Cara Cepat Mengatasi Suara / Audio Laptop yang Hilang!

Cara Cepat Mengatasi Suara / Audio Laptop yang Hilang!

Halo sobat semua diartikel kali ini kita kan membahas bagaimana cara mengatasi suara atau audio laptop yang hilang khususnya untuk pengguna windows, saya jarang sih mengalami hal seperti ini, tetapi teman - teman saya sering mengalaminya. Jadi saya diartikel ini menyimpulkan beberapa tips yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi audio yang hilang pada laptop, langsung saja kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Restart laptop
Yang pertama kali bisa sobat coba lakukan adalah merestart laptop, karena menurut saya ini adalah cara yang mudah, ini terjadi karena sistem operasi windows adalah buatan manusia dan tidak sempurna😀, jadi kadang diperlukan restart ulang agar fungsi hardware bisa berjalan normal, contohnya hardware speaker yang tidak ada suaranya.

Cabut Colok Audio Jack 3.5
Cara Cepat Mengatasi Suara / Audio Laptop yang Hilang!

Setelah itu yang kedua adalah mencoba mencolok cabut port audio 3.5, keliatan aneh tapi sepertinya ini adalah cara tercepat dan sering teman saya lakukan untuk mengatasi masalah audio hilang, tetapi jangan disalah artikan nanti audio jacknya dicolok pake jarum/tusuk gigi😆, colok cabut disini berarti sobat harus mencari headset yang mendukung port jack 3.5 lalu mencolokkannya ke port audio di laptop dan mencabutnya kembali, hal ini sering dilakukan oleh teman saya yang selalu meminjam headset audio 3.5 saya untuk mengatasi speakernya yang tidak mau mengeluarkan suara, tentu saja cara ini tidak akan bisa sobat lakukan jika sobat tidak memiliki headset yang mendukung jack 3.5. 


Pastikan tidak ada speaker bluetooth yang terhubung
Cara Cepat Mengatasi Suara / Audio Laptop yang Hilang!

Hal ketiga ini adalah pengalaman saya sendiri dimana saya kebingungan saat menonton youtube dan heran kok suaranya speaker laptop saya tidak muncul, saya coba atasi dan setelah beberapa lama baru saya sadar bahwa suara laptop saya keluar di speaker laptop teman saya. Sobat tidak salah baca laptop saya bisa memutar audio ke laptop lain melalui bluetooth padahal kan laptop bukan speaker bluetooth, cukup aneh memang (Jika sobat penasaran bisa dicoba😊). 

Kabel speaker putus / lepas
Jika semua cara diatas belum ampuh, sepertinya sobat harus menggunakan cara terakhir yaitu membongkar laptop dan memastikan bahwa kabel speaker tidak terlepas ataupun putus, kalau sobat tidak berani membongkar bisa diserahkan ke teknisi ahli yang berpengalaman. Walaupun saya yakin hal ini sangat jarang terjadi, kecuali laptop sobat pernah jatuh atau terbanting dengan keras.


Cukup sekian artikel yang lumayan singkat ini, jika cara cara diatas masih belum berhasil coba sobat ke teknisi dijamin 90% pasti berhasil, beruntung jika sobat mendapatkan teknisi yang gratis, tetapi kalau harus bayar mungkin tidak akan terlalu mahal, terima kasih sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.