7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Kebutuhan akan data digital sekarang ini sudah sangat besar sekali, bahkan setelah saya baca-baca ada hardisk yang besarnya sampai 60.000GB, dengan kapasitas tersebut pasti sangat puas menyimpan apapun yang kita mau, atau malah mubazir karena banyak kapasitas yang tak terpakai.

Untuk flashdisk kapasitas terbesar didunia saat ini adalah 2000GB dari kingston, menurut saya sangat besar karena merupakan kapasitas hardisk yang paling umum dipakai  saat ini.

Sesuai judul diartikel ini saya akan membahas flashdisk, terutama dalam hal bagaimana cara mengatasi kecepatan transfernya yang lambat, harap di ingat cara-cara di artikel yang saya tulis ini tidak akan bisa melawan kenyataan yang ada,.

Dalam artian jika flashdisk yang sobat beli murah dan lambat, walaupun mengikuti tips - tips yang diberikan di artikel ini, flashdisk sobat masih tidak akan bisa menyamai flashdisk mahal dan cepat.

Cara atau tips yang diberikan dibawah ini hanya membantu memaksimalkan peforma flashdisk seperti yang dijanjikan produsennya, daripada berlama - lama di pembukaan, dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana tips dan cara mengatasi flashdisk lambat.

1. Kompress File Menjadi Rar Zip

Yang pertama adalah silahkan sobat coba mengkompress file menjadi zip, rar, tar, atau lainnya, jika jumlah file yang sobat tranfer atau copy kan lebih dari satu, dengan cara ini file yang tadinya terpisah pisah akan menjadi satu file saja.

Kenapa harus jadi 1 file ? karena sampai saat ini saya meyakini bahwa jika kita melakukan transfer file sebesar 100MB sebanyak 100 file, maka kecepatannya akan lebih rendah daripada 100MB 1 file saja, mungkin jika jumlahnya 100 file komputer yang berperan sebagai media tukar data harus membaca filenya 100 kali sehingga perlu waktu lama daripada hanya 1 file saja yang dibaca.


Untuk cara kompress banyak file menjadi satu bisa sobat lihat tutorialnya dibawah ini, di artikel ini saya menggunakan aplikasi winrar sobat juga bisa gunakan aplikasi lain seperti 7zip.

Untuk mempermudah silahkan sobat kumpulkan semua filenya dalam satu folder, blok semua file dengan tombol CTRL + A atau block dengan geser cursor, lalu klik kanan dan klik menu Add to archive.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini, disini sobat bisa mengganti namanya di bagian archive name, dan saya merekomendasikan sobat memilih archive format >> sebagai zip, alasannya karena format zip bisa dibuka di semua sistem operasi dan aplikasi kompress lainnya. Setelah semuanya ok, klik saja tombol ok.


7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Proses kompress akan berjalan silahkan sobat tunggu, waktu prosesnya bergantung seberapa banyak jumlah file dan seberapa canggih spesifikasi komputer sobat.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Setelah selesai maka ada file baru yang muncul di folder yang sama dimana kita memblock semua file tadi, yang perlu sobat lakukan sekarang tinggal mengcopykannya ke flashdisk dan lihat peningkatan kecepatnnya.

Kalau sobat ada yang bertanya, "Ini sih kerja 2 kali, sama aja jadi lama". Kalau dilihat-lihat sih memang begitu, tetapi jika sobat ingin mengcopykan filenya ke banyak flashdisk sekaligus saya rasa ini cukup menghemat waktu daripada langsung transfer filenya tanpa di kompress. 

Lagipulsa trik ini juga sudah saya buktikan bisa mempercepat upload file keinternet yang bisa sobat baca artikelnya di Cara Praktis Mengatasi Upload File Besar Yang Lemot

2. Ganti Mode Better Peformance

Banyak sekali tutorial diinternet yang menggunakan cara ini, jadi tidak ada salahnya saya juga mencantumkannya diartikel ini, yaitu dengan mengganti pengaturan hardware flashdisk ke better peformance atau artinya peforma yang lebih baik. Cara mengganti pengaturan hardware flashdisk ke better peformance sangat lah mudah yang bisa sobat ikuti tutorialnya dibawah ini.

Silahkan masuk ke my computer / this PC, klik kanan pada bagian flashdisk yang ingin kita ubah peformanya, selanjutnya klik properties.
7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Setelah terbuka jendela baru maka pilih tabs hardware dan pilih perangkat flashdisk dan klik properties lagi.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

 Setelah itu sobat klik change settings.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Silahkan pergi ke tab policies dan pilih better peformance, lalu klik ok, maka pengaturan peforma flashdisk sudah berubah sobat bisa mencobanya dan lihat perbedaannya.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Jujur saya belum membuktikan sendiri cara ini karena sudah jarang menggunakan flashdisk, tetapi kalau dibaca-baca di deskripsi menu-menu di windowsnya, cara ini memang bertujuan meningkatkan peforma flashdisk, jadi apa salahnya kalau dicoba ?.

Salah satu efek samping dari mengaktifkan menu better peformance adalah sobat wajib me remove hardware di pojok kanan bawah, seperti yang dicantumkan dideskripsi screenshot langkah ke 4.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Kalau tidak mau repot dengan hal itu, tinggal sobat matikan saja kalau sudah tidak diperlukan.

3. Maksimalkan Colokan Port USB

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Ini juga hal yang cukup penting, terkadang banyak orang yang lupa memaksimalkan kinerja komputernya, karena dipasaran sekarang yang saya tau ada 2 tipe usb yang paling umum digunakan dikomputer yaitu USB 2.0 dan 3.0. 

USB 3.0 adalah desain colokan yang lebih baru sehingga kecepatan transfernya akan lebih cepat dari USB 2.0, jika USB 2.0 kecepatan maksimalnya hanya 480Mbps  maka USB 3.0 bisa mencapai 4.8Gbps / 4800Mbps atau 10 kali lipatnya (lumayan kan).


Biasanya perangkat yang support USB 3.0 akan ditandai dengan colokannya / portnya yang berwarna biru, masalahnya USB 2.0 dan 3.0 ini saling mendukung satu sama lain, jadi flashdisk USB 3.0 bisa dicolok ke port 2.0 atau flashdisk USB 2.0 bisa dicolok ke port 3.0.

Yang jadi masalah adalah ketika sobat mempunyai flashdisk 3.0 dan dicolok ke port USB 2.0, kesalahan ini sering terjadi di perangkat komputer laptop yang mempunyai kedua jenis port ini, jadi harap diperhatikan ya colokannya biar peforma flashdisk bisa maksimal.

4. Jangan Pakai USB Hub

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

USB Hub memang sangat dibutuhkan jika port USB yang kita miliki terbatas, kondisi ini sering kali ditemukan pada laptop kalangan bisnis yang didesain tipis dan tidak berat, bisa juga menggunakan USB Hub jika sobat males mencolokan flashdisk ke port USB yang sulit dijangkau, yang sering kali saya temui ditoko percetakkan.

Tetapi secara teori yang saya baca semakin panjang kabel maka semakin besar juga hambatan listriknya, sehingga ini mempengaruhi peforma karena perangkat yang di colok di USB Hub masukan listriknya lebih rendah dari yang dicolok langsung ke komputer laptop, jadi supaya peformanya transfer filenya maksimal silahkan sobat cabut sementara USB Hub dan langsung colokkan flashdisknya kekomputer laptop.

5. Coba Ganti Format File System Flashdisk

Mengganti jenis file system flashdisk ternyata berpengaruh juga terhadap peforma perangkat penyimpanan seperti flashdsik, hal ini saya temukan saat membaca lain artikel di internet. Kebanyakan flashdisk seringkali format file sytemnya adalah FAT32, saya tidak tahu kenapa flashdisk banyak menggunakan format ini.

Di sisi lain sebenarnya flashdisk mendukung beberapa format file system antara lain FAT32,  NTFS, dan exFAT. Dari ketiga file system tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat gambar grafik dibawah ini.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Jika ada sobat yang belum mengerti dengan gambar diatas coba saya jelaskan sedikit, T1 sampai T9 berarti Test 1 sampai Test 9, untuk penjelasan apa saja 9 test / pengujian tersebut silahkan sobat baca sendiri ya diatas grafik tersebut, dan untuk artikel lengkapsnya sobat bisa baca disini.

Dari artikel diatas bisa saya simpulkan, bahwa file system NTFS cukup membantu dalam mendongkrak peforma transfer file flashdisk, terutama dalam kondisi menulis dan membaca file-file kecil, tetapi sayangnya kalah dengan FAT 32 dalam urusan menulis file besar. 

Lebih bagus lagi file system exFat yang rata-rata menyamai dan melebihi peforma FAT 32 di berbagai pengujian, hanya kalah pada disk analisis saja yang juga tidak sering kira gunakan sehari-hari. Sekarang terserah sobat pilih yang mana ?.

Untuk cara melakukan format ke file system FAT32, NTFS atau exFAT bisa sobat ikuti langkahnya dibawah ini :

Buka This PC / My computer, klik kanan pada flashdisk yang ingin kita format, lalu tentu saja klik format, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan pilih file system yang di inginkan, dan jangan lupa klik quick format, supaya proses formatnya cepat.
7 Cara Mengatasi dan Mempercepat Transfer File Lambat di Flashdisk

6. Hapus File yang Sudah Tak Berguna

Cara ini merupakan cara tambahan saja yang mungkin membantu, soalnya berdasarkan artikel di internet dan forum facebook saya menemukan pernyataan bahwa penyimpanan jenis SSD (Solid State Drive) akan menurun peformanya ketika kapasitas penyimpanannya hampir penuh, apa penyebabnya ? sobat bisa tanyakan google lebih lanjut.


Karena Flashdisk menggunakan teknologi chip untuk menyimpan data, dan SSD juga sama menggunakan chip, maka menurut saya cara kerjanya akan sama, seperi jika flashdisk sudah hampir penuh maka kenerjanya juga akan menurun.

Selain file file sampah sobat juga bisa membersihkan virus virusnya agar tidak menular ke komputer  dengan scan dengan anti virus atau format saja sekalian biar bersih, walau cara ini merupakan pendapat saya pribadi dan tidak ada buktinya, setidaknya jika sobat ikuti cara ini isi flashdisk menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

7. Beli Flashdisk Baru

Jika semua cara diatas sudah diterapkan dan sobat masih mengeluh kecepatan transfer flashdisknya lambat maka saya bisa menyarankan cara pamungkas dari segala cara diatas, yaitu membeli flashdisk baru yang lebih cepat dan mempunyai teknologi lebih baru seperti teknologi USB 3.0.

Mungkin sobat pembaca bilang "cara ini agak konyol, artikel cara mengatasi tapi suruh beli baru", tetapi sebagai pembelaan saya harus berkata bahwa "kita tidak bisa memaksakan kecepatan motor jadul bisa melaju seperti moto gp" intinya kecepatan flashdisk kita tergantung dengan harga dan kualitas yang sudah dibeli diawal,

Jika sudah menerapkan cara sebelumnya dengan benar, maka saya yakin flashdisk sobat saat ini sudah berjalan pada peforma maksimalnya, kalau masih terasa lambat, silahkan disyukuri saja sampai ada uang untuk memperbarui flashdisknya ke yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah berbagai cara mempercepat flashdisk yang lambat, jika ada sobat yang menyimpan file backupnya di flashdisk saya sarankan untuk segera mengganti atau menambah penyimpanan lain yang lebih aman seperti penyimpanan online di internet, terutama bagi sobat yang akses internetnya sudah unlimited. Dengan menggunakan penyimpanan online data kita menjadi lebih aman dan meminimalisir kehilangan data karena flashdisk hilang.

Salah satu contoh penyimpanan online yang mudah dan sering digunakan adalah google drive, karena jika sobat mempunyai akun google maka tentu juga punya akun google drive, mengakses filenya juga gampang dengan web browser atau aplikasi android, kekurangannya cuman satu, yaitu harus pakai internet untuk mengaksesnya. Cukup sekian artikel ini saya tulis, sampai jumpa diartikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.