4 Cara Mengatasi Status Service pada Battery Health iPhone

4 Cara Mengatasi Status Service pada Battery Health iPhone

Baterai adalah suatu komponen penting bagi peralatan elektronik saat ini, terutama untuk elektronik yang sering dibawa kemana mana seperti smartphone, laptop, dan salah satu yang tercanggih adalah mobil listrik. Fungsi utama baterai adalah menyimpan dan menyuplai listrik untuk komponen-komponen lain yang dibenamkan di peralatan elektronik.

Sayangnya dibalik kegunaannya yang sangat penting ini, ternyata baterai adalah salah satu komponen elektronik yang ada batas masa pakainya dan lebih cepat rusak daripada komponen lainnya (tentunya tergantung penggunaan).

Pada smartphone Iphone terdapat fitur yang dapat mendeteksi umur atau kesehatan baterai, fitur ini bernama battery health, sobat bisa mengaksesnya dengan mengunjungi menu Setting > Battery > Battery Health (bisa berbeda di IOS terbaru).

Disana sobat akan melihat persentase maksimum capacity, artinya jika persentase diatas 95% berarti baterai bagus, 80% keatas sedang, 70% kebawah disarankan diganti.


4 Cara Mengatasi Status Service pada Battery Health iPhone

Namun sering kali pada saat kesehatan baterai 70% biasanya perangkat iphone akan menampilkan status Service yang artinya sobat diperingatkan untuk segera mengganti baterai dan informasi persentase maksimum capacity tidak ditampilkan lagi.

Dari yang saya baca diartikel lain, status Service baterai ini akan muncul umumnya diakibatkan karena sobat sudah melewati 500 siklus pengisian baterai (setiap sobat mengisi baterai iphone 0% ke 100% berarti dihitung 1 siklus). 

Namun selain sebab umum tersebut ada sebab lainnya juga yang mungkin lebih jarang terjadi, seperti kerusakan baterai tiba-tiba (seperti terbentur, kena air dan sebagainya), kesalahan pada sistem IOS, dan baterai yang sobat gunakan tidak asli atau tidak terpasang dengan benar. 

Solusi paling benar adalah sobat bisa langsung ke service center apple terdekat untuk mengganti baterai baru atau sobat  bisa mengabaikan status battery Service tersebut jika dirasa belum mengganggu penggunaan perangkat (seperti baterai cepat habis atau performa lambat). 

Namun jika sobat ingin mencoba menghilangkan status battery Service pada battery iphone saya mempunyai 4 cara yang bisa sobat coba, kenapa 4 cara ini bisa berhasil ? alasannya mungkin saja sistem IOS salah deteksi, yang membuat battery yang sebenarnya masih bagus tetapi disarankan untuk diservice.

Dibawah ini saya akan jelaskan 4 cara mengatasi status service pada baterai iphone

1. Restart Iphone

Memulai ulang perangkat adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi semua error pada smartphone termasuk iphone, sobat semua pasti sudah tahukan cara melakukannya. Walaupun saya tidak yakin cara ini 100% berhasil, layak dicoba karena cara termudah dan tercepat.

2. Update Software Iphone

Cara selanjutnya adalah mengupdate IOS ke versi terbaru untuk menghilangkan error sistem pada versi sebelumnya, saya merekomendasikan cara ini jika sobat punya kouta  banyak, koneksi yang cepat dan mempunyai perangkat iphone terbaru (bukan versi lawas).

Kenapa saya tidak merekomendasikan untuk Iphone lawas, karena saya pernah baca artikel bahwa saat menggunakan IOS versi terbaru di iphone lawas maka kinerjanya akan terasa lebih lambat dari sebelum update, intinya jangan sampai peringatan masalah baterai yang sebenarnya masalah ringan ini membuat iphone menjadi ngelag dan mengganggu setelah selesai update.

3. Tunggu Hingga Status Service Menghilang

Cara ini saya dapat dari cerita orang lain, dimana saat mengganti baterai baru dia mendapat peringatan service pada baterai healthnya, dan solusinya cukup mudah yaitu tinggal dibiarkan saja beberapa waktu maka status service itu akhirnya hilang.

Saya duga penyebabnya adalah karena sistem iphone belum mengenali sepenuhnya baterai baru tersebut apalagi jika baterai barunya udah nganggur berbulan-bulan di etalase toko (mungkin arus listriknya masih kurang stabil), jadi silahkan sobat tunggu sambil digunakan dengan normal.

Semoga setelah melakukan pengisian baterai dan melalui beberapa siklus pengisian, baterai bisa dikenali oleh sistem dan menghilangkan status service pada battery healthnya.

4. Reset Iphone ke Pengaturan Pabrik

Cara ke empat adalah melakukan reset pengaturan iphone ke pengaturan awal, saya taruh paling terakhir karena menurut saya bisa saja akan merepotkan, misalnya sobat harus mengatur pengaturan lagi, backup data, install app, dan lainnya.

Pada iphone ada 2 metode untuk mengembalikan ke pengaturan awal yaitu soft reset dan hard reset, soft reset adalah menghapus pengaturannya saja tanpa menghapus data, dan hard reset akan menghapus semua data sehingga iphone menjadi seperti baru lagi. 

Untuk penjelasan lengkapnya silahkan sobat cari lagi di internet ya, karena bisa panjang  kalau dijelaskan disini, kalau ada kesempatan saya akan tulis juga cara resetnya di artikel lain di blog ini. 

Solusi Terbaiknya

Seluruh cara diatas hanyalah solusi coba-coba yang mungkin saja bisa tidak berhasil, ini disebabkan karena memang baterai iphone sobat sudah melalui masa pakainya dan memang disarankan diganti. Jadi solusinya seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya yaitu gunakan saja sampai masalah baterai ini benar-benar mengganggu atau langsung ganti kalau sobat memang banyak uang.

Jika sobat pada akhirnya memutuskan mengganti baterai iphone saya sangat menyarankan untuk menggantinya di service center resmi Iphone, karena ada kasus baterai yang di pasang di service center bukan resmi menyebabkan iphone restart sendiri, memunculkan status service di baterai health, dan masalah lainnya.

Cukup sekian artikel ini saya tulis, jika ada kesalahan atau informasi yang keliru mohon dimaafkan, silahkan berkomentar jika ada yang ditanyakan. Terima Kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.