Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

Halo sobat blogger kali ini saya akan memberikan trik bagi sobat yang ingin membuat blog baru di blogger, kadang ada blogger yang ingin mempunyai blog lebih dari satu di blogger.com, mungkin alasannya ingin membuat konten yang agak melenceng dari blog utama sehingga harus dibuatkan blog khusus, atau alasan lainnya yang mungkin sobat sendiri yang tahu.

Nah jika kita membuat blog baru di blogger dan  ingin blog terlihat lebih professional tentunya sobat bisa membeli domain berbayar, tetapi tunggu dulu!!!! jika blog sobat sebelumnya sudah memiliki domain berbayar untuk blog lain maka kita bisa membuat subdomainnya untuk blog baru, tanpa harus membayar lagi.

Jika sobat masih bingung coba saya contohkan, misalnya adalah blog ini yang mempunyai domain utama webaik.com, maka jika saya ingin membuat konten otomotif di blog baru maka  saya bisa membuat alamat urlnya menjadi otomotif.webaik.com tanpa mengganggu domain utama, dengan cara ini tentu ada keuntungannya,

Diantara keuntungannya, jika nama domain utama sudah populer tentunya blog baru kita bisa lebih dipercaya oleh pengunjung, dan tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli domain baru untuk menyembunyikan embel embel blogspot di alamat web kita, salah satu situs besar yang menerapkan banyak subdomain di situsnya adalah detik.com walaupun detik ga pake blogspot sih.


Sayangnya walau menyandang nama domain populer sekalipun, untuk hal SEO domain utama dan subdomain tidak saling terkait, jadi untuk blogspot yang baru saja dibuat akan dianggap blog baru oleh mesin pencari,

jadi kita harus berjuang lagi untuk meningkatkan traffic blog baru tersebut dengan rajin mengupdate kontennya, untuk penjelasan lebih lengkapnya sobat bisa baca di artikel Subdomains vs. Subfolders: Which Is Better for SEO & Why?.

Untuk pengaturan penambahan subdomain di blogger sebenarnya kurang lebih sama saja dengan penambahan domain, karena pada dasarnya pada saat membuat domain utama di blogger kita juga membuat subdomain, yaitu subdomain www.

Untuk alasan yang jelas kenapa blogger harus menambahkan subdomain www bisa di cari digoogle ya, setau saya sih cuman tradisi, karena website-website lama dahulu sering menggunakan www didepan domain mereka.

Langsung saja kita pergi ke tutorial cara menambahkan SubDomain baru di blogger blogspot.
  1. Pertama-tama sobat pergi ke setelan > dasar > siapkan url pihak ketiga .... 

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  2. Ketikkan subdomain yang di inginkan bersama dengan domainnya juga, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan subdomain coba.webaik.com, jika sobat coba mengunjunginya subdomain itu sekarang maka  tidak akan bisa karena sudah saya hapus. 

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  3. Silahkan sobat klik simpan biasanya akan kembali lagi kehalaman sebelumnya seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  4. Silahkan klik edit lagi agar memunculkan tampilan dibawah ini, jika kita ingin menambahkan domain utama biasanya kita mencentang alihkan (yang ditunjuk panah merah), tetapi untuk kali ini kita tidak mencentangnya untuk menghindari konflik dengan domain utama, jangan lupa sobat perhatikan juga pengaturannya terutama yang saya beri kotak merah.

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  5. Sekarang sobat pergi ke situs penyedia domain, lebih baik sobat membuka tab baru di browser untuk memudahkan pengaturan. Pada tutorial kali ini saya menggunakan rumahweb.com sebagai penyedia domain, karena domain webaik.com ini saya beli disana, untuk penyedia domain lain saya kira kurang lebih sama saja caranya.
    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  6. Setelah login silahkan pergi ke bagian domain dan pilih domain silahkan pergi ke pengaturannya.

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  7. Di pengaturan sobat menuju ke bagian DNS Management, maka akan menuju jendela baru seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  8. Silahkan sobat klik add new record, sebelum melanjutkan silahkan sobat cocokan yang saya beri kotak merah dengan pengaturan domain yang ditampilkan di blogger.com yang sudah kita buat tadi, jika  tidak sama silahkan sobat buat dengan pengaturan sesuai dengan tabel diatas, jika sudah sama silahkan abaikan. 

    Untuk toturial yang saya tulis ini saya tidak membuatnya karena pengaturan tersebut sudah ditambahkan di masa lalu saat menghubungkan domain utama webaik.com dengan blogger, sehingga untuk subdomain coba.webaik.com saya hanya menambahkan pengaturan seperti dibawah ini.

    Cara Mudah Menambahkan SubDomain Baru di Blogger Blogspot

  9. Silahkan sobat isi sesuaikan dengan gambar diatas, terutama di bagian isian domain. Setelah semua selesai silahkan klik add record, dengan ini pengaturan subdomain pun sudah selesai ditambahkan.
Karena tutorialnya sudah selesai maka artikel ini juga akan selesai, semoga bermanfaat bagi sobat blogger, sebarkanlah konten yang bermanfaat untuk mencerdaskan bangsa kita ini, terima kasih sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.