Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape



Halo sobat, diartikel kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana memotong foto gambar dengan menggunakan inkscape, sebenarnya tutorial ini sudah dibahas di artikel cara blur atau mengaburkan foto gambar di inkscape tetapi karena artikel itu tidak fokus pada masalah memotong gambar maka saya membuat judul baru agar mudah dicari dipencarian google.

Sedikit keluar dari topik, saat artikel ini ditulis wabah corona di indonesia sudah memasuki waktu 1 bulan lebih, mengisi waktu nganggur dirumah selain mengupdate blog ini saya juga mendaftar kartu prakerja yang diselenggarakan pemerintah, hasilnya cukup mengecewakan karena setelah percobaaan mendaftar ke tiga kali selalu ditolak, dengan alasan kouta sudah penuh. 

Karena hal tersebut tentu saja saya mulai timbul rasa keraguan dengan kartu prakerja ini, apakah cukup efektif mengurangi pengangguran atau tidak. Selain pendaftaran yang susah, saya juga kecewa karena setelah membaca review pengguna prakerja di internet ternyata pelatihan yang disediakan pemerintah kurang sebanding dengan harganya yang mahal, karena pelatihan sejenis banyak ditemukan diinternet dengan gratis.

Kembali lagi ketopik, pada artikel ini memotong gambar yang saya maksud adalah, memotong gambar asli, yaitu gambar yang mempunyai format png dan jpeg, bukan memotong objek kotak, lingkaran atau objek yang lain yang dibuat dengan inkscape. 


Mungkin lain waktu saya akan update artikel ini jika tutorial potong-memotong lainnya di butuhkan, langsung saja dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara memotong gambar di inkscape.
  1. Pertama siapkan dahulu gambar yang akan di potong atau di crop, lalu silahkan embed gambar tersebut di aplikasi inkscape, cara yang paling mudah adalah mendrag and drop gambarnya langsung di inkscapenya.

    Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

  2. Setelah gambar sudah siap, silahkan buat area yang akan diambil gambarnya, karena memotong gambar diaplikasi lain seringnya pakai bentuk kotak, maka saya menggunakan  area kotak berwarna coklat untuk mengambil gambar rumah pada tutorial kali ini.

    Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

  3. Setelah membuat area dan telah disesuaikan posisinya silahkan pilih keduanya, yaitu objek gambar dan objek kotak, dengan menahan tombol SHIFT dan mengklik kedua gambar dengan mouse.

    Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

  4. Selanjutnya klik menu Object >  Clip > Set seperti gambar dibawah ini.

    Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

  5. Taraaa, jadilah potongan gambar rumah yang kita inginkan.

    Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape
Sudah selesai tutorialnya, sekarang subat bisa mengekspornya menjadi gambar png, atau menggabungkannya dengan gambar lainnya. Jika sobat ingin memotong gambar tetapi dengan area yang tidak berbentuk umum (kotak, linkaran, segitiga) melainkan bentuk sembarang bisa menggunakan tool yang di tunjuk panah merah pada gambar dibawah ini.

Cara Memotong Foto Gambar di Inkscape

Saya tidak tau toolnya apa namanya, tetapi kegunaan alat tersebut adalah membentuk objek dengan menggabungkan garis-garis yang ada sehingga akan membentuk area potongan unik yang kita inginkan. 

Cukup sekian tutorial ini saya tulis, apabila ada kesalahan atau kekurangan yang saya sampaikan maka saya mohon maaf, dan diharapkan sobat memberikan kritik dan sarannya dikomentar, Terima kasih. 

Jika tutorial ini kurang jelas, untuk memperjelasnya sobat bisa menonton video youtube dibawah ini.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.