Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

Kernel pada sistem operasi adalah suatu komponen aplikasi yang sangat penting, menurut saya sih urutan kedua terpenting setelah BIOS komputer, pada sistem operasi linux memilih kernel yang bagus dan terupdate  sangat direkomendasikan, karena bisa meningkatkan kinerja dan menutup bug yang kadang timbul pada saat menjalankan linux.

Pada laptop saya yang tergolong mempunyai hardware terbaru, dulu sebelum update kernel, tampilan layar terkadang rusak bergaris-garis setelah booting dan tidak layak untuk digunakan, sehingga harus di restart lagi. Namun setelah update kernel linux masalah layar rusak setelah booting pun hilang atau belum saya temui sampai saat ini.

Jadi bagi sobat yang mempunyai masalah bug di linux khususnya linux mint / ubuntu, silahkan install kernel versi terbaru yang mungkin bisa mengatasinya. Bagi sobat yang tidak punya kendala dengan kernel yang terpasang saat ini, juga bisa coba update untuk sekedar coba-coba, walaupun mungkin tidak akan begitu terlihat perubahannya.

Sama seperti sistem operasi lainnya, yang versi terbaru belum tentu terbaik, bisa jadi setelah update/upgrade malah timbul masalah-masalah yang semakin banyak, pengalaman saya saat mencicipi untuk upgrade linux mint 20 (sebelumnya linux mint 19.3) dengan kernel versi paling atas, terdapat masalah tidak dapat install dan buka berbagai aplikasi yang saya gunakan sehari-hari.

Karena hal itulah saya kembalikan ke versi linux mint 19.3 yang saya rasa paling stabil saat ini, konsep ini juga saya terapkan pada kernel linux yang saya gunakan dimana saya menggunakan 3-5 urutan dibawah versi terbaru agar meminimalisir bug yang muncul.

Logikanya karena kernel urutan 3-5 urutan dibawah versi terbaru, sudah lebih dahulu rilis, dan tentu saja orang-orang yang tertarik untuk memasangnya akan lebih dahulu mengetahui bug yang muncul  lalu melaporkannya dengan begitu developernya bisa segera menambal bug tersebut. Berbeda kalau yang versi paling baru, masih sedikit penggunanya, masih sedikit bug yang ditemukan, dan masih sedikit bug yang sudah diperbaiki.

Setelah diatas sudah panjang lebar membahas pengalaman saya tentang pemasangan kernel linux, sekarang dibawah ini saya akan menyampaikan bagaimana cara memasang atau install kernel linux versi berbeda di linux mint / ubuntu. 

Sebelum itu saya menyampaikan bahwa tutorial ini menggunakan linux mint, saya kira tidak masalah jika sobat pakai ubuntu saat mengikuti tutorial ini, karena saya pernah menggunakan ubuntu dan linux mint, saya kira tampilannya mirip mirip.

  1. Pertama buka menu linux mint di pojok kiri bawah dan carilah software yang bernama Update Manager.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  2. Setelah update manager terbuka arahkan dan klik ke menu view dibagian atas, lalu klik lagi menu linux kernel.

  3. Maka setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini, silahkan sobat pilih kernel yang paling bagus dan up to date, dibagian sisi kiri sebenarnya ada pilihan opsi versi kernel lagi, biasanya kalau soal ini saya sesuaikan saja dengan kernel bawaan dari linux mint yang saya install, karena bawaannya 4.15 maka saya memilih kumpulan kernel yang versi 4.15 saja.

    Saya pernah kok coba kernel yang 5.4 sementara waktu, dan tidak ada masalah apapun, perbedaan yang  bisa saya lihat hanya pada saat booting dimana urutan menampilkan logonya sedikit berubah.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  4. Ditutorial ini saya akan mencoba menginstall 1 versi diatasnya, kenapa tidak paling baru ? silahkan sobat baca lagi dipembukaan artikel ini ya (saya hanya pilih urutan 3-5 dibawah versi terbaru).

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  5. Sebelum install, seperti kebiasaan sistem operasi linux, maka akan diminta password, silahkan sobat isi dan klik tombol authenticate.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  6. Proses download akan berjalan, silahkan sobat tunggu saja.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  7. Jangan lupa setelah download selesai, agar linux mint bisa menggunakan kernel linux yang baru, silahkan di restart linuxnya terlebih dahulu. Setelah di restart sobat bisa mengecek pada aplikasi system monitor yang bisa sobat akses pada menu di pojok kiri bawah desktop.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

    Sedangkan kernel versi lama (walau sudah diinstall yang baru) tetap masih terinstall sebelum sobat hapus secara manual, saya sarankan sobat jangan hapus kernel lama sebelum sobat mencoba kernel yang terbaru saat ini, jadi jikalau ada bug dikernel baru sobat tinggal downgrade saja ke kernel lama, tanpa install kernel lagi. Untuk cara downgrade lengkapnya bisa sobat baca caranya dibawah ini.

Cara Downgrade Kernel Linux

Seperti yang saya jelaskan diatas, tidak setiap kernel terbaru itu bagus, terkadang ada juga kernel terbaru yang malah menimbulkan bug yang mengganggu, seperti lag, wifi tidak terdeteksi dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu solusinya adalah melakukan downgrade versi kernel ke versi sebelumnya, agar komputer berjalan normal kembali.

Pada linux mint / ubuntu downgrade kernel linux tidak segampang menginstallnya, karena secara default sistem operasi linux akan memilih kernel terbaru secara otomatis saat kita booting, sedangkan aturannya kernel yang sedang digunakan/sedang active tidak bisa dihapus.
  1. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan sobat restart komputer terlebih dahulu, pada menu boot grub yang terlihat seperti gambar dibawah ini silahkan pilih menu Advanced option for linux...., yang bertujuan memilih kernel secara manual.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  2. Setelah itu pilih kernel yang versi lama.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  3. Agar linux tidak kembali ke kernel versi terbaru silahkan sobat hapus/remove, caranya hampir sama seperti pada proses penginstallan tadi.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu

  4. Silahkan tunggu proses penghapusannya, dan proses downgrade kernel pun sudah selesai.

    Cari Install atau Mengganti Kernel Linux Mint / Ubuntu
Oke cukup sekian mengenai tutorial bagaimana install, ganti dan downgrade kernel linux, semoga bermanfaat bagi sobat dan jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan, Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.