sanggup menjangkau kurang dari 5 meter (kan kesel), masa sih saya harus dekat dekat ke modem buat internetan apalagi modemnya saya taruh diatap rumah. Setelah beberapa jam berusah memperbaiki saya pun akhirnya pasrah dan tidak mau tau lagi dengan modem rusak tersebut.

Tetapi sebagi admin Wifi kos yang bertanggung jawab saya pun mulai melapor ke telkom melalui pesan twitter, jadi bagi sobat yang mau tanya atau komplain jangan lupa untuk memfollow twitter TelkomCare ya.

Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru


ini juga merupakan tips untuk sobat yang jarang punya pulsa dizaman internet ini, selain tidak boros pulsa setiap pertanyaan dan respon yang diberikan akan terekam di history percakapan jadi kalau tidak segera ditangani kita bisa protes lebih keras dengan bukti history chat tersebut (walaupun saya belum pernah melakukannya), Screenshoot awal percakapan saya kira-kira seperti ini.

Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru


Setelah berjuang selama 5 hari tanpa internet dan protes setiap hari barulah ada kejelasan, dimana saya di whatsapp oleh teknisi indihome, kebetulan saya di whatsapp saat itu sedang dikampus yang akhirnya buru-buru pulang. Tidak lama berselang teknisi pun datang, saya menjelaskan permasalahan yang terjadi dan akhirnya singkat cerita digantilah modemnya dengan yang baru, sambil ditanya nama wifi dan password yang di kehendaki, sebelum pergi saya tanya berapa biayanya ? dan ternyata GRATISS mantappp.

Selain gratis tentunya dimodem baru ini ada beberapa fitur baru juga, jadi untung nih sudah gratis dapat modem yang lebih bagus dari yang dulu.

Pengalaman Ganti Modem Indihome Rusak >> Baru
Fitur Baru di Modem Baru

Diantaranya adalah fitur penjadwalan Wi-Fi dimana kita bisa mengatur kapan Wi-Fi hidup atau wifi, pengaturannya bisa berdasarkan jam dan hari, lalu Parental Control untuk mengatur waktu akses internet untuk setiap perangkat, yang terakhir speedtest untuk mencoba kecepatan internet, walaupun pada akhirnya saya tidak sering menggunakan fitur tersebut 😅. Selanjutnya sebagai peringatan jangan karena sobat ingin dapat modem yang lebih bagus jadi komplain ingin ganti modem, tentu itu tidak dibenarkan, artinya dapat modem bagus atau gak bagus itu untung-untungan saja.

Pendapat saya tentang kecepatan ditanganinya komplain dari pertama komplain sampai datangnya teknisi masih cukup cepat untuk daerah malang, rata-rata sekitar 3-5 hari, jadi kalau ada masalah dengan indihomenya jangan diam diam bae ya, laporkan biar segera ditangani, rekomendasi saya laporkan saja melalui facebook atau twitter agar menghemat pulsa dan juga ada history percakapannya.

Itulah sedikit cerita tentang pengalaman saya mengurus pergantian modem wifi indihome rusak ke yang baru, mungkin ada pengalaman berbeda dari sobat sekalian bisa di bagikan di komentar, atau ada cara ampuh untuk mengatasi modem error bisa juga di bagikan di komentar, Sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.