Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z

Minggu, 27 November 2016

Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara melihat spesifikasi komputer kita, yaitu dengan sebuah aplikasi bernama CPU-Z. Aplikasi ini bisa membantu sobat yang akan membeli komputer dan android atau sekedar melihat saja, karena sebagai pembeli yang cerdas tidak ada salahnya men-cek spesifikasi smartphone atau komputer yang akan dibeli terlebih dahulu supaya tidak kecewa dikemudian hari.

Untuk menggunakannya di komputer sobat hanya perlu download dan install aplikasinya, tampilan utama akan mirip seperti gambar dibawah ini. Terlihat bahwa kita bisa memeriksa processor memory RAM, graphic dan lainnya. Saya hanya akan memberitahukan bebrapa hal yang menurut saya penting saat membeli PC/Komputer, pertama perhatikan Name Processornya apakah sama dengan diberitahukan penjual, lalu perhatikan pada bagian Specification untuk melihat kecepatan maksimal processornya (berapa GHz).

Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z

Beralih ke bagian spesifikasi memory atau yang disering disebut memory RAM, disini sobat bisa melihat Type, Size, dan DRAM Frequency yang menurut saya sangat penting untuk diperhatikan. Type memory semakin tinggi angkanya semakin baik, misalnya DDR3 lebih baik dari DDR4, sampai artikel ini diterbitkan RAM terbaru masih Type DDR4. Sekarang kita akan membahas DRAM Frequency yang sering disalah pahami oleh sebagian orang, hal ini disebabkan kecepatan yang tertera di CPU-Z adalah setengah kecepatan dari kecepatan yang dijanjikan, masalah ini akan terpecahkan dengan mengetahui kepanjangan dari DDR yaitu Double-Data-Rate, jadi tinggal dikali dengan kecepatan yang tertera di CPU-Z dengan 2, yang akan mendapatkan kecepatan asli dari memory RAM tersebut.

Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z

Di CPU-Z kita juga bisa mengetahui peforma processor dengan membandingkan-nya dengan   jenis processor yang sudah disediakan, walaupun kurang spesifik daripada aplikasi yang dikhususkan untuk itu seperti Cinebench, 3DMark, tapi cukup membantu untuk hasil peforma sementara. Selain hal-hal yang saya paparkan diatas tentunya sobat bisa menemukan fitur yang bermanfaat lainnya di aplikasi CPU-Z ini.

Selain di komputer, CPU-Z hadir juga di android dengan ukuran file yang ringan, kegunaannya sama kita bisa melihat spesifikasi smartphone dengan detil, seperti processor, layar, sensor, dan lain-lain. Tidak seperti komputer kita tidak bisa melihat kecepatan memory RAM, hanya besar ukurannya saja. Sobat juga bisa melihat apakah smartphone mempunyai akses root atau tidak, untuk melihatnya sobat downloadnya saja dulu. CPU-Z dirasa cukup untuk membantu melihat spesifikasi sebuah smartphone dan komputer untuk keperluan apapun.

Melihat Spesifikasi Komputer dan Android dengan CPU-Z
Cukup sekian artikel tentang aplikasi CPU-Z diharapkan bisa membantu sobat untuk mengetahui spesifikasi sebuah komputer atau smartphone, maaf sekarang ini jarang update blog karena ada kesibukan dan banyak pikiran. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.