Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Di artikel ini saya akan membahas bagaimana mengecilkan dan membesarkan icon di windows 10,
mungkin saja ada sobat pembaca yang mengeluh tentang icon windows 10 yang kekecilan ataupun kebesaran, walaupun menurut saya pengaturan bawaan windows 10 ukuran iconnya sudah cukup bagus.

Salah satu hal yang mempengaruhi ukuran icon di windows adalah resolusi layar komputer atau laptop, jadi misalnya sobat mempunyai layar 14 inchi dan resolusi layar Full HD atau bahkan 4K, maka biasanya ukuran iconnya akan mengecil. Berbeda jika menggunakan layar 14 inchi HD maka icon akan terasa lebih sesuai untuk di lihat.

Untuk mengatasi itu saya memberi saran bagi sobat yang mau membeli monitor agar disesuaikan saja dengan ukuran layarnya, misalnya besar layar 14 inchi maka resolusi layar HD sudah cukup, kalau mau resolusi Full HD ya minimal besar menitornya 18-24 inchi keatas, dan seterusnya. Penjelasan selanjutnya silahkan sobat cari di artikel lainnya di internet karena saya pernah baca seperti itu.


Dengan menerapkan aturan diatas banyak manfaat yang sobat dapat antara lain, mendapat monitor lebih murah, lebih menghemat listrik, meringankan kinerja komputer, dan tidak ada masalah icon yang kekecilan.

Daripada pembahasan ini melebar kesana kemari, langsung saja ini adalah penjelasan bagaimana  cara mengecilkan dan membesarkan Icon di windows 10.

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Icon Desktop

Cara pertama yang paling mudah untuk mengecilkan icon dibagian desktop windows 10 adalah dengan menggunakan tombol keyboard CTRL + Scroll atas atau Scroll bawah, jika sobat menscroll ke atas maka icon desktop akan mengecil dan jika menscroll kebawah icon desktop akan membesar.

Cara kedua yaitu dengan klik kanan mouse di area keyboard yang bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini, lalu pilih bagian view dan terdapat 3 pilihan ukuran large icons, medium icons, dan small icons, silahkan sobat pilih ukuran icon yang di inginkan.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Menurut saya sendiri, cara pertama lebih mudah dan lebih fleksibel, karena dengan menscroll untuk membesarkan dan mengecilkan, kita akan bisa mendapatkan ukuran icon dari yang kecil sekali sampai yang besar sekali, sekarang terserah sobat mau pilih cara yang mana.

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Icon File Folder di File Explorer

Sekarang kita beralih kebagian file explorer di windows, bagian ini sering saya ubah ubah karena setiap ukuran icon terdapat kelebihannya tersendiri, seperti jika saya mau melihat dan memilih foto maka saya akan membesarkan icon agar preview foto menjadi terlihat, lalu jika ingin lebih cepat melihat format atau ukuran file maka saya akan memilih icon yang lebih kecil.

Cara pertama sama saja dengan seperti  di desktop sebelumnya kita bisa klik kanan di area file explorer, lalu pergi ke bagian view maka akan muncul 8 pilihan ukuran icon yang disediakan.
Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Cara kedua dengan menuju menu view di bar atas, sama seperti sebelumnya akan ada 8 pilihan ukuran icon yang telah disediakan.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10


Yang terakhir ini sering tidak terlihat oleh pengguna karena letaknya di pojok kanan bawah, disana terdapat 2 tombol sebagai jalan pintas untuk mengecilkan dan membesarkan icon, yaitu mode ukuran Details dan Large Icon. Sepertinya microsoft tahu bahwa penggunanya sering menggunakan kedua ukuran ini, jadi dibuatkan tombol khusus deh.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Icon Menu Taskbar

Klik kanan pada bagian taskbarnya, silahkan sobat klik taskbar settings.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Akan muncul jendela baru, silahkan nonaktifkan Use small taskbar buttons untuk membesarkan taskbar, atau hidupkan Use small taskbar buttons untuk mengecilkannya, Selain itu masih banyak menu menu lain yang ada di pengaturan taskbar ini, silahkan coba coba sendiri dengan mematikan dan menghidupkannya lalu lihat perubahannya.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Cara Membesarkan dan Mengecilkan Semua Icon Sekaligus

Jika sobat cukup malas untuk mengubah-ubah ukuran icon di masing-masing pengaturan yang telah disampaikan diatas, ternyata ada cara lainnya yang baru saya ketahui saat menulis artikel ini yaitu menggunakan scaling di windows 10.

Menurut saya cara ini kurang bagus karena akan mebesarkan semuanya, bukan hanya icon saja melainkan teks juga ikut dibesarkan, jadi walaupun caranya lebih praktis tetapi saya tetap merekomendasikan cara yang lain diatas sana. Walaupun begitu saya akan tetap menunjukkan caranya dibawah ini, mungkin aja sobat perlu.


Silahkan cari menu display settings dipencarian menu, kalau sudah ketemu tentu saja di klik.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Saat sudah di dalam display settings, silahkan scroll ke paling bawah dan temukan tulisan advanced scaling settings, silahkan sobat klik tulisan tersebut. Untuk mempermudah memahami silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Selanjutnya akan muncul jendela baru lagi, disini sobat harus mengisi berapa persen besar tampilan yang akan di tampilkan, silahkan sobat isi antara 100% sampai 500%, saya sarankan isi saja diantara 100 sampai 500%.


Karena sesuai peringatan microsoft diatas isian tersebut, yang menyatakan "jika terlalu tinggi pembesarannya maka tampilan akan terlihat tidak bagus, dan sobat akan kesusahan kembali ke pengaturan awal". Jika sudah di isi dengan benar silahkan klik apply.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

setelah itu sobat hanya perlu sign out atau restart komputer, sekedar saran sebelum sign out pastikan tidak ada file yang belum tersimpan karena mungkin akan hilang, seperti saya ini sudah menulis artikel ini sebagian, malahan hilang saat mencoba tutorial ini😂.



Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10

Setelah restart sobat sobat sudah bisa merasakan perubahan dari tampilan windows 10, jika terlihat jelek dan tidak sesai keinginan maka sobat bisa pergi lagi ke menu display setting seperti diawal dan klik tulisan tunr off cutom scalling .... , maka komputer akan restart lagi lalu tampilan akan kembali seperti semula.

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10


Wahh ada kesalahan lagi nih saya, ternyata bisa di setting langsung dengan memilih menu seperti yang ditunjukkan panah merah digambar dibawah, cara ini ternyata lebih praktis dan tanpa merestart komputer lagi, maaf ya sobat jadi muter - muter tutorialnya. 

Cara Mengecilkan dan Membesarkan Icon di Windows 10
Sudah selesai cara membesarkan dan mengecilkan icon-icon di windows 10, semoga artikel kali ini bermanfaaat  untuk sobat sekalian walaupun agak sedikit muter-muter sih.

Selain cara - cara diatas sebenarnya ada cara lain lagi yaitu dengan merubah resolusi layar menjadi kecil atau lebih besar di display setting, tetapi saya tidak akan merekomendasikan cara ini, karena tampilan akan menjadi tidak tajam.

Lagipula saya baru ingat cara merubah resolusi layar ini ketika tutorialnya sudah selesai jadi agak males juga menambahkannya, nanti deh kalau artikel ini banyak yang baca saya update lagi, cukup sekian artikel ini saya tulis sampai jumpa.

1 komentar:

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.