6 Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang

Pada artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana mengatasi sinyal internet yang hilang, sebenarnya bukan sinyalnya sih yang hilang, sinyalnya ada tetapi entah kenapa saat membuka aplikasi yang membutuhkan internet, muncul peringatan tidak ada koneksi internet, hal ini ditandai juga dengan  tidak adanya lambang LTE, H+, atau 4G, padahal bar sinyalnya penuh.

Mungkin banyak orang yang tau cara mengatasinya tetapi saya rasa banyak juga orang tidak tahu, contohnya saya sendiri masih tertipu dengan masalah sinyal data internet ini saat mencoba mengaktifkan kartu perdana byu yang baru saya beli, sudah saya terapkan berbagai cara mengatasinya berdasarkan pengalaman sebelumnya tetapi belum juga teratasi, hampir berpikir buruk bahwa kartunya sudah rusak, tetapi ternyata ada salah satu penyelesaian yang terlewat.

Penjelasan tentang penyelesaian tersebut akan saya jelaskan dibawah ini, cara penyelesaian dibawah ini sudah saya susun dari yang paling simpel dan paling sering terjadi, hingga yang jarang dan mungkin tidak pernah sobat alami, langsung saja dibawah ini adalah 5 cara mengatasi sinyal data internet hilang.

1. Aktifkan Data Seluler

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang
Orang tua saya dulu saat pertama kali pegang smartphone tidak mengerti dengan adanya tombol ini, dimana saat saya matikan untuk menghemat data, orang tua saya kebingungan kenapa internetnya mati padahal sinyal full.

Mungkin penyebab sinyal data internet sobat hilang juga karena lupa menghidupkan tombol ini, cara menghidupkannya gampang kok biasanya tinggal usap layar kebawah untuk memunculkan statusbar, lalu tinggal cari deh yang namanya tombol data seluler.

Dengan menghidupkan tombol data seluler ini, disamping sinyal biasanya akan muncul LTE, H+, atau 4G, itu berarti internet sudah bisa berjalan kembali, silahkan sobat coba saja koneksinya.

2. Restart Sinyal dengan Mode Pesawat

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang

Ada suatu waktu saya sudah menghidupkan data seluler, namun disamping sinyal belum juga memunculkan simbol LTE, H+, atau 4G (alias data internet masih mati), Saya tidak tahu apakah ini karena hpnya error atau sinyal operatornya bermasalah, tetapi bagi saya yang kurang sabaran, maka cara cepatnya biasanya saya akan merestart sinyal dengan memanfaatkan mode pesawat.

Sama seperti data seluler untuk menemukan tombol mode pesawat, biasanya sobat bisa menemukannya di statusbar, caranya adalah pertama hidupkan mode pesawat untuk mematikan sinyal operator seluler, lalu matikan mode pesawat agar sinyal bisa hidup kembali, dengan ini biasanya sinyal beserta data internet akan segera hidup lagi.

3. Setting APN internet

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang

Inilah cara yang saya gunakan untuk mengaktifkan data internet kartu perdana byu yang saya bilang diawal, yaitu mengatur apn atau bahasa indonya titik akses. Saya tidak menyangka saat pertama kali memasukkan kartu perdana apn internet tidak dipilih secara otomatis oleh smartphone, sehingga menyebabkan data tidak aktif.

Saya kebingungan padahal sudah menggunakan cara 1 dan 2 tetapi tetap saja internetnya mati, hampir nyerah, baru deh teringat tentang apn dan permasalahan pun selesai. Biasanya untuk zaman sekarang pengaturan apn sudah disediakan oleh operator dan tinggal dipakai / dipilih saja, kalau pun tidak disediakan paling cuma bagian apn nya saja yang di isi yang paling umum sih isi apn nya "internet". Untuk caranya bisa sobat ikuti screenshot diatas ya.

4. Restart HP

Selanjutnya adalah restart smartphone, jujur saya belum pernah sampai merestart hp untuk sekedar mendapatkan sinyal internet, paling banter ya pakai mode pesawat. Walaupun begitu silahkan sobat coba saja kali aja ampuh, namun menurut saya kalau smartphone sobat mengharuskan pakai cara ini sih saya rasa ada yang salah dengan software / hardware smartphone, mungkin ada yang harus diperbaiki.

5. Coba Ubah Jaringan

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet HilangSelanjutnya sobat bisa mengubah jaringan seluler dari LTE ke H+ atau sebaliknya, caranya dengan mengunjungi menu jaringan seluler (sama seperti apn sebelumnya), lalu pilih menu jaringan. Silahkan sobat pilih jaringan WCDMA untuk H+ dan LTE untuk 4G.

Saya agak lupa apakah pernah mengalami hal ini atau tidak, jadi maksud mengubah jaringan ini adalah untuk menghindari jaringan yang sedang gangguan, biasanya ada suatu waktu jaringan sedang gangguan dan jaringan LTE / 4G tidak bisa digunakan sehingga kita terpaksa berpindah ke jaringan H+ untuk sementara, berguna sih apalagi yang kouta internetnya berlaku di semua jaringan.

6. Cek kouta internet

6 Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Data Internet Hilang
Cara yang terakhir ini bukan merupakan solusi tetapi mungkin terjadi, dimana kita masih tetap mengharapkan koneksi internet padahal kouta internet sudah habis, jadi silahkan sobat cek kouta masing-masing dulu ya. Saya taruh cara ini terakhir karena saya yakin sobat sudah pintar dan akan memastikan terlebih dahulu bahwa kouta internet masih ada sebelum membaca artikel ini.

Jangan seperti saya dulu, sudah mengeluh koneksi internet macet, marah-marah dengan cs operator, dan setelah di cek ternyata kouta sudah habis, lalu yang paling menjengkelkan setelah di telusuri apa yang menyebabkan hal itu terjadi, hasilnya adalah karena update windows 10, yang tanpa bilang-bilang mendownload file update yang sangat besar.

Ya sudah, itulah 6 cara mengatasi sinyal internet hilang, jika ke 6 cara tersebut tidak menjawab permasalahan sobat, maka mohon dimaafkan. Mungkin permasalahannya lain lagi, seperti hardware / software pada smartphone sobat rusak dan harus dibawa ke teknisi, atau sinyal internet sobat diblokir oleh operator karena penyalahgunaan jaringan.

Cukup sekian artikel ini saya tulis, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dan jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya, terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.