2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android

 2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android

Teknologi bluetooth sudah jarang digunakan untuk berkirim file antar perangkat, ini di sebabkan karena kita bisa berkirim file dengan WI-FI atau internet yang bahkan bisa 30 kali lebih cepat. Berbeda dengan dahulu yang koneksi masih GPRS/EDGE dan  WIFI masih jarang di benamkan di smartphone, tentu saja bluetooth adalah solusi terbaik untuk berkirim data.

Jadi untuk apa bluetooth masih ada ? pendapat saya sih karena koneksi bluetooth lebih irit baterai dibandingkan memakai WI-Fi dan sinyal seluler, jadi jika ada koneksi yang tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi bisa menggunakan bluetooth sebagai perantaranya, lagipula dengan hadirnya konsep IOT di masa depan bluetooth mungkin tidak akan dihilangkan.

Berikut ini contoh penggunaan bluetooth pada smartphone, yaitu koneksi ke printer, koneksi ke speaker atau headphone, koneksi ke mouse dan keyboard, dan untuk contoh lainnya silahkan sobat cari bacaan artikel tersendiri.

Diartikel ini saya akan membahas bagaimana mengecek versi bluetooth pada smartphone android, ini penting karena dibeberapa perangkat (seperti printer, headphones dan lainnya) biasanya membutuhkan minimal bluetooth versi tertentu untuk bisa terkoneksi atau bekerja maksimal.

Contohnya pada headphone, jika tidak memenuhi kriteria versi bluetooth minimal, bisa menyebabkan menurunnya kualitas suara yang dihasilkan atau terdapat keterlambatan pengiriman suara. Jadi jika sobat mau membeli perangkat elektronik yang koneksinya pakai bluetooth smartphone jangan lupa cek minimal versi bluetoothnya agar terhindar dari kekecewaan.

Dibawah ini akan saya sampaikan 2 cara untuk mengecek bluetooth pada smartphone, silahkan sobat pilih salah satu saja yang dianggap mudah, jika sobat bingung sudah saya urutkan urutan pertama yang termudah.

1. Cek di Website Terpercaya

2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android

Hal pertama adalah silahkan sobat cek di website - website terpercaya, seperti di situr resmi smartphone atau di situs teknologi yang sudah besar. Kalau saya rekomendasikan sih sobat kunjungi website gsmarena, karena merupakan situs teknologi terpercaya yang sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Begitu terkenalnya website ini, bahkan jika kita mengetik di pencarian google "Spesifikasi samsung xxx" biasanya gsm arena akan muncul di paling atas yang mungkin saja mengalahkan website resmi samsung sekalipun.

Setelah terbuka silahkan cari dibagian comms bluetooth, maka sobat bisa melihat versi bluetoothnya. Bisa juga lihat spesifikasi lainnya jika sobat memerlukannya.

2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android

2. Menggunakan Aplikasi Android

2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android


Selanjutnya adalah menggunakan aplikasi android untuk melihat spesifikasi pada smartphone, silahkan sobat gunakan cara ini jika mempunyai kuota internet banyak dan ingin melihat spesifikasi smartphone lebih lengkap.


Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah AIDA64 (yang bisa di download di playstore), aplikasi ini sudah terkenal untuk melihat spesifikasi komputer dan smartphone. Untuk melihat bluetooth silahkan sobat buka AIDA64 lalu pilih menu Sistem, maka sobat akan menemukan versi bluetoothnya.

2 Cara Melihat Versi Bluetooth di Smartphone Android

Keuntungan menggunakan aplikasi android dibanding website adalah, sobat bisa melihat spesifikasi lebih lengkap dan jika ingin melihat spesifikasi lagi tidak perlu terkoneksi ke internet. Oke itulah tutorial sederhana yang dapat saya berikan, jika ada pertanyaan silahkan sobat berkomentar dibawah ini. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.