Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

Saat kuliah dulu ada satu mata kuliah yang mengharuskan saya untuk mendownload kumpulan dataset public di internet, seperti data penduduk, data penjualan produk, dan lain sebagainya, namun setelah menemukan data yang diinginkan ternyata data tersebut berformat csv dan datanya dalam bentuk text panjang seperti gambar dibawah ini. Jika diteliti masih bisa dibaca sih (karena ada pemisah titik komanya) namun akan lebih enak datanya ditampilkan dalam format tabel excel biasa.

Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

Data diatas masih 8 kolom bagaimana kalau 20 kolom pasti lebih susah lagi untuk dibacanya, untuk itu pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana mengubah CSV tersebut menjadi bentuk tabel excel pada umumnya. Di internet banyak sekali alat konversi dari csv ke excel berjenis online maupun offline, namun kali ini saya tidak akan menggunakan aplikasi baru, melainkan menggunakan aplikasi yang paling umum saja.

Microsoft excel 2016 adalah aplikasi yang akan saya gunakan pada tutorial ini, namun tak perlu khawatir jika sobat menggunakan aplikasi lain yang mirip seperti WPS office, karena setelah saya bandingan caranya hampir sama. Tidak perlu berlama-lama dibawah ini adalah tutorial mengubah CSV menjadi tabel excel.

  1. Tentu saja hal pertama yang dilakukan adalah membuka file csv nya, setelah itu block seluruh baris yang ada datanya, dan pergi ke menu Data lalu pilih menu Text to Column, semua hal yang kita lakukan diatas bisa diilustrasikan pada gambar dibawah ini.

    Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel
  2. Setelah itu akan muncul dialog seperti ini silahkan langsung klik Next saja.

    Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

  3. Lalu silahkan pilih delimiters sesuai pemisah yang dipakai di csv sobat, karena pemisah data saya adalah koma, maka saya memilih delimiters Comma. Pemilihan delimiters yang benar akan ditandai dengan data preview yang ditampilkan di bawahnya akan berbentuk tabel. Silahkan klik Next untuk melanjutkan

    Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

  4. Pada langkah ini kita bisa menyesuaikan format kolom atau bisa memilih kolom yang di skip (ditiadakan), kalau saya sih biasanya langsung klik finish saja karena masalah penghapusan dan pengaturan format bisa dilakukan nanti setelah jadi.

    Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel

  5. Setelah klik finish selamat format yang tadinya hanya sebuah text memanjang, sekarang sudah menjadi tabel excel yang mudah dibaca. Pada gambar dibawah ini adalah tabel yang sudah saya rapikan  lebar kolomnya, karena biasanya setelah klik finish tabelnya masih kurang rapi karena kolomnya kurang lebar jadi ada banyak text panjang yang akan terpotong.

    Cara Mudah Mengubah CSV Menjadi Tabel Excel
Begitulah cara mudah mengubah csv menjadi tabel, sekarang saya dan sobat tidak perlu upload file csv ke internet sekedar untuk konversi ke tabel. Cukup sekian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat ya, sampai jumpa di artikel lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.