Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Harga dan Kualitas Yang Tak Seimbang

Sabtu, 08 April 2017


Pada bulan desember lalu saya secara tidak sengaja terhasut oleh rayuan nafsu untuk membeli smartphone baru, tepatnya setelah melihat-lihat situs belanja online terbesar lazada.co.id, perhatian utama saya adalah pada brand yang terkenal "murah spesifikasi wahhh" yaitu Xiaomi, akhirnya saya tertuju pada 2 produknya yaitu Mi4 dan Redmi Note 3 Pro yang harganya 1.6 jutaan saja, awalnya saya sedikit bingung memilih antara 2 smartphone tersebut karena memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Pada akhirnya setelah berobat ke klinik tong fang, ehh salah........... setelah lihat-liat review di youtube akhirnya saya memilih Xiaomi Redmi Note 3 Pro, karena memiliki 2 kelebihan yaitu layar dan Peforma yang lebih besar. Untuk mengisi sesuatu di blog ini saya akan mereview Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan cara saya sendiri berikut ulasannya.

Layar pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro berosulusi full HD 1080p resolusi ini mengalahkan laptop saya yang lebih besar ukurannya(resolusi 1360x768), tidak heran saat diajak menonton film, bermain game saya betah banget. dan ada sedikit tips untuk sobat untuk mencek kualitas layar adalah dengan melihat layar smartphone secara dekat, jika masih terlihat bintik kotak-kotak berarti kualitas layar kurang bagus, sebaliknya jika terlihat mulus maka kualitas layar tersebut sudah termasuk bagus. Jadi kesimpulannya memilih layar dengan kualitas yang bagus tidak harus bergantung dengan resolusi layarnya karena resolusi yang terlalu tinggi akan membuat baterai boros dengan sedikit manfaat yang didapat, misalkan saja pakai layar 4K untuk layar 5 inchi yang akan memakan banyak energi padahal resolusi Full HD 1080 saja sudah jernih.

Peforma
Dibekali dengan processor dari brand terkenal, yaitu Snapdragon 650 Hexa Core dan GPU Adreno 510 membuat peformanya sangat lancar, setelah di cek dengan aplikasi aututu hasil yang didapatkan Xiaomi Redmi Note 3 Pro sangat sangat memuaskan dan diluar perkiraan jika dilihat dari harga yang hanya 1.6 juta, sobat bisa lihat pada screenshhot score aututu dibawah ini yang mencapai 70.000++.

                                           























Hasil diatas hampir setara dengan mantan flagship samsung, Galaxy S6 yang scorenya di kisaran 80000-an. Seperti yang sudah saya ceritakan diatas dalam hal peformalah yang membuat saya memilih Redmi Note 3 Pro daripada Xiaomi Mi4 yang hanya mendapat score Aututu di kisaran 40000++, sebagai bukti score aututu bukan sekedar angka, saya mencoba memainkan game Plant Vs Zombie 2 dan Asphalt 8 hasilnya sangat memuaskan terutama Asphalt 8 yang berjalan mulus pada settingan tertingginya, untuk Plant Vs Zombie 2 sangat lancar pada saat mainnya tetapi mungkin karena bug game pada saat loading ada error pada animasinya. Overall (untuk keseluruhan) untuk peforma saya sangat puas.


Kamera Redmi Note 3 Pro beresolusi 16Mp belakang dan 5Mp di depan, dari angkanya saja sudah membuat tergiyur untuk membelinya, tetapi untuk kamera bukan salah satu kelebihan yang membuat saya membeli smartphone ini, hal itu karena dari kebiasaan smartphone saya sebelumnya sektor kamera tidak terlalu sering dipakai. Lain dari saya, mungkin sobat perlu dengan smartphone berkamera bagus,  saya akui hasil lebih dari cukup untuk dibagikan/dipamerkan keteman-teman, kelebihan kamera Redmi Note 3 Pro yang membuat saya suka adalah efek blur pada objek yang bukan fokus kamera atau bahasa kerennya Depth of Field yang bisa sobat lihat pada salah satu gambar dib . Selebihnya sobat bisa cek sendiri dengan membeli Smartphone ini atau bisa menilainya dengan hasil kamera dibawah ini.

Kucing Tidur Redmi Note 3 Pro

Depth of Field Redmi Note 3 Pro
FingerPrint sebuah fitur yang wajib  hadir untuk smartphone keluaran terbaru saat ini, yang juga sudah hadir pada Redmi Note 3 Pro. Sayangnya fingerprint di smartphone ini hanya untuk membuka kunci dan pengamanan aplikasi, tidak bisa menjadi jalan pintas membuka aplikasi. Sobat bisa menambahkan 5 jari sekaligus ke dalam Smartphone ini, soal reespon membuka kuncinya sedang-sedang saja tidak cepat dan juga tidak lambat. Oke segitu saja untuk fingerprint  Next

Baterai
Baterai smartphone ini sebesar 4000Mah sehingga cukup besar untuk memenuhi mobilitas pengguna seharian, saya telah mengujinya pada 2 kondisi yaitu pada saat menggunakan data seluler yang aktif terus menerus dan Wi-Fi pada mode pesawat, hasilnya Xiaomi Redmi Note 3 Pro bisa bertahan lebih dari 5 jam saat menggunakan data seluler dan 6.5 jam lebih jika hanya menggunakan Wi-Fi saja+Mode Pesawat.



Menurut saya baterai yang di berikan Xiaomi pada smartphonenya ini lebih dari cukup sehingga memungkinkan hanya melakukan 1 kali pengisian dalam 24jam

Garansi

Karena saya membelinya secara online dan menggunakan garansi distributor, jadi tidak ada harapan banyak untuk bergantung pada garansi, yang tertulis sebelumnya bukan berarti garansi distributor tidak berlaku, tetapi karena hanya memiliki 1 kantor dijakarta maka proses klaim garansi akan lebih sulit dari yang resmi. Lagipula saya tidak terlalu memikirkan garansi  berdasarkan pengalaman saya menggunakan produk smartphone, jarang sekali kartu garansinya terpakai jadi saya tidak terlalu ketergantungan pada suatu garansi produk. Jadi untuk sobat yang berniat membeli Xiaomi Redmi Note 3 Pro atau smartphone Xiaomi lainnya usahakan jangan sampai ada masalah, kecuali bagi sobat yang memebeli Xiaomi bergaransi resmi seperti garansi TAM yang saya tahu hanya satu-satunya distributor resmi di Indonesia.

Lain-Lain
Dari beberapa ulasan diatas pasti sobat bertanya-tanya kenapa smartphone Xiaomi yang spesifikasinya lumayan canggih ini harganya sangat murah, mungkin salah satu penyebabnya berasal dari tulisan saya berikut ini. Jadi berdasarkan informasi yang baru  saya dapatkan setelah membeli Smartphone Xiaomi ini, yaitu pada grup facebook. Xiaomi Redmi Note 3 Pro memiliki tipe/jenis perangkat yang berbeda pada setiap produknya, misalkan saja pada kamera, layar, dan memori.

Dikhawatirkan setiap tipe/jenis perangkat ada yang lebih bagus dari tipe/jenis perangkat lainnya walapun dengan model smartphone yang sama, jadi konsumen yang membeli yang tidak tahu detail spesifikasi perangkat mereka, hanya membeli undian, bila dia dapat yang lebih bagus berarti lagi beruntung dan jika yang lebih jelek lagi sial sedikit wkwkwk.

Begitulah ulasan dari reviewer amatiran ini, maaf kalau kurang lengkap penjelasan berbagai spesifikasinya, artikel ini hanya untuk gambaran umumnya saja, untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat atau membaca ulasan reviewer lain yang lebih ahli di youtube atau blog. Untuk kunjungannya saya tuliskan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.