2 Cara Mengatasi Komputer Hidup Lagi Setelah di Shutdown

2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

Haloo sobat sekalian, pasti sudah tahu kan di artikel ini akan membahas apa, Kalau sudah tahu sebelum ke inti tutorialnya saya akan bercerita dengan pengalaman saya dengan permasalahan ini terlebih dahulu, mungkin ga penting bagi sobat, tetapi cukup penting bagi saya agar artikel ini mudah dicari di pencarian google.

Dulu saat saya mempunyai laptop yang menggunakan windows 10 terjadi hal yang menyebalkan seperti judul artikel ini yaitu windows nya bisa nyala lagi ketika disudah di shutdown, sempat juga saya kebingungan dengan hal ini takutnya laptop saya ini rusak, apalagi dulu masih gaptek-gapteknya masalah komputer.

Jadi gejalanya setelah komputer dimatikan indikator power on masih hidup, tetapi layar dan kipas sudah mati saya ketik-ketik keyboardnya, ehh komputernya kok malah hidup lagi, dan jika laptop dalam keadaan tertutup dan dibuka maka windows akan menyalakannya otomatis, mirip sih sama fitur sleep tetapi ada bedanya dan bedanya tersebut saya lupa apa????.

Waktu itu masalah ini sangat menjengkelkan, karena saya rasa membuat boros baterai dan khawatir laptop jadi rusak, setelah cari sana sini saya menemukan jawabannya yaitu fitur terbaru fast start-up windows yang teraktifkan secara default, fitur ini berguna agar tidak lama saat memulai komputer mungkin sangat membantu bagi yang masih pakai penyimpanan hardisk, kalau pake ssd ga usah pakai lah ya (udah cepat juga bootingnya).

Untuk laptop yang saya pakai sekarang ini walaupun dihidupkan fast start-up tidak lagi menimbulkan masalah seperti dulu, sekarang harus ditekan tombol power dulu barulah bisa menyala, saya kira hal yang terjadi dulu karena masih ada bug, apalagi pada zaman itu ini merupakan fitur baru yang baru saja diluncurkan.

Tetapi masalah lainnya timbul saat saya mencoba menggunakan dualboot linux, yaitu saat linux ingin mengakses hardisk terdapat peringatan error, sehingga hardisk tidak bisa dibuka. Setelah saya teliti ternyata windows masih menggunakan hardisk untuk menjalankan fitur fast start-up jadi linux tidak bisa mengaksesnya, karena saya cukup sering pindah-pindah sistem operasi, akhirnya saya matikan saja fitur fast start-upnya.

Begitulah latar belakangnya, sayapun menyarankan sobat juga untuk mematikan fast start-up, jikapun ingin cepat booting silahkan langsung saja ganti perangkat penyimpanan ke SSD yang terbukti 10++ kali lebih cepat daripada hardisk, karena menurut saya windows pakai SSD lebih aman dan nyaman.
Oke Sudah cukup panjang cerita-ceritanya, dibawah ini saya akan menjelaskan 2 cara mengatasi windows yang hidup lagi setelah shutdown.

1. Setting Power Options (Mematikan fast start-up)

  1. Silahkan sobat cari menu power & sleep di pencarian aplikasi di windows.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  2. Setelah sobat mendapatkan dan sudah membukanya, cari tulisan additional power setting di paling bawah, lalu sobat klik tulisan tersebut.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  3. Tindakan itu akan membuka jendela baru seperti gambar dibawah ini, klik tulisan choose what the power yang sudah saya kotakin merah.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  4. Setelah itu akan terbuka jendela baru lagi seperti gambar dibawah ini, disini sudah terlihat menu turn on fast start-up yang masih tercentang, tujuan kita adalah menghilangkannya centang tersebut, sebelum menghilangkannya untuk membuatnya bisa di klik silahkan klik tulisan change settings that are currently unavalaible.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown
  5. Sekarang sobat sudah bisa mengklik dan menghilangkan centangnya, silahkan simpan pengaturan dengan klik tombol save changes.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

2. Edit Registry

Cara kedua ini sebenarnya saya dapat dari artikel lain di internet, dan dari komentarnya ada yang berhasil dengan cara ini, jadi tidak ada salahnya saya juga mencantumkannya di artikle kali ini. Namun karena saya tidak pernah mencobanya secara langsung, saya tidak merekomendasikan cara kedua ini, saya lebih menyarankan sobat menggunakan cara pertama saja. 
  1. Silahkan sobat cari menu Registry Editor sobat bisa mencarinya seperti cara sebelumnya.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  2. Lalu windows akan menampilkan deretan folder dan file, silahkan sobat cari PowerDownAfterShutdown yang lokasinya terdapat di HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon, semangat ya mencarinya????.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  3. Setelah sobat menemukannya silahkan klik 2 kali nama filenya, maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, silahkan coba sobat ganti pada bagian value menjadi 0 ke 1 ataupun sebalikanya, klik OK untuk menyimpannya.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

Setelah menerapkan salah satu dari kedua cara diatas sobat bisa merestart komputer untuk membuktikan apakah solusinya berhasil atau tidak, jikapun tidak berhasil saya mohon maaf karena menurut pengalaman dan artikel lain di internet 2 cara diatas cukup efektif untuk mengatasi windows yang hidup lagi setelah shutdown, jika ada pertanyaan atau ada cara lain yang lebih mudah yang sobat ingin sampaikan silahkan berkomentar ya. Sampai jumpa, terima kasih.

30 komentar:

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat,teruslah berbagi untuk org yg membutuhkan....smg sebagai amal diakhirat kelak...

    BalasHapus
  2. Infonya berguna banget. Trimakasih

    BalasHapus
  3. Ko laptop saya tetap tidak bisa di shutdown setelah mengukuti langkah-langkah di atas, ada cara lain tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga padahal sudah saya hilangkan centang nya tetapi masih menyala sendiri

      Hapus
    2. Pernah juga gini udah melakukan berbagai cara tetep aja gak bisa akhir nya di servis dan harus genti keyboard tapi setelah 9 bulan kembali lagi gak bisa di shurdown

      Hapus
  4. Terima kasih atas ilmunya πŸ‘.

    BalasHapus
  5. terimakasih,ilmunya sangat bermanfaat bgt, ngikutin cara pertama langsung bisa di shutdown

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak, ilmunya bermanfaat yang tadinya saya mau ke konter nggak jadi

    BalasHapus
  7. Terima kasih... Sangat membantu...
    Semoga sukses selalu. πŸ‘

    BalasHapus
  8. Terima kasih berhasil gan , sukses terus yaa

    BalasHapus
  9. Kak mau nanya, klo saya setelah update shutdown malah tdk bisa nyala, gmn ya? Terimakasih

    BalasHapus
  10. Mohon maaf dengan menggunakan 2 cara tersebut, laptop saya masih berlum bisa teratasi. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Terima kasih sdh berbagi ilmunya. It's work

    BalasHapus
  12. Terimakasih. Sudah berhasil dengan cara pertama

    BalasHapus
  13. Komputer kembali nyala setelah shutdown, mengkhawatirkan. Ini terjadi setelah komputer diupgrade ke windows 10 lalu terkena air dari kedatangan angin kencang. Shutdown belum berhasil setelah mencoba cara pertama.
    Lalu mencoba cara kedua, komputer berhasil shutdown dan tidak kembali nyala secara langsung otomatis seperti sebelumnya. Saya nyalakan komputer dan saya coba lagi untuk shutdown, sekedar meyakinkan. Benar berhasil.
    Bersyukur setelah cara pertama dan cara kedua saya terapkan.
    Tapi beberapa menit kemudian, komputer nyala lagi tanpa saya sadari. Keadaan masih dicharge. Mengapa ya?
    Terima kasih artikelnya... Semoga tetap sehat dan terus bermanfaat, berkah selalu.

    BalasHapus
  14. Terima kasih baru saya coba langsung sukses

    BalasHapus
  15. Mantap langsung mudah matikan
    Terima kasih

    BalasHapus
  16. Puji Tuhan, terimakasih kak. Laptop saya bisa kembali normal.

    BalasHapus
  17. wah berguna sekali tipsnya! works on my laptop! saya gak perlu ke tukang servis dan keluarin duit! makasih

    BalasHapus
  18. π™ΊπšŽπš›πšŽπš— πš‹πšŠπš—πš, πš–πšŠπš—πš“πšžπš› πšπš’ πš”πš˜πš–πš™πšžπšπšŽπš› 𝚜𝚊𝚒𝚊 πš‹πšŠπš—πš. πšƒπš‘πšŠπš—πš” 𝚒𝚘𝚞

    BalasHapus
  19. makasih bang, di laptop saya bisaaaa makasi banyakk

    BalasHapus
  20. Masalah ini memang menjengkelkan saya pake command shutdown -s -t 00 sampe bikin file batnya, mau coba peraktek ilmu dari blog ini

    BalasHapus
  21. Terima Kasih ilmunya...

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.