Flashing HP Xiaomi Lama Banget, Coba Atasi Dengan Cara Berikut !?

Flashing HP Xiaomi Lama Banget, Coba Atasi Dengan Cara Berikut !?


Halo teman-teman kali ini saya akan membahas artikel seputar smartphone yaitu bagaimana memflashing smartphone xiaomi supaya lancar, xiaomi adalah salah satu smartphone yang saya gunakan beberapa tahun ini, dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi dengan harga yang murah merupakan salah satu daya tarik dari smartphone ini.

Saya pun berpikiran begitu, setelah xiaomi memasuki pasar indonesia sekitar tahun 2015, saya sedikit ragu dengan produk ini karena dibuat di china yang sering sekali barangnya dianggap kurang berkualitas dibanding produk luar lainnya, sampai-sampai dibuat meme kocak seperti gambar dibawah ini.


Flashing HP Xiaomi Lama Banget, Coba Atasi Dengan Cara Berikut !?


Tetapi meme tersebut tidak 100% benar karena pada akhirnya sekarang saya baru mengetahui bahwa samsung atau apple yang merupakan merek smartphone ternama ternyata juga dirakit di china, mungkin alasannya karena penduduk china merupakan penduduk terbanyak di dunia jadi gaji pekerja lebih murah dan menurunkan biaya produksi. 

Lalu saat tahun 2016 saya pun membeli smartphone xiaomi, karena spesifikasinya yang bagus dan smartphone lama sudah hampir tidak mungkin untuk digunakan lagi. Model xiaomi yang saya pakai adalah redmi note 3 yang bisa sobat lihat reviewnya di blog ini, dan pada 2019 beralih lagi ke xiaomi MI A1 sampai dengan sekarang ini.

Dari kedua smartphone tersebut semuanya sudah pernah saya oprek-oprek untuk sekedar iseng atau mendapatkan fitur lebih dari rom modifikasi yang tersedia, salah satu tool pembantu yang sering digunakan adalah Mi flash, merupakan aplikasi resmi dari xiaomi untuk update firmware atau mereset firmware yang rusak,

Masalah yang timbul dan pernah saya alami pada aplikasi Mi Flash ini adalah waktu flashing yang lama seperti tidak akan pernah selesai padahal progress barnya sudah penuh, tentunya bagi sobat yang super sibuk menunggu flashing selesai merupakan hal yang tidak menyenangkan.

Diartikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasi flashing lama pada smartphone xiaomi di mi flash, ini bukan merupakan 100% pengalaman pribadi tapi ada tambahan sumber dari artikel lain, jadi kalau tidak efektif mohon maaf ya.

1. Memindah slot USB

Memindah port usb ke bagian lainnya merupakan solusi pertama, mungkin slot usb yang sobat gunakan bermasalah. Lalu jangan lupa setelah ganti port usb silahkan perbarui port COM di Mi Flashnya agar tidak menimbulkan error.

2. Mengganti kabel data yang berkualitas

Beberapa tahun lalu saya baru tau bahwa kualitas kabel data ternyata cukup berpengaruh untuk konektivitas ke smartphone, ternyata menggunakan kabel yang kw dan tidak berkualitas membuat charge atau transfer data bisa sangat lama. Tidak ada salahnya sobat coba mengganti kabel data yang lain agar transfer data firmware dari komputer ke smartphone berjalan lancar.

3. Ganti versi Mi Flash

Sesuatu yang membuat saya agak bingung adalah cara satu ini, karena saya dulu mendowngrade versi mi flash ke versi 2015 agar bisa flash smartphone xiaomi dengan lancar. Mungkin cara ini cocok cocokan tergantung model smartphone xiaomi yang di flash, tetapi bisa di coba lah. 

4. Ganti firmware yang digunakan

Cara terakhir yang saya pikir cukup memakan waktu adalah dengan mengganti firmware ke versi yang lain, mungkin sobat salah memilih firmware yang cocok untuk smartphone sobat. Sehingga mi flash mendeteksi kesalahan dan menyebabkan flashing lama atau gagal, dulu saat firmware smartphone masih jarang bertebaran di internet dan waktu itu pengalaman pertama flashing smartphone saya beberapa kali mendownload firmware dan mencobanya, akhirnya baru saat percobaan firmware ke 7 baru berhasil, jadi harap siapkan kouta ya😌.


Tetapi jika sobat keberatan untuk mendownload ulang firmware tenyata ada cara lain, karena setelah saya baca artikel lain di internet saya menemukan kasus bahwa hanya dengan mengekstrak ulang firmware yang di download sebelumnya (tanpa mendownload), sobat bisa menyelesaikan masalah mi flash yang prosesnya lama, saya duga ini karena file firmware yang sebelumnya rusak.

5. Lainnya

Jika semua langkah diatas sudah di lakukan tetapi masih tidak berhasil mengatasi mi flash yang lama prosesnya, maka sangat mungkin smartphone sobat yang rusak. Saya pernah pengalaman mempunyai xiaomi yang memorinya rusak padahal sudah sukses flashing dengan firmware / mi flash versi berbeda, tetapi tetap saja tidak mau booting ke sistem operasi, jadi saya jual aja deh karena sudah nyerah. Jika di bawa keteknisi mungkin akan diganti hardwarenya atau di flash dengan peralatan khusus yang mungkin biayanya cukup mahal, jadi saya relakan saja.

Cukup sekian artikel bagimana cara mengatasi flashing smartphone xiaomi yang lama, jika cara-cara diatas kurang cocok untuk sobat mohon dimaafkan karena artikel ini ditulis berdasarkan artikel lain di internet dan sedikit pengalaman pribadi. Cukup sekian sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.