Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi

Kamis, 07 Maret 2019

Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi


Akhir-akhir ini youtuber-youtuber muda mulai menunjukkan taringnya di dunia ber youtuban, seperti saya sekarang ini juga membangun channel youtube, walaupun cuman iseng dan sekedar berbagi ilmu yang saya ketahui saja, lagian masih malu-malu menampilkan muka didepan layar. di artikel ini saya akan membahas tips untuk mengedit youtube dengan cepat yaitu dengan memanfaatkan salah satu fitur youtube itu sendiri.

Awalnya saya sendiri tidak mengenal fitur youtube ini dan menggunakan yang namanya editor video gratisan, tetapi pada pengaplikasiannya saya sangat kesusahan sekali karena sesuatu yang ingin saya blur dalam keadaaan bergerak, dan pada akhirnya menyerah saking susahnya, lagi pula yang saya blur tidak terlalu penting.


Setelah selesai mengedit seadanya saya pun upload videonya di youtube, setelah berjalan-jalan dipengaturan video akhirnya saya menemukan fitur blur video ini, syarat utama untuk menikmati fitur blur ini adalah koneksi internet yang kencang karena pengeditan video akan dilakukan sambil stremaing video, sobat bisa menemukan fitur blur tersebut jika membuka beranda creator studio, dibagian video silahkan sobat klik edit.



Setelah itu klik bagian tab penyempurnaan lalu sobat klik tombol edit dibagian buram kustom, selain itu disana juga terdapat fitur pangkas video, tapi di artikel ini kita hanya membahas fitur blurnya saja terlebih dahulu.


Sekarang sobat sudah bisa memblurkan bagian videonya, caranya dengan menarik langsung dibagian videonya (sama saja seperti membuat kotak di aplikasi desain grafis) setelah itu sesuaikan bagian mana yang di blur dengan memindahkannya. lalu pada editor bagian bawah sobat bisa memendekan dan memanjangkan durasi blurnya sampai kapan itu terjadi.

Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi


Hebatnya fitur youtube blur ini bisa mengenali gerakan, jadi jika ada gerakan pada daerah yang di blur maka efek blur youtube ini juga mengikutinya, jadi tidak perlu susah-susah lagi deh buat mengedit videonya. Hanya ada 2 kekurangan yang saya rasa cukup mengganggu di fitur blur youtube ini yaitu kenapa pengeditannya tidak full screen dan kualitas video saat pengeditan jelek padahal video sudah HD, mungkin di update youtube selanjutnya bisa di perbagus lagi. Selanjutnya setelah sobat sudah selesai dalam pengeditan blur maka silahkan klik selesai.


Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi

Maka akan kembali lagi kehalaman semula tetapi dengan penampilan yang sedikit berbeda, yang tadinya adalah tombol edit sekarang sudah berubah menjadi peringatan status bahwa pengeditan sudah diterapkan, sampai sini jangan lupa klik simpan dibagian atas terlebih dahulu ya agar hasil pengeditan tersimpan, jangan langsung di close atau pergi kehalaman lain nanti nyesel.


Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi


Setelah itu muncul peringatan bahwa proses pengeditan mungkin akan cukup lama, karena server google harus merender videonya terlebih dahulu, terlebih lagi server google tidak hanya melayani pengeditan video kita saja mungkin ada ribuan atau jutaan video yang saat itu menunggu untuk di render, jadi mohon bersabar.


Selama menunggu maka video asli yang tanpa blur akan diperlihatkan ke penonton. Tentu ini sangat berbahaya kalau yang kita blur itu sangat privasi dan tidak boleh dilihat, jadi sebaiknya sebelum di edit silahkan di private dulu videonya, tetapi untuk youtuber kecil seperti saya yang belum rame penontonnya walau videonya di atur publik pun tidak akan berpengaruh karena sudah pasti belum ada yang nonton.

Cara Mudah Blur Video Youtube Tanpa Aplikasi

Setelah sobat membaca peringatan tersebut dan klik simpan maka proses rendering akan berjalan, dan selama itu pula sobat tidak bisa lagi otak-atik di pengeditan videonya atau membatalkan renderingnya, yang perlu sobat lakukan hanya memperhatikan peringatan yang ada di thumbnail videonya yang bertuliskan "Pengeditan sedang di proses", jika tulisan tersebut hilang maka proses rendering video selesai dan sobat bisa menambahkan pengeditan kembali atau menghapus pengeditan yang dilakukan sebelumnya.

Itulah manfaat dari fitur pengeditan youtube yang bisa memblurkan video, tentu sangat berguna untuk sobat yang malas untuk mengedit videonya di komputer atau laptop entah karena spek komputernya rendah atau aplikasi editornya kurang bagus, semoga artikel ini bermanfaat sampai jumpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.