Baca ini ! Sebelum Kembali Ke Pengaturan Pabrik di Smartphone

Baca ini ! Sebelum Kembali Ke Pengaturan Pabrik di Smartphone

Smartphone merupakan perangkat komputer yang paling sering kita pegang sekarang ini, hampir apapun aktifitas manusia sehari-hari mungkin tidak akan bisa lepas dari perangkat yang satu. Pada artikel ini saya akan membahas salah satu fitur smartphone yang jarang digunakan, tetapi cukup membantu saat dalam keadaan darurat atau dibutuhkan, fitur tersebut adalah reset ke pengaturan pabrik.

Jika kita menjalankan fitur reset ke pengaturan pabrik maka smartphone akan memperingatkan bahwa data sistem akan dihapus, kurang lebihnya bisa digambarkan pada screenshot dibawah ini.

Baca ini ! Sebelum Kembali Ke Pengaturan Pabrik di Smartphone

Dari screenshot diatas disebutkan bahwa melakukan reset ke pengaturan pabrik akan menyebabkan  seluruh data sistem data foto video, akun google, data akun sosial media semua akan dihapus. Satu hal yang saya ragu disini adalah apakah jika kita punya micro sd maka data akan dihapus juga ? daripada ambil resiko maka saya sarankan untuk mencabut micro sd sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik.

Melihat dampak yang ditimbulkan diatas sebenarnya banyak manfaat yang didapat ketika kita melakukan reset ke pengaturan pabrik antara lain, memperlancar menjalankan aplikasi, membersihkan virus-virus di smartphone, dan hal lain  yang berkaitan dengan software aplikasi. Pokoknya jika smartphone sobat sudah macet-macetan langkah pertama yang bisa di lakukan adalah reset ke pengaturan pabrik sebelum ke langkah dijual ataupun dibawa keteknisi.

Selain itu reset ke pengaturan pabrik sangat berguna jika suatu saat nanti sobat ingin menjual smartphonenya,  reset ke pengaturan pabrik bisa dilakukan agar data pribadi kita benar-benar terhapus dan tidak terekspos ke pengguna baru, yang mungkin saja nantinya disalah gunakan. bisa juga sih kita hapus manual filenya satu persatu tetapi terkadang ada file-file sampah yang tidak terjangkau dan lupa untuk dihapus, jadi bahaya kan nantinya.

Nah setelah membahas akibat dan dampak yang ditimbulkan saat reset ke pengaturan pabrik, ada baiknya sebelum melakukan reset smartphone kepengaturan pabrik sobat baca poin-poin yang akan saya sampaikan dibawah ini, karena seringkali kita lupa untuk melakukannya, sehingga timbul penyesalan kemudian. Tips dibawah ini berlaku untuk semua smartphone baik android maupun apple, namun akan lebih condong ke android sih karena saya pengguna android.

Smartphone Bisa Terkunci

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum kembali kepengaturan pabrik adalah, logout dari semua akun google atau akun offical dari smartphonenya (seperti micloud atau icloud), karena jika lupa dengan hal ini, bisa saja smartphone sobat terkunci dan akan meminta password setelah memulai ulang perangkat. 

Untuk sekarang saya hanya pernah melihat smartphone terkunci oleh akun micloud dan icloud, dimana pengguna harus memasukkan password untuk bisa mengakses smartphonenya. Untuk membuka kunci ini secara paksa sangatlah susah khususnya untuk icloud, bahkan sekelas FBI pun harus membuka kunci icloud berbulan-bulan hanya sekedar mengakses smartphone milik pelaku kejahatan.

Tentu saja saran ini bisa diabaikan bila sobat sudah hafal betul dengan password yang akan diminta nanti, karena sebenarnya ini hanyalah langkah pengaman dari produsen smartphone agar jika smartphone dicuri atau ingin dibobol datanya, data kita tetap aman.

Backup Sebelum Semua Data dan Pengaturan  Hilang

Namanya saja adalah kembali ke pengaturan pabrik, tentu saja smartphone sobat akan sama kondisinya seperti saat masih berada dipabrik, yaitu datanya masih kosong. Jadi sebelum melakukan reset pabrik saya sarankan sobat backup data-data penting terlebih dahulu.

Sobat bisa memindahkan data-data smartphone dikomputer maupun di micro sd untuk sementara, tetapi jangan kira menyalin semua file yang ada di internal memori sudah menyelesaikan tahapan backup ini, karena seringkali orang lupa untuk membackup riwayat pesan pada aplikasi chat atau semua kontak telepon  yang mungkin sangat penting. Pasti akan sangat menyesal jika history chat penting atau semua kontak telepon pada smartphone kita hilang begitu saja.

Untuk sekarang backup riwayat chat atau kontak telepon sangatlah mudah karena bisa secara online dan bisa didownload otomatis setelah melakukan reset pengaturan pabrik, biasanya aplikasi bawaan sudah memiliki fitur ini, misalnya whatsapp dan line bisa backup riwayat chatnya melalui google drive, dan kontak telepon juga sekarang bisa disimpan diakun google kita.

Itulah sedikit informasi yang ingin saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, sayangnya diartikel ini tidak membahas bagaimana cara melakukan reset smartphone di android, karena saya rasa caranya sudah cukup mudah yaitu sobat hanya perlu menemukan menu kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset di setelan smartphone sobat, hanya perlu otak-atik sedikit saja dipengaturan smartphone dan selesai deh.

Yang paling susah sebenarnya tahapan sebelumnya yaitu tahap backup membackup data, karena harus pilah pilih file yang penting, dan jika salah dan smartphone sudah terlanjur tereset bisa nyesel deh nanti. Oke cukup segini saja, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu di artikel lainnya, jangan lupa komen-komen ya dan share juga. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.