Cara Ampuh Menyembunyikan Status ROOT Semua Android

Cara Ampuh Menyembunyikan Status ROOT Semua Android

Root adalah teknik oprek - oprek agar pengguna android bisa bebas mengakses seluruh sistem android di smartphonenya, saya sejak smartphone pertama sampai yang sekarang tidak pernah absen untuk melakukan root, banyak artikel di internet menyampaikan kelebihan dan kekurangan root, tetapi kebanyakan yang saya alami adalah kelebihannya saja.

Asalkan selalu hati-hati dan tidak download sembarangan saya rasa tidak perlu takut untuk melakukan root, sama seperti windows tidak perlu anti virus jika sobat tidak colok flashdisk dan download sembarangan. 

Sampai akhirnya saya menemukan sedikit kekurangan ketika smartphone sudah di root, yaitu ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka atau ada fitur yang tidak bisa dipakai karena smartphone terdeteksi sudah ter root.


Biasanya aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dibuka atau dipakai karena root adalah aplikasi yang berhubungan dengan uang atau transaksi, tentunya aplikasi jenis ini sangat memperhitungkan kemananan dan kerahasiaan data. 

Salah satu aplikasi jenis ini adalah aplikasi mobile banking, saat saya ingin menggunakannya untuk pertama kali aplikasi mobile banking tidak bisa dibuka karena mendeteksi smartphone saya sudah ter root, untungnya saya sudah pengalaman dengan ini dan mengetahui cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan aplikasi magisk manager.

Pertama kali saya mengetahui aplikasi magisk manager dari grup facebook, dan setelah saya baca-baca magisk manager mempunyai beberapa kelebihan dari aplikasi super user biasanya salah satunya bisa menyembunyikan status root. 



Untuk itu saya sarankan jika sobat mempunyai facebook bergabunglah ke forum model smartphonenya masing-masing agar segala permasalahan bisa ditanyakan dan diatasi dengan cepat.

Di artikel ini tidak akan membahas cara memasang aplikasi magisk manager, melainkan cara penggunaannya saja khususnya untuk menyembunyikan status root saat magisk manager sudah terinstal, alasannya  karena setiap brand model tipe smartphone cara pemasangannya berbeda -  beda (ada yang gampang ada yang susah). 


Takutnya jika saya berikan tutorial disini, ga cocok, lalu hp mati, saya yang disalahin. Untuk cara pemasangan magisk manager saya sarankan sobat bertanya di forum smartphonenya masing-masing ya atau cari artikel lain di internet. Langsung saja dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara menyembunyikan status root dengan magisk manager.
  1. Setelah sudah terinstall sulahkan sobat membuka aplikasi magisk manager, buka menu geser di kiri lalu pilih menu magisk hide.

    Cara Menyembunyikan Status ROOT di Android

  2. Magisk akan menampilkan daftar aplikasi yang terinstall di smartphone, silahkan centang aplikasi yang ingin di sembunyikan status rootnya.

    Cara Ampuh Menyembunyikan Status ROOT Semua Android

    Sudah selesai tutorialnya, sekarang sobat coba buka aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka, apakah setelah menerapkan cara diatas sudah bisa ?, kalau dari yang saya coba di aplikasi mobile banking seharusnya bisa dibuka tanpa ada peringatan perangkat telah diroot. 

    Tetapi saya pernah mengalami, ada aplikasi e-commerce yang tidak bisa dengan cara diatas sepertinya alat deteksi rootnya lumayan canggih, sehingga fitur magisk hide tidak bisa menyembunyikan status root. 

    Bagusnya developer magisk root tahu akan hal itu dan terdapat fitur lain untuk mengatasi status root yang masih terdeteksi, caranya sobat bisa baca dibawah ini.

  3. Sama seperti cara sebelumnya buka menu geser dikiri, lalu klik setelan.

    Cara Menyembunyikan Status ROOT di Android

  4. Akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, pilih menu sembunyikan magisk manager. Hampir kelupaaan, sobat harus mempunyai koneksi internet karena ada file yang akan di download nantinya.

    Cara Menyembunyikan Status ROOT di Android

  5. Ketikkan nama aplikasi yang di inginkan untuk mengganti nama magisk manager, lalu klik oke, tunggu proses download dan instalasi magisk manager dengan nama barunya. 

    Seperti yang dijelaskan di deskripsinya sepertinya magisk manager akan bersembunyi dengan cara mengganti nama aplikasinya, agar seolah-olah tidak ada magisk manager yang terinstall smartphone sobat. 

    Inilah kenapa aplikasi e-commerce yang sebelumnya mendeteksi adanya root setelah diterapkan cara ini sudah tidak bisa  mendeteksinya lagi. 

    Cara Menyembunyikan Status ROOT di Android

Menurut saya 2 teknik penyembunyian status root yang telah dijelaskan diatas sudah cukup efektif, sejauh ini tidak ada aplikasi yang bisa mendeteksi lagi bahwa smartphone saya sudah diroot (harap sobat komen-komen jika sobat bertemu aplikasi yang bisa mengalahkan 2 teknik ini).
Ada tambahan informasi lagi jika sobat ingin mengembalikan nama magisk manager seperti semula, silahkan klik menu pulihkan, walaupun menurut saya tidak perlu juga karena kalau sudah tersembunyi ya sembunyikan aja rootnya.

Cara Menyembunyikan Status ROOT di Android

Cukup sekian artikel ini saya tulis sampai jumpa di artikel lainnya ya, ada lagi pesan dari saya harap gunakan status root di android sobat dengan bijak, jangan melakukan kejahatan atau tindakan yang merugikan orang lain. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.