Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi

Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi

Banyak artikel yang baru baru ini saya lihat di internet mengenai bahaya beberapa aplikasi android dan disarankan untuk segera di hapus, untuk mencarinya sobat tinggal ketikkan di google "daftar aplikasi berbahaya android", pasti banyak yang membahas hal tersebut. Bahaya yang di timbulkan jika sobat menginstallnya antara lain pemerasan, pencurian data, atau yang paling sederhana bisa memberatkan kinerja smartphone karena penuh dengan virus dan iklan yang mengganggu.

Diantara aplikasi berbahaya yang telah diumumkan, masih banyak aplikasi berbahaya yang masih tersebar di luar sana yang masih belum terlacak, yang mungkin saja sekarang di smartphone sobat aplikasi berbahaya ini telah terinstall (dengan sengaja atau pun tidak). Untuk itu sebagai pencegahan alangkah baiknya silahkan sobat pantau terus aplikasi yang terinstall, dan hapus jika aplikasi itu mencurigakan atau jarang digunakan.

Namun seiring kecanggihan teknologi, aplikasi jahat pun mulai berinovasi, salah satu inovasinya adalah aplikasi berbahaya bisa menyembunyikan dirinya di daftar aplikasi dan selalu berjalan dilatar belakang secara sembunyi-sembunyi, untuk itulah artikel ini saya buat yang harapannya bisa membantu sobat agar bisa mencari aplikasi berbahaya tersebut, lalu jika aplikasi berbahaya itu ditemukan langsung hapus deh.

Selain itu cara ini juga bisa digunakan untuk membantu orang tua yang memantau aplikasi apa saja yang di install oleh anaknya, jadi ga boleh sembarangan tuh anaknya install aplikasi macam-macam dan menyembunyikannya. Langsung saja untuk cara mencari aplikasi tersembunyi di android akan saya sampaikan dibawah ini.

  1. Pertama buka pengaturan smartphone android sobat.

    Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi
  2. Lalu pilih menu aplikasi, mungkin namanya akan berbeda disetiap merek smartphone kalau ga app/aplikasi/application.

    Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi
  3. Di menu aplikasi ini akan ditampilkan daftar aplikasi yang terinstall di smartphone sobat, baik itu aplikasi sistem maupun aplikasi instalan dari luar, silahkan klik lihat semua aplikasi untuk menampilkan daftar lengkapnya.

    Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi
  4. Nah sekarang tinggal scroll perlahan dan cari aplikasi yang mencurigakan, yang saya maksud mencurigakan disini bisa dilihat dari namanya atau gambar iconnya, dan jika kita menemukan aplikasi yang mencurigakan tersebut silahkan klik saja aplikasinya.

    Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi
  5. Setelah di klik kita disediakan tombol yang bisa membuatnya berhenti secara paksa ataupun menghapusnya dari sistem, yang sobat perlu perhatikan jangan sampai gampang mencurigai aplikasi sistem ya, kalau bisa cari dulu nama aplikasinya digoogle sebelum menghapusnya. walaupun masih aman sih karena biasanya aplikasi sistem tidak boleh dihapus sembarangan kecuali smartphone sudah ter root.

    Cara Mencari Aplikasi Android yang Tersembunyi

Jika sobat kurang puas dengan aplikasi bawaan sistem diatas, maka saya menyarankan sobat untuk mencoba aplikasi root explorer atau aplikasi sejenis (dengan catatan android sobat sudah dalam kondisi root), karena selain bisa menghapus aplikasi biasa, root explorer juga bisa menghapus aplikasi sistem yang tidak berguna, contohnya seperti aplikasi sistem yang hanya bisa menampilkan iklan saja.

Selain itu agar smartphone yang sobat gunakan makin aman, bisa juga menginstall aplikasi antivirus yang sudah terkenal dan terpercaya (bisa sobat cari sendiri di play store dengan kata kunci antivirus). 

Namun saya sendiri tidak menginstall antivirus, karena berpendapat dengan hanya berhati hati saat install dan download aplikasi maka virus pun tidak akan pernah hinggap di smartphone kita, lalu alasan lainnya kalau pake antivirus memanglah lebih aman tetapi memberatkan kinerja android terutama yang pake android murah.

Itulah langkah-langkah mencari aplikasi tersembunyi di smartphone android, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian sampai jumpa di artikel lainnya. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.