Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Internet adalah sesuatu yang wajib ada bagi kebanyakan orang di era modern ini, entah kenapa internet membuat sangat kecanduan padahal kalau dilihat-lihat yang dilakukan di internet ya itu-itu saja, untuk saya sendiri mengalami hal itu dimana sering menonton youtube di smarphone hingga larut malam.

Untuk sobat yang akses internetnya menggunakan indihome lalu koneksinya menggunakan Wi-Fi yang dibagi ke banyak orang maka pada suatu waktu akan ada masalah, yaitu pada saat orang-orang yang suka mendownload melakukan aksinya dengan mencuri semua bandwidth internet yang tersedia.

Maka dari itu bandwidth internet harus dibatasi agar kecepatan internet bisa merata, tetapi sayangnya kebanyakan modem Wi-Fi indihome tidak menyediakan pengaturan pembatasan bandwidth seperti router-router yang mahal (mungkin ini strategi telkom untuk menghemat anggaran) itulah yang juga terjadi pada modem Wi-Fi merek alcatel saya.


Kalau kasusnya seperti diatas pembatasan bandwidth bisa saja dilakukan dengan cara ganti routernya atau menggunakan perangkat mikrotik tambahan, tapi cara ini tentunya membutuhkan uang tambahan lagi dan berbagai pengaturan jaringan yang bisa saja sangat susah.

Nahh untuk menjawab permasalahan tersebut pada artikel kali ini saya akan membagikan tips cara mengakali keterbatasan router indihome tersebut dengan beberapa klik saja kita akan membatasi kecepatan ke semua pengguna yang terhubung ke Wi-Fi, cara ini juga bisa diterapkan pada modem Wi-Fi lain yang mendukung pengaturan yang sama pada tutorial kali ini.

Tutorial ini kurang lebih sama saja dengan tutorial mengganti password WiFi indihome, yaitu pertama-tama buka 192.168.1.1 pada alamat browser, ini adalah sebuah ip pengaturan pada router yang disediakan, mungkin di router lain bisa saja berbeda, jadi bisa lihat sendiri alamat pengaturannya pada bagian bawah router sobat masing-masing ya.

Baca Juga : Review kecepatan Indihome 10Mbps

Setelah itu masukkan username "admin" dan password "admin", jika salah (tidak bisa login) lihat pada bagian bawah router (username dan passwordnya), jika masih tetap salah (tidak bisa login) berarti passwordnya sudah diganti oleh orang lain yang menggunakan WiFi tersebut.

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Setelah berhasil login sobat arahkan ke menu pengaturan WiFi di router sobat masing-masing, kalau di router milik saya ada di network -> Wireless (2,4GHz).

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome
Ganti mode WiFi ke mode b

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Lalu klik save/simpan

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Itulah tutorial cara membatasi bandwith indihome cukup mudah kan, hanya beberapa langkah saja. Setelah mengklik save maka WiFi akan terputus sebentar lalu terkoneksi lagi dalam beberapa detik, untuk memastikan kita berhasil membatasi kecepatan WiFi silahkan cek WiFi Status, yang pada windows biasanya berada di control panel bagian network & internet.

Dari hasil perubahan mode tersebut dapat di lihat pada gambar dibawah ini, kecepatan internet yang tadinya mencapai 72 Mbps menjadi 11 Mbps saja.

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Sebelumnya kita memilih mode b pada pengaturan WiFi, karena mode b adalah standard WiFi paling tua diantara  mode lainnya, yang mana semakin tua standard tersebut akan semakin lambat pula kecepatannya,  Untuk membuat sobat lebih paham tentang standar WiFi yang ada maka bisa di lihat pada table dibawah ini.

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Intinya kita memanfaatkan standar terendah WiFi agar kecepatan internet tidak terlalu cepat, perlu di perhatikan kecepatan 11Mbps pada standar WiFi b adalah kecepatan maksimalnya, jadi jika sinyal WiFi kurang bagus maka bisa saja kecepatannya akan menurun lagi sampai kecepatan 1-2Mbps.

Untuk membuktikan cara ini cukup efektif untuk membatasi kecepatan WiFi indihome bisa dilihat dari hasil speedtest di bawah ini

Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome

Dengan kecepatan 3Mbps tersebut sudah cukup untuk memutar video youtube 480p bahkan kalau beruntung ya bisa untuk 720p, untuk menjunjung tinggi keadilan akses internet cara ini sangat berguna sekali jika penggunaan WiFi sudah sangat ganas.



Berbeda jika penggunaan WiFi biasa saja seperti contoh kasus di kos saya dengan paket indihome 10Mbps nya, yang mana kecepatan internet selalu stabil di angka 8-12Mbps (mungkin teman-teman saya tidak terlalu ganas penggunaan internetnya), jadi saya menggunakan standar WiFi n yang kecepatannya sampai 72Mbps agar bandwidth internet yang nganggur tidak mubajir.

Sekian pembahasan bagaimana cara membatasi kecepatan indihome, sekarang sobat bisa membatasi kecepatan internet tanpa harus membeli router baru atau peralatan mikrotik, sekian artikel ini saya tulis, sampai jumpa diartikel lainnya.

22 komentar:

  1. makasi gan .infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Bgmn caranya mengurangi bandwidth wifi Indihome, agar koneksi main game melambat? Anak2 trlalu asyik main game dan lupa belajar. Mhn saran. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya pakai router mikrotik dan bertanya pada org yg ahli jaringan, tapi yg paling efektif menurut saya adalah ubah perilaku anak dgn nasehat dan tindakan agar anak ingin belajar dan mengurangi main game

      Hapus
    2. menurut kbanyakan orang tua era 1960-2000 jngan terlalu banyak main game, ntar jadi tolol. Kudu di ubah pola pikir nya sekarang, karena game sekarang sudah ada kategori olahraga resminya yang di sebut E-Sport, dengan penghasilan tidak kalah dengan pemain sepak bola, bahkan perminggu nya ada yang sampai ratusan juta rupiah :)

      Hapus
    3. Iya sih main game bisa berpenghasilan, tapi ingat ga semua orang yang suka bola jadi pemain bola professional, jadi pendidikan harus tetap diutamakan

      Hapus
  3. thanks gan... infonya sangat bermanfaat untuk membatasi bandwidth...

    BalasHapus
  4. Gan, rumah saya diisi 3 pemakai wifi. Saya pake indihome yg 10mbps. Akhir2 ini kecepatan wifi di hp saya setiap malam selalu parah. Anehnya tmn saya yg bermain dota tidak ada mslh laging dan setelah dia mematikan cmptrnya keadaan menjadi stabil kembali. Bagaimana jalan keluarnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya tanya temannya mungkin dia pakai tool curang, main dota hanya butuh ping bagus ga makan bandwidth banyak.

      Hapus
  5. Bagai mana cara membatasi pemakaian suatu perabgkat yg terhubung dengan jaringan wafi kita .
    Umapama contoh . Perangkat A batas pemakaian cuman sampai 2 jam perangkat B cuman sampai 3 jam .
    Apakah ada sistem pengaturan atau penambahan perangkat lain . Makasih atas saran dan masukan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adakah cara selain hal tersebut,,,

      Hapus
    2. Tidak perlu d batasi gan. Lsg putus sj koneksinya. D pengaturan modemnya ada kok, blok IP atau MAC adresnya di jam yg sesuai di inginkan 😁

      Hapus
  6. Kalau membatasi/block user yg udah terdaftar di mac addres tp disharing keteman yg lain menggunakan laptop. Tolong dibantu tutorialnya

    BalasHapus
  7. Sy pengen nanya bagaimana cranya mmbagi kouta wifi pada 2 kelompok
    Misalnya skrg sy pke yg 10mbps
    Jdi gimana klo mau bgi 2 mbps untuk klmpk sebelah
    Tks.

    BalasHapus
  8. Gan kan saya beli paket indihome yg 10MBps,tapi ko pas download cuma mentok di 1MBps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini kasusnya sama gan sama saya. Mohon pencerahannya

      Hapus
    2. Sebaiknya anda cari di google perbedaan MBps dan Mbps, selain B/b nya beda ada pagi bedanya

      Hapus
  9. Mskadih gan, sangat bermanfaat sekali,

    BalasHapus
  10. yah ini ga bisa yg perorangan kaya di tp link ya, ane risih bner ini, walau org deket tp numpang wifian kesini mulu, niatnya mau an pelanin koneksi dia biar ngurang2in kerumah

    BalasHapus
  11. kalau dikurangin speed nya seperti cara di atas tersebut, apakah berpengaruh penurunan speed juga kepada pengguna yang melalui colok Lan ke modem indinya ?

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.