Pengalaman Beli Kartu Perdana Internet By.U di Kirim ke Kalimantan

Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

Haloo teman-teman semuanya apa kabar, pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya membeli kartu perdana By.U yang saya beli di aplikasi resmi By.U dan dikirimkan ke kalimantan, By.U adalah provider anak perusahaan/parner telkomsel, sehingga sinyal yang digunakan By.U bisa dikatakan ikut numpang dengan telkomsel, jadi selama di wilayah sobat ada telkomsel ya pasti ada By.U.

Sebenarnya saya sebelumnya tidak begitu tertarik dengan By.U karena masih menggunakan paket yang saya rasa lebih murah, tetapi  setelah saya secara tidak sengaja menonton di youtube paket internet baru yang ditawarkan oleh By.U yaitu paket promo unlimited 1Mbps 30 Hari seharga 100.000, kok saya jadi tertarik untuk beli.

Paket unlimited By.U ini sangat berbeda dengan paket unlimited dari operator lain, dimana By.U tidak menerapkan batasan kouta pemakaian atau FUP di paket tersebut, jadi walaupun kecepatannya hanya 1Mbps, kecepatan ini akan tetap sama walaupun kita menggunakan internet 30 Hari tanpa henti.

Jika di hitung-hitung penggunaan internet pun menjadi cukup murah, buat manjangin artikel ini mari kita hitung, jika 1 hari sama dengan 86400 detik, maka jika kita mendapatkan 1Mbps yang kita misalkan 100KB per detik maka dalam sehari kita bisa menghabiskan kouta 8640MB, tetapi ga mungkin sih kita internetan seharian jadi kita bagi 2 aja deh sehingga 4320MB (12 Jam), yaudah tinggal kita kalikan saja selama 30 hari, sehingga total kouta yang bisa kita konsumsi menjadi 130GB.

Cukup murah bukan untuk sebuah internet mobile ? sebelum bilang murah saya sudah survei ke operator lain dan paket internet yang saya gunakan saat itu, hasilnya tidak ada operator yang memberikan paket semurah itu, paling tinggi 70GB untuk 100.000 itupun dibagi-bagi jaringan dan waktu.

Sayangnya seperti yang dibilang diawal ini adalah paket promo yang ada batas periode waktunya, jadi paketnya bisa naik harganya ataupun hilang dari peredaran, tetapi walaupun begitu saya tetap tertarik membelinya karena harga kartu+paketnya hampir sama dengan paket internet bulanan saya yang biasanya, jadi mumpung ada promo sikat aja.

Lagipula kalau tidak ada paket internet yang menarik lagi, kartu By.U nya bisa disimpan dan tidak perlu di isi pulsa untuk memperpanjang masa aktif karena kartu By.U akan aktif terus menerus asalkan terus digunakan, langsung saja dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana langkah membeli kartu By.U melalui aplikasi resminya.
  1. Pertama tentu saja download aplikasi By.U terlebih dahulu, setelah membuka akan menampilkan seperti gambar dibawah ini,  kalau sobat merupakan pengguna baru silahkan klik yuk lanjutkan. 

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  2. Setelah klik yuk lanjutkan maka sobat akan diperlihatkan pilihan paket yang tersedia, disini saya memilih yang 1Mbps yang sudah saya sampaikan dari tadi.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan
  3. Nah barulah disuruh daftar akun untuk membeli nomornya, disini kita diberi 2 pilihan daftar melalui gmail maupun facebook.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  4. Setelah berhasil daftar dan login, maka By.U akan menyuruh kita untuk memilih nomor yang kita inginkan, By.U hanya menyediakan 5 nomor untuk dipilih, tetapi jika ke 5 nomor tersebut tidak sobat sukai maka silahkan tunggu 5 menit agar nomornya bisa diperbarui lagi, dan begitupun seterusnya. Setelah sobat sudah yakin pilihan nomornya silahkan klik tombol panahnya ya.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  5. Selanjutnya kita harus memilih bagaimana metode penerimaan kartu By.U nya, bisa ambil sendiri ataupun diantar, saya sarankan diantar aja sih biar gampang, apalagi sobat yang tinggal dipulau jawa karena ada gratis ongkirnya juga.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  6. Jika diantar maka sobat akan dipersilahkan mengisi alamat dan jasa pengirimannya, untuk di kalimantan sepertinya hanya bisa menggunakan jasa pengiriman jne, yang saya senang disini By.U memberikan potongan ongkos kirim sehingga ongkirnya tinggal 10 ribu, karena jika tidak maka ongkir ke tempat saya bisa kena sampai 50 ribu. Klik tombol panah lagi jika sudah selesai.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  7. Yang terakhir adalah sesi bayar-bayar, sobat akan disediakan pilihan pembayaran yang lumayan lengkap, yang sobat bisa lihat sendiri daftar pilihannya saat transaksi nanti, saya disini memilih BNI dan membayarnya melalui mobile banking.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

  8. Setelah pembayaran selesai dan terkonfirmasi maka tampilan pada aplikasi By.U akan menjadi seperti gambar dibawah ini, ada tombol aktifkan sim dan lacak sim, sobat bisa melihat proses pengirimannya dengan klik tombol lacak sim.

    Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

Proses pengiriman dari jakarta ke rumah saya dikalimantan berlangsung selama 3 hari, tetapi karena ada kendala dari saya, dimana saat dikirim ke rumah, rumah sedang kosong maka jadi molor deh menjadi 6 hari. 

Saat paket kiriman datang penampakannya seperti gambar dibawah ini, seperti yang sudah saya duga setelah nonton review di youtube kemasannya biasa saja, hanya berupa plastik transparan.

Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

Setelah dibuka maka dalamannya seperti gambar dibawah ini, selain kartu By.U kita juga diberi bonus jarum untuk melepas SIM, lumayanlah ya buat cadangan kalau jarum bawaan smartphone hilang.

Pengalaman Beli Kartu Perdana By.U di Kirim ke Kalimantan

Walaupun sepertinya paketnya aman, ada satu hal yang kurang jika kita biasa membeli kartu perdana, Dimanakah stiker nomornya ? satu hal yang saya takutkan akan hal ini, yaitu nomor kartunya bisa saja tertukar dengan milik pengguna lain saat pengiriman, tentunya itu akan merugikan jika terjadi.


Daripada semakin penasaran apakah kartunya tertukar atau tidak, saya aktifkanlah kartunya melalui aplikasi By.U, caranya cukup mudah kok, sobat hanya perlu ikuti instruksi yang tertera di website atau diaplikasinya.

Sedikit saran dari saya saat ingin mengaktifkan kartu By.U, jika internet untuk aktivasi tidak bisa padahal data seluler sudah diaktifkan, maka sobat bisa coba pergi ke jaringan seluler dan atur titik akses / apn nya.

Pengalaman Beli Kartu Perdana Internet By.U di Kirim ke Kalimantan


Setelah kartu By.U aktif, saya bersyukur ternyata kartunya memanglah kartu yang saya pilih, tetapi setelah saya cek kok paket unlimited yang saya beli kok ga ada, ehh ternyata beberapa saat kemudian ada SMS bahwa paket unlimitednya sudah di aktifkan.

Pengalaman Beli Kartu Perdana Internet By.U di Kirim ke Kalimantan

Review Singkat Jaringan By.U di Kalimantan

Setelah kartunya aktif saya coba-coba untuk internet, youtube, dan aplikasi speedtest, hasilnya cukup memuaskan sekali, yang hasilnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini. 

Pengalaman Beli Kartu Perdana Internet By.U di Kirim ke Kalimantan

Saya uji di jaringan 4G dan 3G, setelah saya uji beberapa kali di 2 jaringan ini kecepatan kurang lebih sama persis , perbedaan yang terlihat hanya di pingnya saja dimana 3G lebih lambat. Ping tercepat By.U sekitar 70ms-80ms tidak jauh-jauh dari situ, karena saya tidak terlalu suka main game online maka tidak begitu masalah karena browsing youtube masih lancar.

Bicara soal youtube kualitas video yang bisa di tonton bervariasi 480p sampai 1080p tergantung kualitas kompress videonya, contoh channel yang bisa 1080p dengan kartu By.u seperti channel youtube kok bisa ? yang videonya berupa animasi, kalau video yang berat misalnya channel gaming biasanya hanya sanggup 480p.

Hal kecil yang saya suka dari By.u terletak dari masa aktif paketnya dicatat sampai ke jam menitnya, jika biasanya paket internet lain masa aktifnya berakhir di 23:59 maka masa aktif By.U mengikuti waktu dimana paketnya diaktifkan, buktinya bisa dilihat dari sms sebelumnya diterima jam 22:50 (WITA) dan masa aktif paket berakhir pada 21:50 (WIB).

Pengalaman Beli Kartu Perdana Internet By.U di Kirim ke Kalimantan

Sayangnya seperti yang sudah saya bilang diawal paket unlimited ini hanya promo yang mungkin akan hilang atau akan naik harganya, sudah pasti kalau itu terjadi saya akan pensiun dulu pakai By.U, dan kembali menggunakan paket internet lama saya. 

Walaupun begitu, tetap saja menurut saya paket By.U lainnya masih bisa bersaing, apalagi untuk sobat yang hanya punya sinyal telkomsel diwilayah nya (pernah baca di fb orang yang tinggal di papua bersyukur akan hadirnya operator By.U ini), dengan By.U kita bisa menikmati paket internet telkomsel versi murah, tanpa harga beda tiap zona, pembagian kouta, dan lainnya.

Okelah, segitu saja review singkat dan sharing pengalaman bagaimana saya membeli kartu perdana By.U, saya harap kedepannya paket unlimited By.U ini tetap ada walau promo berakhir, harganya tetap murah dan kecepatan internetnya bisa dinaikan lagi. Sekian Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.