Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

WiFi merupakan kebutuhan wajib anak milenial, kalau lagi nongkorong di cafe mungkin pertanyaan yang wajib ditanyakan adalah password WiFi cafe tersebut, sama saja sih seperti saya yang pada saat kuliah dulu sering nongkrong di kampus untuk mendapatkan WiFi gratis, padahal WiFi di kos ada, tetapi karena WiFi kampus kecepatannya sampai 60Mbps ya saya milihnya dikampus saja.

Ceritanya suatu hari ketika asik nongkrong bareng teman, ada teman saya kesusahan untuk menghidupkan WiFi laptop miliknya, sudah pakai cara a, b, c tetap saja WiFi nya ga hidup-hidup. Untuk itu saya berusaha menolongnya dengan cara mengotak atik di bagian pengaturan adapter, dan akhirnya WiFi berhasil hidup dan kembali terkoneksi ke WiFi kampus, teman saya pun berterima kasih. 

Karena pengalaman itulah saya juga ingin berbagi ditutorial ini, mengenai berbagai cara menghidupkan WiFi di windows (khususnya windows 10), jadi bagi sobat yang lagi butuh menghidupkan WiFi tetapi ga hidup hidup, maka artikel ini tepat untuk dibaca, namun tips menghidupkan WiFi dibawah ini tidak saya jamin berhasil 100% ya, karena lebih berdasar pada pengalaman saya ditambah dengan membaca tutorial di internet. 

Saat membantu teman kampus (yang sudah saya ceritakan) diatas, saya juga heran? kenapa Wifi tersebut hidup, padahal cuman tebak - tebakan saja. Oke sudah cukup pembukaannya, selanjutnya dibawah ini saya akan menyampaikan cara-cara untuk mengaktifkan WiFi di Windows 10.

Menggunakan Tombol WiFi atau Tombol Fn

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Setiap laptop saat ini memiliki tombol khusus untuk menghidupkan WiFi, yang biasanya menggunakan kombinasi tombol Fn + tombol F1+F10 yang mungkin berbeda disetiap laptop, cara mengetahui bahwa tombol adalah sebuah tombol WiFi adalah denganmenlihat icon menara sinyal seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, untuk laptop-laptop tertentu biasanya ada lampu indikator WiFi yang hidup jika WiFi berhasil diaktifkan.

Pada sistem operasi atau laptop zaman dulu tombol pengaktifan WiFi ini harus ditekan untuk bisa menghidupkan WiFi karena jika tidak, maka sistem operasi tidak akan mendeteksi keberadaan perangkat WiFi sama sekali (jadi fungsi tombol WiFi ini mirip seperti saklar listrik), namun pada laptop modern sekarang ini sudah bisa mendeteksi tanpa harus tekan tombol, sobat bisa menghidupkannya melalui sistem operasi seperti windows, untuk lengkapnya saya akan jelaskan dibawah ini.

Matikan Airplane Mode atau Hidupkan Adapter

Pada windows 10 terdapat fitur Airplane Mode dimana jika dihidupkan akan mematikan semua perangkat yang terdapat sinyalnya termasuk WiFi, jadi sobat pastikan dulu airplane nya dalam keadaan off, caranya dengan klik icon network di pojok kanan bawah. 

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Jika airplane mode sudah dipastikan off, maka cara selanjutnya adalah cek adapter wifinya apakah enable atau disable, caranya dengan klik kanan pada icon network/sinyal di pojo kanan bawah lalu klik Open Network & Internet settings.
Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Maka akan terbuka jendela baru seperti gambar dibawah ini silahkan sobat klik change adapter settings.

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Kumpulan adapter koneksi akan terbuka, adapter yang disable akan  ditandai dengan warna full abu-abu, sedangkan kalau enable berwarna biru seperti gambar dibawah ini, jika enable/disable tidak berhasil juga sobat bisa mendiagnose masalah yang terjadi pada WiFi, dengan cara klik menu diagnose yang saya beri panah merah

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10
Pada diagnose ini nantinya akan memunculkan jendela seperti kita install aplikasi, tinggal next next saja, silahkan ikuti instruksinya, biasanya ada langkah dimana windows akan mencoba mendeteksi masalah WiFi, setelah selesai maka akan ada laporan tentang kondisi Wifi Kita (bermasalah/tidak), pada beberapa kasus jika beruntung Wifi kita akan berjalan normal kembali setelah proses diagnose selesai.

Hidupkan di Menu Setting Windows

Ini adalah cara yang saya singung-singung adi dimana kita tidak perlu menggunakan tombol fisik untuk mengaktifkan WiFi, karena pada windows 10 sudah tersedia tombol untuk menghidupkan WiFi cara buka WiFi Setting.

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Lalu tinggal dihidupkan deh  dengan klik tombol WiFinya (gampang kan).

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Install Driver WiFi yang Tersedia

Pada windows 10 seharusnya kita tidak perlu mengintall driver WiFi lagi, karena biasanya windows 10 sudah secara pintar memilihkan driver yang cocok untuk Wifi kita gunakan, namun pada kasus tertentu seperti laptop keluaran lama, yang mungkin saja masih membutuhkan install driver terlebih dahulu sebelum menggunakan WiFi.

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Untuk masalah ini sobat bisa download driver di internet, saya sarankan sih di situs resmi laptopnya misalnya jika laptop acer, saya bisa mengunjungi https://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers, cari model laptopnya lalu download dan install drivernya.

Cara Mengaktifkan WiFi Internet di Windows 10

Begitulah cara-cara mengaktifkan WiFi di windows 10 yang saya ketahui, jika ada tambahan cara lain yang efektif sobat bisa berikan komentar ya, dan jika cara-cara diatas tidak berhasil menghidupkan WiFi sobat maka mohon dimaafkan, Oke cukup sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.