Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Minggu, 19 Agustus 2018

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Bulan juli sampai awal agustus 2018 lalu  kampus saya melakukan kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) di kota probolinggo, alhasil selama sebulan kurang 3 hari saya dan teman-teman satu kelompok sangat sibuk melaksanakan program kerja kelompok kami, kesibukan tersebut membuat saya dan beberapa teman mengungkapkan ingin rasanya pulang kembali kemalang.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, kami diantar pulang ke malang dengan menggunakan bus pariwisata, setelah kembali ke kos dan kembali melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan saat KKN ternyata bosan juga, nah pada saat itulah muncul ide untuk berjualan online untuk mengisi waktu luang.


Saya memutuskan untuk berjualan RAM Laptop saja karena lumayan harganya lagi mahal, dan bisa sekalian dipakai di laptop saya untuk menambah peforma (sambil nunggu laku), semua iklan saya pajang di beberapa situs marketplace terkenal di indonesia salah satunya ya olx ini.

Artikel ini akan membahas hasil berjualan saya di olx ini, berhasil ga sih mari sobat lanjutkan membaca.

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?


Proses pembuatan iklannya sobat sudah tahulah ya, anak-anak zaman sekarang sudah pinter-pinter, ceritanya setelah memasang iklan di olx saya membagikan link olx tersebut di facebook sebagai usaha mempercepat penjualan, selang beberapa menit berjalan ada whatapp masuk ke handphone saya, menanyakan produk RAM tersebut.

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Saya sangat senang karena belum sampai 1 hari ada yang nanya dan kayanya mau beli RAM saya, bagusnya lagi metode pembeliannya sepertinya kirim barang bukan cod sehingga saya agak senang, dimana dari pengalaman cod dulu saya kurang pandai bicara sehingga ditawar orang lagi padahal saat di chat udah sepakat harganya.

Pada akhirnya semua harapan pembelian itu pupus saat chating berlanjut isi chating tersebut bisa sobat lihat dibawah ini.

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Pasti sobat tahu kesimpulannya calon pembeli tersebut mencoba menipu saya, modus penipuannya adalah menggunakan mandiri e-cash yang bisa dibilang ini adalah modus lama yang sudah banyak orang tau.

Yang saya bingung kenapa penipu ini tetap menargetkan saya sebagai korbannya padahal saya sudah beritahu bahwa saya menggunakan rekening BNI, jadi pertanyaannya apakah BNI bisa menggunakan Mandiri e-cash ? , lagipula penipunya juga menyuruh ke bank mandiri padahal saya pakai BNI (aneh memang penipunya).

Tentu saja semua identitas yang diberikan penipu kemungkinan besar palsu, jadi jangan cari orangnya, kalau sobat kenal dengan nama, foto, alamat bisa diberitahukan keorangnya bahwa identitasnya sedang disalahgunakan.

Kita sudahi membahas percobaan penipuan yang saya alami sekarang apakabar dengan jualan RAM saya ?, setelah 3 hari berlalu sempat pesimis sih sehingga saya ingin menurunkan harganya mejadi 500rb saja, karena dari hasil survei ya harga RAM DDR4 kisaran 500rb kurang harganya.

Lalu pada 16 Agustus 2018 sesuatu yang mengejutkan saya terjadi saat pagi, ada yang menanyakan RAM yang saya jual,  mengingat pengalaman chating sebelumnya, saya masih bertanya-tanya dalam hati apakah pembeli ini serius atau ga.

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Seperti yang bisa sobat lihat, setelah saya chating panjang maka kami sepakat bertemu, baiknya lagi sepertinya pembeli ini tidak menawar sama sekali RAM yang saya jual. Kami pun bertemu. Syukurlah semua berjalan sesuai keinginan saya dan transaksi berjalan singkat saja (setelah di coba RAM nya dan berjalan lancar lalu pembeli membayar 550rb).


Setelah pertemuan itu saya bisa menyimpulkan kenapa pembeli ini tidak menawar barang saya, dari bincang-bincang santai kami saat COD dia ternyata adalah seorang karyawan yang berkerja di bagian IT, dia disuruh bosnya untuk memaksimalkan peforma laptop yang baru saja dibeli bosnya (salah satu caranya ya menambah RAM). Tentu saja kalau saya di posisi pembeli yang disuruh bos beli RAM saya tidak akan semangat buat nawar-nawar, uang-uang bosnya, kita tinggal beli dan minta upah saja, ditambah lagi Bos kan duitnya banyak.

Itulah pengalaman saya berjualan di olx yang katanya sudah ketinggalan zaman dibanding marketplace lain yang sudah menerapkan sistem yang canggih seperti rekening bersama, tracking kiriman barang, dll. Ternyata olx mempunyai kelebihan tersendiri yaitu mengutamakan cod dibanding kirim-kirim, dimaksimalkan dengan fitur menampilkan produk-produk yang dipasang orang di dekat kita, sehingga bisa cod an dengan mudah. 

Coba Pasang Iklan di OLX.co.id, Ternyata Hasilnya ?

Dengan mengutamakan pembelian di wilayahnya saja, maka akan mengurangi saingan dagang, dengan kurangnya saingan kita bisa menetapkan harga sesuka kita tanpa harus takut calon pembeli melirik barang ke penjual lainnya. coba kita lihat marketplace lain yang hanya bisa kirim-kirim, banyak sekali saingan yang membuat lambat lakunya, sistem reputasi di marketplace lain juga akan menghambat penjual-penjual baru yang kurang dipercaya pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.