4 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah
Saat artikel ini ditulis tengah terjadi pandemi corona di indonesia, kondisi jakarta sudah sangat mengkhawatirkan yang terinfeksi sudah mencapai ribuan, sobat yang membaca artikel ini saat badai corona sudah berlalu bersyukurlah kepada tuhan karena telah membantu melewati masalah corona ini.

Saat disuruh dirumah terus karena corona tentu saya gabut dong, lalu saya kepikiran main game apa ya biar ga gabut ?, salah satu game ringan yang kadang saya mainkan saat sedang bersantai adalah game cacing slither.io, karena permainannya simple, ga ada level - level yang menimbulkan ketidakadilan.

Selain slither.io banyak sih game yang sejenis seperti slither.io, tetapi saya pikir slither.io adalah pelopornya dan merupakan game cacing yang pertama kali saya mainkan, selain itu sebelum game cacing lainnya populer, game slither io ini sudah dimainkan para youtuber sudah sejak lama, maka dari itu saya meilih slither.io. 

Aturan main di game slither.io sangat gampang mirip seperti main ular-ularan di hp jaman dulu, tetapi kalau permainan ular jaman dulu akan kalah kalau nabrak tembok maka di slither.io tidak hanya tembok ular lainpun akan menjadi penyebab kekalahan sobat.



Dari pada saya jelasan sobat jadi pusing mending langsung saja di mainkan dengan mengunjungi slither.io, Di artikel ini kita tidak membahas bagaimana memainkan slither.io melainkan masalah yang sering timbul pada game ini. 

Sering sekali slither.io lag patah patah saat saya mainkan, lalu saya mencoba otak-atik, dan mencoba cara-cara yang saya temukan di internet, dengan begitu slither.io menjadi lancar untuk dimainkan, yang mempermudah saya untuk mengalahkan dan memakan cacing-cacing musuh.

Itulah ide kenapa artikel ini dibuat, sebelum membahas solusi diartikel ini saya akan membahas penyebabnya terlebih dahulu, berikut ini adalah penyebab dan solusi untuk mengatasi game cacing slither.io yang lag patah-patah.

Penyebab Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Server Penuh atau Server Jauh

Game cacing slither.io yang merupakan permainan online, tentu saja bisa diakses oleh orang seluruh dunia, yang mengakibatkan sewaktu-waktu server yang menangani game cacing ini kepenuhan pengunjung dan koneksi pun melambat.

Tetapi saya rasa ini jarang terjadi karena yang saya tau server slither.io banyak dan biasanya dalam satu arena permainan cacingnya ga sampai bersedesakan.

Selain itu jarak server ke komputer kita juga berpengaruh dengan ping internet yang didapat, misalnaya sobat biasanya memainkan game cacing slither.io dengan server indonesia, tiba-tiba server indonesia sedang gangguan. 

Maka sistem akan mengalihkan otomatis ke server amerika, tentu saja karena jarak servernya jauh perjalan datanya juga menjadi jauh, lalu menyebabkan lag dan patah-patah.

Koneksi Internet Lambat

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah


Koneksi internet juga sangat mempengaruhi permainan game online, khususnya game cacing slither.io ini, jika koneksi internet milik sobat lambat maka game cacing yang dimainkan akan patah-patah.

Koneksi internet lambat yang saya maksud bukan masalah download dan uploadnya ya, melainkan waktu kirim dan menerima data dari server yang biasa orang menyebut dengan ping.

Untuk mendapatkan ping yang bagus saya merekomendasikan sobat menggunakan koneksi internet yang menggunakan kabel fiber bukan sinyal, karena biasanya lebih stabil terutama soal ping internetnya.

Untuk ping yang bagus untuk bermain game  cacing slither.io adalah dibawah 100ms agar lag dan patah-patah saat bermain game tidak terjadi.

Spesifikasi Komputer Rendah

Penyebab yang terakhir adalah masalah spesifikasi komputer yang sobat gunakan untuk bermain game cacing slither.io, karena walau game browser yang lumayan ringan, tetapi terkadang bisa memberatkan ke beberapa komputer jadul. 

Misalnya komputer sobat kekurangan RAM atau processornya terlalu lambat, maka memainkan game cacing slither.io akan terasa lag patah patah, lebih diperparah lagi jika memakai browser chrome yang terkenal rakus RAM.

Cara Mengatasi Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Perbaiki Koneksi Internet

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Hal utama yang perlu dilakukan adalah perbaiki koneksi internet, silahkan sobat uji koneksi terutama bagian pingnya, silahkan sobat pilih sesuka hati aplikasi pengujian kecepatan internet yang bertebaran seperti speedtest.net.

Setelah pengujian dan ternyata hasil pingnya diatas 100ms, maka saya sarankan untuk mengganti provider internet yang sedang digunakan saat ini, tetapi sebelum itu silahkan uji lagi diwaktu-waktu lainnya karena mungkin saat pengujian pertama jaringannya lagi gangguan. 

Jika ping sudah dibawah 100ms maka saya rasa masalahnya bukan di koneksi internet melainkan hal lainnya seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Turunkan Kualitas Grafik atau Upgrade Komputer

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Jika spesifikasi komputer sobat rendah, bisa dengan solusi yang satu ini yaitu menurunkan kualitas tampilan gamenya, caranya cukup mudah yaitu sobat hanya klik di pojok kakan atas, atur kualitas menjadi low quality. Bisa juga menggunakan cara sebaliknya dengan mengupgrade komputer agar bisa menjalankan game cacing slither.io dengan lancar.

Restart Game

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Merupakan cara yang aneh tetapi kadang-kadang efektif untuk mengatasi game cacing slither.io yang  lag patah-patah. Jadi ketika sobat menekan tombol play di slither.io, lalu dari awal permainan gerak cacingnya sudah mulai terasa lag patah-patah.

Maka saya sarankan agar sobat merefresh halaman saja untuk memulai ulang, karena percuma kalau diteruskan akan susah dan mungkin cacin milik sobat akan cepat kalah.

Ulangi cara diatas sampai gerakan cacingnya nyaman untuk dimainkan, paling tidak bisa mengalahkan cacing-cacing dengan menghalanginya, awalnya saya belum tau kenapa cara ini cukup efektif, tetapi akhirnya saya menemukan jawabannya yang dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Pakai Slither.io Versi Modifikasi

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Solusi terakhir yang saya rasa paling ampuh setelah memperbaiki kecepatan internet adalah menggunakan slither.io versi modifikasi, karena di versi slither.io mod ini kita bisa mengganti server sesuka hati, tidak seperti versi biasa yang dipilihkan.

Inilah kenapa solusi restart game yang saya jelaskan sebelumnya cukup efektif, yaitu ternyata server slither.io berjumlah cukup banyak, dan mungkin di versi yang biasa, saat kita klik tombol play, server akan dipilihkan secara acak, kalau kita lagi apes mungkin bisa-bisa dapat server yang lemot.



Sobat bisa memasang slither.io mod ini sebagai ekstensi browser, untuk saat ini saya baru mencobanya di chrome dan ekstensinya bisa dicari di webstore, untuk browser yang lain silahkan sobat cari sendiri ya. 

Selain fitur gonta-ganti sever kita juga bisa memodifikasi skin cacing atau background arena sesuka hati yang tidak ada di versi biasanya. 

Walaupun slither.io mod ini fiturnya lebih lengkap dari versi biasa saya tidak yakin untuk merekomendasikannya karena saya tidak mengetahui tentang keamanannya (mungkin saja si pembuat slither.io mod berniat jahat dan ekstensinya sudah disisipi malware). 

Tetapi sejauh ini sih aman-aman saja, lagipula chrome versi terbaru tidak semudah itu dibobol keamanannya dengan disisipi ekstensi malware.


Sebagai informasi pelengkap setelah memasang slither.io mod, saya merekomendasikan sobat untuk melakukan pengujian server slither.io terlebih dahulu, ini agar bisa memilih server yang paling bagus dengan cepat (ga coba satu-satu).

3 Solusi Ampuh Saat Game Cacing Slither.io Lag Patah-Patah

Untuk melakukan pengujian server silahkan kunjungi https://www.baagames.com/slitherio-ping-check/ lalu klik tombol start, maka pengujian ping tiap-tiap server akan berlangsung.

Setelah selesai silahkan pilih server (di slither.io mod) dengan ip server yang teratas atau server dengan ping/latency terkecil agar permainan game cacing slither.io berjalan lancar.

Penutup

Itulah penyebab dan solusi untuk mengatasi game cacing slither.io yang lag patah patah, jika ada salah dan kurangnya mohon maaf karena artikel ini ditulis hanya berdasarkan pendapat dan pengalaman pribadi. 

Selain bermain game sobat bisa mengisi waktu bersantai atau saat dirumah dengan membaca buku, berkebun, memasak dan lain sebagainya.

Intinya gunakan waktu sobat untuk lebih bermanfaat, bolehlah bermain game sesekali tapi jangan sampai kebablasan, sekian artikel ini saya tulis sampai jumpa diartikel lainnya. Terima kasih, jangan lupa komen-komen ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.