Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word

Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word

Microsoft word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer, bahkan sejak saya kecil dulu. Saya masih ingat microsoft word pertama kali saya gunakan adalah word 2003 saat praktek mata pelajaran komputer, dimana tampilannya agak jadul, namun saya rasa fungsionalitasnya masih sama saja dengan microsoft word yang terbaru,

Dari sekian banyak fungsi yang ditawarkan microsoft word terdapat fungsi yang sering saya gunakan yaitu tabel, cara membuat tabel pun sangat lah mudah sobat tinggal pergi ke menu insert > table > lalu pilih format baris dan kolom sesuai keinginan.

Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word

Namun terkadang ada kalanya baris atau kolom yang sudah terlanjur kita buat tidak cukup dan harus menambahnya lagi, tidak mungkin kan kita buat ulang tabelnya, dan copy konten yang sudah dibuat ke tabel baru.

Untungnya sejak lama microsoft word mempunyai fitur menambah kolom dan baris caranya pun sangat gampang, sobat pasti bisa menemukannya sendiri jika ingin mengotak-atik microsoft word. Pada tutorial kali ini saya menggunakan microsoft word 2016, walaupun begitu saya rasa akan mirip juga caranya dengan microsoft word versi lainnya. Langsung saja untuk penjelasan lengkap tentang bagaimana cara membuat baris dan kolom akan saya jelaskan dibawah ini.

Jika sobat sebelumnya sudah membuat tabel, untuk membuat baris pada tabel maka silahkan klik baris tabel yang ingin ditambahkan baris baru (diatas maupun dibawahnya), lalu klik kanan mouse pilih insert lalu pilih

Insert Rows Below > untuk menambah baris baru ke bagian bawah baris terpilih.
Insert Column Above > untuk menambah baris baru di bagian bawah baris terpilih.


Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word


Selanjutnya adalah untuk menambah kolom, sama saja seperti baris, klik kolom yang diinginkan lalu klik kanan mouse > Insert dan pilih menu.

Insert Columns to the Left > untuk menambah kolom baru ke bagian kiri kolom terpilih.
Insert Columns to the Right > untuk menambah kolom baru ke bagian kanan kolom terpilih.


Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word

Namun seperti artikel saya yang lain pada akhirnya ada cara lain yang lebih mudah, daripada harus berulang kali klik kanan mouse, lebih baik menggunakan menu dibagian tabel tools > layout, cara pergi ke menu tersebut adalah dengan klik tabelnya (karena kalau ga di klik table tools ga muncul), lalu klik menu layout di table tools dan akan muncul menu yang sama seperti yang saya jelaskan diatas. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini. 

Cara Menambah Baris Kolom Tabel di Microsoft Word

Selesai sudah tutorial menambah baris kolom di microsoft word, cukup simpel bukan ? oke cukup sekian artikel ini saya tulis, kalau ada pertanyaan tentang microsoft word bisa sobat tanyakan langsung di komentar, mungkin saja saya mengetahuinya, dan bisa untuk menjawabnya, jangan lupa share juga artikel ini jika ada teman yang membutuhkan. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.