Review kecepatan Indihome 10Mbps

Review kecepatan Indihome 10Mbps 2016

Baru-baru ini dikosan sudah dipasang wifi indihome paket 10Mbps dengan harga sekitar Rp450.000/bulan, karena ada 4 yang memakainya jadi saya cuman bayar sekitaran Rp100.000, awalnya saya ragu ikut memasang wifi, karena di kampus sudah bayar uang internet Rp300.000 tetapi karena merasa kasihan sama 3 teman saya yang terkena biaya lebih besar kalau saya tidak ngikut, ya sudah akhirnya kami ber-4 memasangnya.

Hari pertama pemakaian sampai saat ini saya masih merasa puas dengan peforma kecepatannya sama seperti yang dijanjikan kurang lebih 10Mbps, sehingga youtube, streaming tv tanpa hambatan buffering.

Review kecepatan Indihome 10Mbps 2016

Tetapi kita tunggu saja sampai beberapa bulan apakah masih seperti ini, saya sempat berpikir apakah tidak rusak kalau wifi hidup terus selama sebulan atau bahkan berbulan-bulan, kita lihat saja hasilnya nanti.



Kalau sobat ingin berlangganan indihome, sobat perlu tahu bahwa indihome sekarang tidak sepenuhnya unlimited karena kalau sampai batasan kouta tertentu yang telah tercapai maka kecepatan indihome akan menurun, tetapi tidak perlu khawatir penurunan kecepatannya  tidak seburuk kalau pakai kartu gsm, sobat masih bisa internetan dengan kencang dan youtube tanpa buffering, berikut ini adalah batasan kouta fair usagenya.


Wiih banyak banget 300GB dalam sebulan bisa habisin ga ya?tapi jangan salah 4 orang sudah cukup menghabisi 300GB itu hehehe. Batasan kouta diatas hanya berlaku untuk paket yang kecepatannya 10Mbps ke atas, kalau paket yang dibawahnya tidak ada batas koutanya, saya sarankan sobat memilih paket sesuai kebutuhan sobat saja sehingga isi dompet tetap aman.


Selain internet paket 10Mbps yang saya miliki bisa juga untuk telepon 1000 menit kemanapun dan layanan UseeTV untuk nonton TV tentunya, tetapi karena saya dan teman-teman tidak memiliki telepon dan TV terpaksa  layanannya tidak bisa dinikmati secara maksimal, alternatif buat yang ingin nonton TV menggunakan indihome dilaptop bisa menontonnya secara streaming di internet, tentunya dengan mengorbankan kouta yang diberikan.

Menurut kabar yang beredar kalau menonton streaming youtube tidak akan membebankan kouta internet yang dimiliki, karena sistem indihome menganggap youtube seperti layanan UseeTV jadi unlimited, tetapi kabar ini harus di verifikasi dulu kebenarannya, supaya tidak terjadi kekecewaan dikemudian hari.

Update 11-Sep-2016
Sampai saat ini saya masih memakai layanan indihome 10Mbps dan peformanya masih bagus, walaupun ada waktunya terjadi penurunan peforma, sehingga internetan akan terasa sangat lambat bahkan tidak bisa sama sekali. Hal tersebut dirasa bisa di maklumi karena tidak terlalu sering terjadi untuk saya yang berada di daerah malang.

Update 4 Desember 2016
Karena kesalahan teknis oleh teman saya, karena pada saat Costumer Service Indihome menawarkan promo melalui telepon dia ya-ya saja tanpa mengerti apa maksudnya. Maka kecepatan internet Indihome kami ditingkatkan menjadi 20Mbps tanpa sengaja, menyebabkan tarif indihome naik sekitar 50.000 sampai 100.000. Untuk kecepatannya sendiri saya kira cukup memuaskan karena mencapai kecepatan 19Mbps download dan 5Mpbs untuk Upload. Mau bukti bisa sobat lihat video dibawah ini.



Update 20 Oktober 2017
Pada bulan juni lalu saya dan teman-teman memutuskan untuk mencabut layanan indihome 20Mbps, karena liburan yang panjang selama 2 bulan yang membuat kami anak kost semua pulang ke kampung halaman.

Ternyata hal itu adalah keputusan yang salah, yang baru disadari saat sudah pulang kembali ke tanah perantauan, akses internet dari operator-operator internet nirkabel disini tidak stabil (kadang cepat kadang lambat), sedangkan internet sangat saya butuhkan untuk mengerjakan tugas kuliah dan posting artikel di blog ini.

Akhirnya anak kost semua termasuk saya memutuskan untuk memasangnya internet lagi, sebenarnya tidak harus indihome sih, tapi setelah dilihat-lihat lagi, hanya indihome yang jangkauannya sampai di kost kami dan harganya masih masuk akal. Proses pemasangan ini tidak mudah dilakukan, karena masalah komunikasi petugas di telkomnya.

Pada pendaftaran pertama oleh teknisinya dibilang belum bisa dipasang karena ada masalah apa gitu (saya lupa), kami coba lagi pada pendaftaran kedua ternyata telkomnya tidak menghubungi kami lagi, dan pada pendaftaran ketiga barulah ada kejelasan karena kurang dari 24 jam setelah mendaftar sudah di hubungi telkom, anehnya proses pendaftaran kedua yang tidak ada kabar itu akhirnya menghubungi untuk proses pemasangan  tepat di saat pendaftaran ke-3 mau dipasang juga. Akhirnya kami memutuskan untuk tidak mengangkat lagi telpon dari pendaftaran kedua yang sempat PHP in kami.


Teknisi akhirnya datang 3 hari setelah pendaftran ketiga, proses pemasangannya sekitar satu jam saja, kenapa cepat ? ini karena kabel indihome yang dulu masih ada (waktu pencabutan hanya dikembalikan Wi-Fi nya saja), jadi teknisinya tinggal colokkan kabel tersebut ke Wi-Fi lalu mengatur jaringannya agar terkoneksi kembali.

Pada saat proses pemasangan ini kami mendapat informasi dari teknisisnya bahwa, kalau libur panjang jaringan tidak perlu sampai di cabut cukup di isolir atau diputus sementara internetnya, dengan ini tidak perlu repot-repot pasang jaringan baru lagi. isolir jaringan indihome sendiri tidak boleh seenaknya harus ada alasan yang kuat seperti contohnya libur panjang, untuk info lengkapnya tanya ke telkom ya.

Pendapat saya setelah terpasang kembali adalah masih sama seperti dulu, internet masih cepat dan lancar, keluhan saya cuman pada proses pemasangannya saja yang lambat dan gangguan hebat pada 3 hari setelah pemasangaannya, selain itu tidak ada lagi, setelah saya coba dengan speedtest kecepatan internet melampai 10Mbps yaitu diatas 12 bahkan sampai 15Mbps.

Update 13 Februari 2019
Karena di postingan indihome 10 Mbps ini banyak pengunjung sehingga menjadi artikel populer setiap minggu akhirnya saya meluangkan waktu untuk update artikel ini lagi nih, berdasarkan pengalaman-pengalaman terbaru selama tahun 2018-2019 setelah update terakhir pada tahun 2017 lalu. Dan pada tahun 2016 saat artikel ini ditulis saat itu saya masih mahasiswa baru yang tidak terasa saat ini sudah menjadi mahasiswa yang berjuang dengan skripsinya (waktu begitu cepat yaπŸ˜‚).

Langsung saja pada informasi terbarunya, pada tagihan indihome 10Mbps terbaru kami hanya dibebankan biaya sebesar Rp. 275.000 setiap bulannya untuk daerah malang, harga bervariasi disetiap daerah jadi jika ada perbedaan harga harap di cek recek dahulu.

Beberapa waktu lalu saya juga baru bergabung di salah satu forum yang membahas indihome awalnya sih mau cari info dan solusi jika ada masalah, tetapi ternyata ada satu postingan yang membuat saya heran yaitu menawarkan jasa menurunkan tagihan indihome lebih murah dari harga asli dengan harga jasa Rp 200.000 sampai Rp 250.000, sebagai permisalan sejauh mana murahnya jika saya harus membayar 275.000 untuk 10Mbps maka dengan jasa menurunkan tagihan menjadi hanya 200.000 saja. 

Kok bisa ? itulah juga yang saya tanyakan dulu tentang jasa ini, ternyata itu adalah olah oknum karyawan indihome sendiri yang mencari keuntungan dari jabatannya, dimana dia hanya mengatur dari software khusus (yang disediakan telkom), nah disitulah dikurang-kurangi sesuatu yang menambah tagihan kita. Saya sarankan sobat tidak perlu menggunakan jasa ini, karena selain ilegal dari postingan yang lain saya mendapatkan info bahwa bisa saja tagihan sobat kembali seperti semula jika diketahui ada tagihan yang tidak wajar pada no internet sobat.


Info selanjutnya, saat ini pengguna Wifi di kos saya kurang lebih sebanyak 8 orang, akibatnya fair usage yang 300GB itu hanya cukup rata-rata untuk 20 hari saja, 10 hari sisanya saya harus bersabar dalam berinternet karena kecepatan maks hanya 4Mbps. 

Saya mulai berpikir untuk mengupgrade layanan ke 20Mbps, dan saya mencoba mengupgradenya melalui fanspage facebook telkom, semua sesuai harapan sebelum costumer service mengatakan tidak bisa upgrade jika masih ada tagihan yang belum dibayar, disitulah saya merasa bahwa ada yang tidak beres karena selama ini kami selalu membayar tagihan indihome tepat waktu, tetapi setelah di cek benar saja ada tagihan misterius yang saya lihat pada akun myindihome saya,

Review kecepatan Indihome 10Mbps



Tagihan apakah itu ? dari penjelasannya sih tagihan telepon tapi dulu saya tidak menggunakan telepon, dan tagihan yang paling besar itu yang buat saya heran sekali kok bisa sampai 800.000 padahal hanya paket 10Mbps, jadi karena itulah saya mengurungkan niat untuk upgrade ke 20Mbps, dan membiyarkan tagihan yang tidak tahu asalnya itu, pada bagian ini saya kecewa pada indihome.
Selama saya menggunakan indihome saya juga mengalami masalah pada modem / routernya, antara lain sering error (tidak bisa konek WiFi, router mati hidup sendiri, internet lambat) entah kenapa penyebabnya, jadi untuk mengatasinya saya harus merestart atau bahkan mereset router terlebih dahulu untuk menanganinya. Jika sobat mempunyai masalah yang sama tidak ada salahnya mencoba tips saya diatas.

Cukup sekian review saya tentang layanan indihome kalau ada berkembangan tentang informasi seputar Indihome saya akan sampaikan dalam update artikel ini, salah dan kurangnya mohon maaf, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah.

148 komentar:

  1. 300 gb itu banyak banget

    BalasHapus
  2. kurang 300gb pake download2 game belum set bulan dah habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainin dlu jgn download terus

      Hapus
    2. Dikit banget bg yang hobi lihat film

      Hapus
    3. waktu terlalu berharga untuk lihat film full 1 bulan

      Hapus
  3. Wih bagus review bang cocok buat ane yang lagu galau mau masang apa engga
    Tapi itu bang narik kabel nya deket apa engga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau sya 50 meteran kabelnya, tergantung tiang indihomenya dimana

      Hapus
  4. itu speed download paket yang 10mbps bisa sampe 12mpbs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bahkan sekarang sampai 13Mbps Lebih

      Hapus
    2. Ane bantu jawab jg .kadang kalo LG jarang pemakaian emang speed bisa sampe 12 - 15 MB untuk download nya utk pemasangan 10mb mungkin karena lagilg kosong .ke bisa dapet segitu cz ane jg pernah ngalamin hehe.

      Hapus
  5. klu indihome 10 mbps berapa orang yg bisa pakai dlm kondisi nyaman (tdk lemot)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang saya pakai indihome bersama 6 org teman saya, dengan setiap org paling tidak punya 2 perangkat(laptop & hp) jdi ada 14 perangkat belum lgi teman teman saya datang mngkin bisa lebih, kecepatnnya ga pernah lemot kecuali lgi gangguan masih stabil rata" 8-11Mbps (nonton youtube 1080 tanpa buffering). Seterusnya perkirakan sendiri ya

      Hapus
  6. Bang,wifimu dipasang diluar kamar kosan atau dimana? Trus dari setiap temanmu yg menggunakan internetnya dari kamar, koneksinya ttp stabil kan ya (kalau seandainya wifinya dipasang diluar kamar)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wifinya diluar kamar kosan, tetap stabil kok walau sinyal tinggal 3 bar(pkai hp) klau laptop bisa full bar. Pdahal semua kamar rata" dindingnya beton

      Hapus
  7. Bang kalo 30mbps dipakai 15 orang lemot atau tidak ya?punya abang yg berapa mbps dan harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya paket 10Mbps 285Ribu/bulan, 10Mbps masih kuat buat 7 org buat nonton youtube HD tanpa buffering. Jdi 30Mbps mungkin masih kuat untuk 15 org

      Hapus
    2. Bangvq langgnan indihome yg 10mb kok dptny cuma 1mb lebih..dikit .gimana bang..dri pertma pasng sampai sekarng msih segitu.

      Hapus
    3. 1Mb dan 1MB itu beda ya, 10Mbps = 1MB

      Hapus
    4. Ooo gitu ya bang, baru tau saya, saya kira 10Mbps itu 10MBPS, makanya saya heran, teman saya make yg 10Mbps, tpi pas download kecepatan cuma 800Kbps-1MBPS, makasih banyak infonya bang

      Hapus
  8. Bang 10mbps bis ngejangkau smpe berapa meter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau jga,100 meter mungkin kalau ga ada halangan(dinding atau pohon)

      Hapus
    2. Setau saya, kecepatan gaada hubungan sama jangkauan, yang penting itu jarak dari perangkat ke modem/router, dan spek dari modem/router itu sendiri. Kalo mau jarak jauh bisa diotak atik tambah router sendiri yang lebih bagus, colokin ke modem pake kabel LAN

      Hapus
  9. biaya pemasangan berapa bang.
    itu kan narik kabel sampe 50 meter ada biayanya tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya pemasangan 75-150, ga ada biaya kabel semua gratis.

      Hapus
  10. Abang make yg 10mbps.itu kalo yg make misal 4 orang serentak speed 10mbps bagi 4 atau 10mbps/device?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu kecepatan download jadi 300-400 kb/s dong ?

      Hapus
    2. Iya kira kira segitu, tapi perlu diingat devicenya konek wifi belum tentu pake internetnya, mungkin cuman 1 org aja yg pake jdi tetap 10Mbps

      Hapus
  11. bang kalo tau telfon sama tv nya ga bisa di pakai kenapa milih paket yg itu?? apa beda nya emg sama paket yg hanya ada internet nya aja, toh kan itu lebih murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftarnya waktu itu ga ada yg internet aja, sekarang udah ganti ke paket netizen 1/2

      Hapus
    2. Bang, berarti kalo misal baru mau pasang indihome gk bisa ya langsung pilih paket yg hanya internet saja? Harus pasang paket yg dual ato triple play dulukah baru ntar move ato gimana? Kebetulan di dekat rumah baru ada tiang indihome, minat mau pasang juga, cuman katanya gk bisa kalo pasang yg hanya paket internet saja harus sekalian sm tv ato telpon. Belum pernah tanya ke telkomnya langsung sih, baru tanya² lewat salesnya. Takutnya kena trik marketing salesnya saja.

      Hapus
    3. ada kok yang internet aja cek aja di website resmi indihome

      Hapus
  12. Mas Nugroho, mohon informasi dg kecepatan hingga 13mbps itu apakah ada tetangga sekitar yg menggunakan service (indihome) yg sama? Atau menggunakan BTS yg sama? Biasanya jikalau pemakaian di areal yg sama berlebihan maka itu juga akan mempengaruhi kecepatan. Terima kasih.

    Hormat saya,
    Johnson S.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pengguna pasti banyak krn sya bertempat dipinggir jalan raya, kalau pengaruhnya kurang tau.

      Hapus
  13. Kak mau tanya,semisal 10mb di gunakan 1 perangkat. Semisal download film gt kecepatan download nya 10mb atau kirang dr itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 10mb untuk 1 org, kalau orgnya banyak dibagi lgi

      Hapus
  14. 10 Mbps(bit) = 1.25 MBps(byte)

    urutan:

    1 Byte = 8 bit
    1 KiloByte = 1.024 B
    1 MegaByte = 1.024 KB
    1 GigaByte = 1.024 MB
    1 TeraByte = 1.024 GB

    Marketing provider penyedia internet menggunakan Mbps agar terlihat kencang di mata orang awam.

    Ingat Mbps dan MBps itu beda.

    BalasHapus
  15. BPS buat paket netizen dual play sama triple play kok mahalan yang daul play ya ?? Paket promo natal dan tahun baru

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum..
    Mas mau tanya.
    Sayakan calon pelanggan indihome paket promo natal dan tahun baru yg triple play 10 mbps. Itupun yg daftar mama saya. Dia ditawarkan bgitu sama salesnya. Katanya produk itu sudah yg paling murah.
    Nah stelah saya cek, ternyata ada paket yg lebih murah yaitu paket yg hanya khusus internetan saja tanpa tlpon rumah dan nonton.
    Itu apakah bisa ditukar? Tpi salesnya sdah trlanjut tlpin dan catat alamat saya sih. Itu bagaimana yah? Saya ingin tukar produknya yg lebih murah aja untuk internet aja. Dan menurutnya yg baik itu paket yg mana yah?

    Mohon saran dan jawabannya. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'laikumsalam, saran saya sih telpon dulu ke service center pusatnya untuk permintaan ganti paket apakah bisa, perkiraan saya sih masih bisa itu krn belum dipasang.

      Hapus
  17. gan, saya mau tanya ini saya pake paket yang 10 mbps, tapi setelah saya cek dengan speedtest kecepatan internet yang saya dapat cuma 0,52 mbps saja. kira2 ada masalah dimana ya gan.? kemarin saya telfon orang indihome, katanya restart modem, ternyata tidak ada perubahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai speedtest seharusnya sih kecepatannya antara 8mbps-10mbps++, tapi dilihat lagi yang pakai berapa orang, kalau saya pernah seperti itu dan itu saya anggap gangguan krn nanti balik lagi normal kecepatnnya. saya baru panggil teknisi saat internet ga bisa sama sekali

      Hapus
  18. Gan, kalo misalkan mau pasang indihome do kosan trus biar user sm password perorang tuh beda" gimana tuh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada peralatan lagi yang disebut mikrotik, tanya sama orang jaringan komputer aja, saya juga kurang ahli. Batasin user pakai MAC ADDRESS juga bisa dan lebih gampang

      Hapus
  19. Mksh mas sdh share penhalamanya, krn bru mau pasang sdg cari2 info ttg peebedaan paket dan kestabilan internet dan siaran tv nya, mksh

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum bang, mau tanya mending daftar buat pasang ke telkomnya langsung apa lewat sales ya? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam mending lewat telkom kayanya krn takut ada biaya tambahan, tapi kalu lewat sales entah kenapa lebih cepat diproses

      Hapus
  21. Hai, Mas. Pas banget gue baru selesai pengaktifan jaringan indihome di rumah terus lagi nyari2 tntng jaringannya.

    Mau sharing bentar ya :D

    Udah dari tahun 2015 akhir dan baru bulan Juni akhir 2018 akhirnya bisa pasang internet di rumah. Udah searching sana-sini yg kira2 daerah rumah gue terjangkau, tapi tetep yg sekelas indihome belum ada.

    Udah 2 atau 3 kaliiii gitu gue difoto sm mas/mba dari indihome tiap kali dateng ke stand atau yg biasanya suka ada mobil dari indihome di pinggir jalan buat minta adain jaringannya indihome di deket rumah gue.

    Meskipun sempet di-php in pas teknisi dateng ternyata jaringannya jauh (katanya), terus gue ngadu ke sales nya. Dan lusanya dateng lagi buat tarik kabel (±300m) πŸ˜… sempet tanya bakal kena biaya tambahan atau enggak, dan katanya sih enggak. Semoga aja beneran enggak deh ya hehehe aamiin.

    Kalau menurut gue, lebih cepet diproses lewat sales nya (berdasarkan pengalaman). Dan alhamdulillaah nya jaringan masih aman (yaiyalah orang baru jg aktif πŸ˜…πŸ˜…).

    Tengkyu nih ya gue nyepam di kolom komentarnya πŸ™

    BalasHapus
  22. bang yang 10 mbps itu udah enak belum nonton youtube 1080p? masih ada buffering ga? THX

    BalasHapus
  23. Mau nanya bang aku niat pasang wifi tapi ini di kontrakan anak rantau juga, bisa gak mskipun gak d rumah sndiri? Trus kalo pasang unlimited kan? Gak dibatasi? Ane masih was2 takut php gak unlimited kalo pake kuota seratus ribu juga gak sbulan sama pemakaian juga harus d atur jadi mau nyoba masang. Mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa walaupun di kosan, tapi biasanya memrlukan izin dari pemilik kos, untuk kouta ada batas tapi hanya menurunkan kecepatan dan penurunannya ga separah waktu pakai kartu gsm masih bisa nonton youtube 1080p

      Hapus
  24. kalo saya baru pasang dan ada biaya beli kabel karna jarak dsri tiang ke rumah saya sekitar 500 meter jdi hrus membeli kabel..

    BalasHapus
  25. Tambah biaya brpa bang...

    BalasHapus
  26. Klo 10mbps untuk 10 org lebih yg pake brsmaan lemot gak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga kalau pemakaiannya ga itensif kya download, kalau youtube masih bisa lah

      Hapus
  27. Saya baru pasang layanan indihome yang 1p dgn kecepatan 10mbps. Tapi setelah saya cek di hp ternyata max speed downloadnya 1.5 mbps. Apa memang seperti itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.5Mbps atau 1.5MBps soalnya beda mas bit sama byte, kalau 1.5Mbps mungkin lagi gangguan

      Hapus
    2. Sory yg saya maksud 1,5MBps. Apa memang maxnya sampai 1,5MBps saja ya? Atau siapa tau ada setingannya? 😁

      Hapus
    3. Mungkin kebates mode wifinya seperti artikel https://www.webaik.com/2018/07/cara-mudah-membatasi-bandwidth-internet-indihome.html, kalau ga berarti gangguan, hubungi aja mas @telkomcare di twitter

      Hapus
    4. Pemakaian bulan pertama sampai kedua kecepatan downloadnya bisa sekitar 1mb sampai 1,5mb/s , terus stream youtube juga sehari2 720 sampai 1080 gak ada masalah tapi di bulan ketiga sampai keempat dihari dimana saya komen di blog ini kecepatannya turun jauh , kecepatan download juga jadi 200kb/s aja mentoknya , gimana bang ngatasinnya

      Hapus
  28. Bang kalo buat game online 10 mbps udh bagus apa kurang ?thx

    BalasHapus
  29. Kira2 300gb itu yag intens buat orang online dan nnton youtube bisa smpai sebulan tdk yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, ga tau jga itu berlaku ga sih saya streaming tiap hari perasaan ga nurun" kecepatannya

      Hapus
  30. Bang? Kalo pasang wifi itu kan ada biaya pemasangan, lah itu untuk bulanannya buat yang pertama kali pasang apa bayar juga? Atau nunggu sebulan baru bayar perbulanya?

    BalasHapus
  31. Bang , ini aku pemakaian 3 bulan kok udah lemot aja ya , perlu laporan ke telkom langsung atau gimana nih

    BalasHapus
  32. Assalammualaikum.
    Bang saya mau tanya nih.
    Saya mau pasang ni indihome tapi tempat saya ada di kampung pinggiran agak jauh dri kota.
    Kira kira speednya kenceng gak ya?
    Tapi kalo untuk sinyal gsm telkomsel alhamdulillah udah 4g walau gak stabil.
    Dan dsni juga udah ada sih wifi desa dengan tiang setinggi 30 meter.
    Coba mohon pencerahannya bang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, saya ga tau wilayah situ dan saya bukan sales jga, kyanya harus tanya langsung telkomnya.

      Hapus
  33. Bang Nugroho Prayogo jadi kaya Customer Service nya Telkom nih wkwkwk

    BalasHapus
  34. Bang saya mw tnya nih , jd saat ini sayang mau masang wifi di kantor , tapi saya mau internetnya aja bang , tetapi kata salesmen nya hrus di paket yg ad gratis nntn tv nya , minta saran dong bang , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pemaksaan itu padahal ada paket yang hanya internet saja, datang langsung aja ke telkom

      Hapus
  35. Bang nugroho sya mau tanya sya drmh pasang yg 400gb 10 mbps,untuk sehari pemakaian ada sekitar kurang lebih 15 orang,trs anak2 ada yg bilang lemot dan ngeled.apakah kuota sya sudah habis apa sya harus tambah mbps'y.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek koutanya di myindihome, kalau masih ada koutanya berarti memang jaringannya yg lelet di daerahnya, tambah mbps aja klau banyak yg protes

      Hapus
  36. bang, apa bisa upgrade speed uploadnya saja? saya perlu speed upload tambahan buat live streaming :(

    BalasHapus
  37. Bang,itu FUP nya tiap bulan reset ato Enggak?. Makasih

    BalasHapus
  38. Kak w pngen pasang wifi drumah buat jualan online tapi cuma w yg pake . Pengen sekalian dpet tambahan duit buat bayar wifinya w mau kalo ada bocah" yg mo make w suruh bayar per jam hehe baiknya make yg kecepatan berapa ya kak? kalo bnyk jg yg make gapapa kan? tq kak

    BalasHapus
  39. Bang punya saya kan 10mbps
    La trus kmren dpt tlfon ya....
    saya ya..ya.. aj
    La wktu saya login kok berubah jadi 20 mbps ya
    Trus apakah bisa minta dirubah lagi ke 10mbps?
    Mohon pencerahanya bang....

    BalasHapus
  40. Mas mau tanya selama pemakaian nda ada penambahan biaya perbulannya ? Atau kita kelebihan pakainya trus ada buaya tambahannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nda ada, paling klau ada perubahan harga paketnya kita ga diberi tahu, tau tau nambah aja tagihannya

      Hapus
  41. 300GB sebulan... buat warung FREE WIFI baru 10hari dh 300gb... #Pasrah.com

    BalasHapus
  42. Hmm.... Brarti 10Mbps dh cukup cepat ya? Cukup juga ya buat game online?

    BalasHapus
  43. Pa kalo WIFI nya selalu nyala tapi ga di pakai di hp nya apa berpengaruh sama kecepatan WIFI nya ga. Semisal 2 hp nyala WIFI, tapi hp 1 nya hanya dipakai buat WA saja dan 1 lagi buat nge game. Apa 10Mbps nya akan terbagi 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga dipakai ya tetap 10 mbps, misal ada 1 org pakai saat itu dptnya 10mbps walau yg konek 10 hp nganggur

      Hapus
  44. Gan mau tanya nih kalo pembayaran pertama dan seterusnya via apa gan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pilihan bisa di marketplace secara online, atau bayar manual di plasa telkom indomaret, alfamart dll

      Hapus
  45. Makasih gan. Jadi pertimbangan kami mau pasang Indihome, kebetulan di daerah Malang juga. Tapi masih mikir2, karena apakah 10 Mbps dibagi 4 (kasarnya 2 Mbps), worth it dengan harga 300 ribuan? Bukankah lebih cepat jaringan 4G telkomsel dari masing-masing hape? Itu sih yang sekarang digalauin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat worth it menurut saya kalau ga sering keluar rumah, saya aja 7 orang masih lancar internetnya, tapi kadang" tiba-tiba lelet jga sih mungkin ada yg lagi download.

      Hapus
  46. 10Mbps itu Apakah saat kita download File Ukuran 30MB Hanya memerlukan Waktu 3 Detik..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah, kurang lebih 30 detik, karena beda bit dengan byte, coba cari informasi perbedaannya di google

      Hapus
  47. Bang kalo tiang ama rumah gue kira2 200meter.an bayar buat tiangnya ngga...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah bayar asal diantara 200meter sudah ada tiang telkom

      Hapus
  48. Bisa dipasword gk sih wiffi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, nanti ditanya teknisinya password apa, teknisinya nanti yg setting di modemnya

      Hapus
  49. Bang. Ane mau berbagi wifi ke anak kos. Tp sinyal ga sampe lt 2. Router kah? Atau repeater? Atau diperkuat aj sinyalnya smp 100%?

    BalasHapus
  50. bang mau tanya, kn untuk 10 Mbps itu untuk pemakaian >300mb turun 75%, nah apakah dikenakan biaya lebih dari yang ditetapkan perbulan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 300GB bukan 300MB, kalau melewati itu ga ada biaya lebih, cuman kecepatan diturunkan

      Hapus
  51. Bang, mau nanya.
    Saya rencana mau pasang wifi untuk kosan yg lebih kurang 13 kamar. Jumlah orangnya sekitar 20 org lebih.
    Kira2 paket yg 20 mbps atau 30 mbps yg rekomended ya bang? Mohon pencerahannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 30Mbps aja, saya aja 10Mbps untuk 7 org mulai keteteran, apalagi update terbaru sekarang FUP atau kouta internet nya dikurangi indihome

      Hapus
  52. Bang saya mau tanya, saya rencana mau pasang wifi tapi saya masih bingung nih yang pakai cuma saya dan mama saya. Trus saya mau pakai paket 10 Mbps untuk internetan saja. Dan saya merasa tidak akan habis 300 Gb ny itu. Kira" untuk bulan ke depan apakah ada pernambahan dari sisany Gb sebelumnya dengan 300 Gb untuk bulan depan gk y atau ke restart lagi bang ? Ths

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada penambahan kouta untuk bulan depan dari sisa bulan sebelumnya, jadi tetap 300gb

      Hapus
  53. Bang nugroho, saya mau tanya nih, saya mau pasang yang 10Mbps, terus tetangga mau narik wifi pake router tenda N301 dari rumah saya, apakah bisa buat nyebar wifi dirumah tetangga saya itu..terimakasih

    BalasHapus
  54. Bang nugroho, mau tanya apakah untuk sinyal wifi dengan modem indihome bisa di hidden supaya tidak terdeksi, terimakasih

    BalasHapus
  55. Bang mau tanya, itu yang tagihan misterius yanh Rp.800.000 gimana ceritanya ? Dan wajib di bayar atau tidak ? Jadi ragu saya sama indhome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada cerita saya heran jga kok ada, saya biarkan saya ga dibayar, tapi kayanya harus lunas dulu kalau mau cabut jaringan atau upgrade

      Hapus
  56. Kak mau tanya. waktu aku cek di google di "test speed" kok? Server aku singapore? Bukan negara kita? apakah servernya emah gitu? Kalau Mas ini.server apa? Makasih :)

    BalasHapus
  57. Bang , kalau jarak 20 m dari modem dan terhalang tembok kamar menggunakan 20mbps masih lancarkah?

    BalasHapus
  58. Halo kak, mau tanya kalau menggunakan paket 10mbps untk 3 orang dan ini pertama kalinya lemot.. Kira2 lemot ini bertahan berapa lama ya kak? Terima kasih btw infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya setelah koutanya direset internetnya akan cepat lagi, koutanya direset tanggal 20 setiap bulan. Kalau masih lemot restart modemnya

      Hapus
  59. Mnurut abang bagus g sih Klo msang yg 10mbps?

    BalasHapus
  60. Bang, saya waktu bulan kemarin kan mau pasang indihome tapi lewat sodara saya (kebetulan dia ada kenalan pegawai indihome ) dan langsung disurvei . Tapi begitu dateng ke rumah katanya masih belum ada jaringan. Tiang terakhir ituitu jaraknya sekitar 600 metmeter dari rumah..
    Katanya bisa diakalin dengan narik kabel atau apa gitugitu, paling cman bayar biaya teknisi nya aja.. Nah saya nanya berapa kira2 biayanya ,dia bilang nanti dikabarin lagi, soalnya harus nanya dulu..
    Tapi setelah beberpa minggu, ga ada kabar ..
    Begitu ditanyain, dia minta ktp (untuk didaftarin)
    Ga lama saya dapet tlpon dari no Jakarta. Katanya dari telkom pusatpusat , mau survei dalam jangka waktu 3x24 jam..
    BesokBesoknya ada yang telpon katanya dari telkom mau survei saya tunggu ga dateng2.. Saya hub lagi no nya ga ada jawaban..
    Saya tanyain sma kenalan sodara saya, katanya ga bisa pasang uuntuk daerah saya. .

    BalasHapus
  61. Minggu depan saya rencana mau pasang baru kak, buat warung menurut kkak gimana ya? yang 2p pemasangan barunya Rp,150.000,- ppn 10% 10Mbps 320.000 , mohon bimbingannya yg sudah berpengalaman.. Makasih .....

    BalasHapus
  62. Saya sekarang sedang berlangganan my indihome 20mbps. Apakah bisa jika ingin diturunkan menjadi 10 mbps karna yang memakai hanya 3 orang? Dijawab ya kak kalau tau infonya. Makasih

    BalasHapus
  63. Untuk 10 Mbps Batas Fair Usage >300 GB/per bulan ya? setelah tagihan bulanan Indihome dibayarkan kouta nya 300 GB lagi.
    Soalnya saya baru pasang Indihome 10 Mbps sekitar pertengahan maret, dalam kurun waktu 2 bulan setelah pemasangan dipakai untuk nonton IPTV, facebook-an, instagram. Mohon dijawab, Trims

    BalasHapus
  64. Asalamualaikum bang sehat??
    Mau nanya nih ane kan mau pasang indihome katanya bulan pertama pemasangan itu masih gratis bulan selanjutnya baru kita bayar ,trus kalo kita telat bayar gimana? ? Trimss bang sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. indihome itu bayarnya setelah udah dipake, jadi ga gratis, klau telat bayar denda 10rb kyanya

      Hapus
  65. Bang kenapa gw paketan 10mbps tapi kecepatan download cuma 1 mb -2 mb sudah dari dulu saya paketan ini tetapi kecepatan download cuma 1 mb dan juga saya membayar juga 450k

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya bantu jawab ya...
      Mbps sama MBps itu beda gan, 10 Mbps(bit) = 1.25 MBps(byte)
      jd kalo keceptan internetnya 10 Mbps itu artinya kalo nge download kecepatanya kurang lebih 1 sampai 1,25 MBps
      jadi beda in ya Mbps yg b(bit) nya kecil dg MBps yg B(Byte) nya besar.

      Hapus
  66. Sy bantu jawab ya,Mbps sama MBps itu beda gan
    10 Mbps(bit) = 1.25 MBps(byte)
    jadi kalo kecepatanya 10 Mbps(bit) itu artinya keceptan download nya 1 sampai 1.25 MBps(Byte)
    coba searching di google perbedaan Mbps dg MBps

    BalasHapus
  67. -10Mbps berarti download speed nya 1MB per detik y??
    -Trus bisa g misalnya pemakaian over terus biaya bulanan membengkak??

    BalasHapus
  68. Good nih buat keluarga cuma 4 orangπŸ˜‚
    Nice info bang, walaupun sebelumnya ragu karena tau klo 8Mbps ternyata 1MBps, tapi ya ga masalah lah buat keluarga 4 orang klo langganan yang 10Mbps πŸ‘

    BalasHapus
  69. Bang Nugroho, saya calon pelanggan indihome, mau masang yg 30mbps untuk warnet, itu cukup atau berlebihan, mohon penjelasannya

    BalasHapus
  70. Bang nugroho sya mau tanya, saya rencana psang indihome, buat wrung. Klu psang yg 10mbps cukup apa kurang, trus cukup buat brpa orang. Mks

    BalasHapus
  71. Malam . Saya mau nanya kalo di modem WiFi di bagian LOS itu berwarna merah lampunya itu knp ya ? Soalnya WiFi saya tidak bisa sambung ke koneksi internet. (Saya make paket yg 10 mpbs) Makasih sebelumnya. Smga di jawab

    BalasHapus
  72. Postingan tahun 2016 masih berlanjut kah,ditunggu info selanjutnya salam dari Kalimantan

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.