5 Cara Mengatasi Keyboard Android Lag / Lambat Saat Mengetik

5 Cara Mengatasi Keyboard Android Lag / Lambat Saat Mengetik

Bermain media sosial tidak asing lagi sekarang ini, banyak hal menjadi mudah jika menggunakan media sosial, salah satunya aplikasi chating seperti whatsapp, line, fb messenger dan lain lain. Namun ada suatu masalah yang pernah saya alami waktu menggunakan smartphone lama, yaitu saat mengetik pesan chat keyboard tiba - tiba lag dan setelah didiamkan terkadang memunculkan kalimat yang banyak typonya.

Sungguh suatu hal yang sangat mengganggu bagi saya sendiri, apalagi kalau lagi chattingan penting, sangat gawat kalau keyboard lag dan malah terkirim pesan yang banyak typonya, untuk itu pada diartikel ini saya ingin berbagi tips untuk mengatasi hal tersebut.

Walaupun ada beberapa cara yang belum pernah saya lakukan, tetapi setidaknya 5 tips dibawah ini merupakan hal yang mungkin saya lakukan jika keyboard android saya mulai lag / lambat saat mengetik. Okelah daripada pembahasannya kemana-mana langsung saja dibawah ini adalah 5 tips mengatasi keyboard android lag / lambat saat mengetik.

Menghapus Cache Aplikasi

Cache biasanya digunakan aplikasi untuk menghemat paket data internet, dimana misal kita ingin mendownload gambar di internet maka alangkah lebih baiknya saat mendownload pertama kali kita simpan saja di memori cache, dengan begitu gambar yang disimpan tersebut bisa digunakan dimasa mendatang dan tidak mendownload gambar berulang kali.

Tetapi seiring waktu cache ini akan menumpuk dimemori kita dan akan mempengaruhi peforma android termasuk peforma keyboard saat mengetik, untuk menghapusnya sobat bisa secara manual pergi ke info aplikasi di smartphone sobat masing-masing lalu menghapus cache pada aplikasi yang dipilih.

5 Cara Mengatasi Keyboard Android Lag / Lambat Saat Mengetik

Tetapi ada cara yang mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi cleaner yang bisa membersihkan memori cache semua aplikasi yang terinstall, sobat bisa mencarinya dan menginstallnya di playstore, contohnya CCleaner atau AVG Cleaner dan lainnya.

Mematikan Fitur Koreksi Otomatis

Jika sobat menghidupkan koreksi otomatis silahkan matikan saja, karena bisa saja membuat lag saat pengetikkan di keyboard android. Bayangkan saja setiap kita mengetik huruf dikeyboard maka keyboard akan memberikan saran kata yang mungkin diketik, ini sungguh memberatkan kinerja android.

Untuk mematikannya silahkan sobat pergi ke keyboard & masukan > keyboard virtual, lalu pilih aplikasi keyboard yang sobat gunakan, nanti akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini, silahkan matikan yang saya kasih panah merah.


5 Cara Mengatasi Keyboard Android Lag / Lambat Saat Mengetik

Namun jika smartphone yang sobat gunakan adalah smartphone mahal tidak masalah sih koreksi otomatis pada keyboard dihidupkan saja, dan sepertinya penyebab keyboard sobat lag bukan karena ini, silahkan lanjut ke poin selanjutnya.

Silahkan Periksa Aplikasi Terinstall

Periksalah aplikasi yang sobat install, apakah ada yang mencurigakan, mencurigakan disini maksud saya adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan kinerja pemrosesan smartphone, salah satu cara mengeceknya adalah dengan melihat status baterai.

5 Cara Mengatasi Keyboard Android Lag / Lambat Saat Mengetik

Jika ada aplikasi yang memakan baterai banyak namun jarang digunakan, patut dicurigai dan silahkan sobat menghapusnya agar kinerja smartphone kembali maksimal.

Gunakan Aplikasi Keyboard Bawaan

Banyak aplikasi keyboard yang bisa sobat download secara gratis di play store, yang bisa menggantikan keyboard bawaan dari smartphone itu sendiri. Keyboard pihak ketika biasanya menawarkan berbagai kelebihan, seperti pengaturan tema dan fitur-fitur lainnya.

Namun saran saya jika smartphone sobat mempunyai spesifikasi rendah dan tidak membutuhkan fitur dari keyboard pihak ketiga tersebut, kembalilah gunakan keyboard bawaan, karena aplikasi keyboard bawaan tentu saja sudah di optimalilasi oleh produsen smartphone sehingga lebih ringan.

Reset Data ke Pengaturan Pabrik

Cara paling ampuh dari semua cara diatas adalah mengembalikan smartphone kembali ke pengaturan pabrik alias menjadi baru kembali, dengan begitu masalah lag pada smartphone akan hilang. hanya saja resiko menggunakan cara ini adalah semua data yang tersimpan dismartphone akan hilang. Untuk itu silahkan sobat backup terlebih dahulu semua datanya, untuk selengkapnya bisa baca di artikel Sebelum Kembali Ke Pengaturan Pabrik di Smartphone.

5 tips diatas bisa sobat coba satu persatu dan usahakan reset data pabrik adalah jalan terakhir sesudah menerapkan tips lainnya, karena lumayan merepotkan dalam backup datanya dan membuat semua aplikasi terhapus sehingga harus install lagi. Cukup sekian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.