2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding

2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi file explorer windows yang not responding, saya pernah mengalaminya dulu sekali, tepatnya saat menggunakan laptop jadul yang menggunakan windows 7 dimana saat membuka suatu folder loading nya lama sekali, dan sempat hampir not responding, yang di tandanya background jadi memutih dan tidak bisa klik apapun, namun setelah ditunggu lagi akhirnya terbuka juga filenya.

Dugaan saya sih emang laptopnya aja yang jadul, dimana saat itu laptopnya hanya menggunakan intel celeron 1 core saja (apalagi cuman pakai hardisk). Buktinya saat saya  menggunakan laptop yang bagus dan menggunakan windows 10 masalah not responding pun hilang, hanya sedikit loading saja saat baru beli karena masih pakai hardisk dan belum beli SSD.

Walaupun saya belum pernah mengalaminya di windows 10, namun saya ingin membagikan pengetahuan saya saat saya berselancar di internet, yaitu saya menemukan artikel untuk mengatasi file explorer windows 10 yang not responding, saya kira menarik juga untuk dibuat artikelnya, dan bisa membantu sobat jika ada masalah komputer yang not responding ini (jadilah artikel ini saya tulis). Bagi sobat yang mau to the point, langsung saja dibawah ini saya jelaskan cara mengatasi file explorer windows yang not responding.
  1. Hal pertama yang perlu dilakukan buka menu control panel windows, sobat bisa mencarinya di pencarian menu untuk menemukannya.

    2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding

  2. Setelah itu buka Appearance dan Personalisation.

    2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding
  3. Setelah membuka Appearance dan Personalisation, didalamnya terdapat file explorer options, silahkan klik menu tersebut. 

    2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding

  4. Setelah terbuka silahkan klik tombol clear, lalu klik tombol dan apply dan ok, yah sudah selesai deh tutorialnya.
    2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding
Pada langkah diatas menurut saya, kita melakukan clear pada history file explorer yang pernah kita lakukan, ini bertujuan agar windows tidak terlalu berat membaca file yang sudah kita buka dimasa lampau, contoh hal yang membuat berat misalnya file besar atau rusak yang membuat hardisk jadi lama untuk membacanya.

Sebenarnya sudah selesai sih tutorialnya, namun jika tidak berhasil maka sobat bisa mencoba lagi cara kedua dibawah ini, masih nyambung kok seperti langkah diatas, langkah tambahan yang perlu dilakukan adalah, sobat perlu mengubah file explorer untuk membuka This PC (My Computer) terlebih dahulu yang awalnya Quick Access (sobat bisa ikuti gambar dibawah ini), dan setelah selesai silahkan klik apply dan ok.

2 Cara Mengatasi File Explorer Windows 10 Not Responding

Barulah tutorialnya benar-benar selesai sekarang, jika 2 cara diatas belum ampuh juga, saya menyarankan sobat untuk cek hardware penyimpanan filenya (hardisk ataupun SSD), karena file explorer pastinya berhubungan dengan file yang disimpan, mungkin saja perangkat penyimpanan sobat sudah mulai rusak sehingga jadi lemot dan membuat file jadi banyak yang currupt. Jika memang rusak segeralah diganti, jangan sampai menyesal karena terlambat.

Oke semoga berhasil ya, namun jika tutorial dan saran saya diatas tidak berhasil saya mohon maaf silahkan sobat coba temukan solusi di artikel lain di internet, dan jika sobat berkenan saat menemukan solusi lain yang lebih ampuh share juga ya di kolom komentar, sehingga membantu sobat-sobat yang lain, bisa juga bertanya jika ada hal yang ditanyakan. Cukup sekian artikel ini saya tulis, sampai jumpa di artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.