2 Cara Mengatasi Komputer Hidup Lagi Setelah di Shutdown

2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

Haloo sobat sekalian, pasti sudah tahu kan di artikel ini akan membahas apa, Kalau sudah tahu sebelum ke inti tutorialnya saya akan bercerita dengan pengalaman saya dengan permasalahan ini terlebih dahulu, mungkin ga penting bagi sobat, tetapi cukup penting bagi saya agar artikel ini mudah dicari di pencarian google.

Dulu saat saya mempunyai laptop yang menggunakan windows 10 terjadi hal yang menyebalkan seperti judul artikel ini yaitu windows nya bisa nyala lagi ketika disudah di shutdown, sempat juga saya kebingungan dengan hal ini takutnya laptop saya ini rusak, apalagi dulu masih gaptek-gapteknya masalah komputer.

Jadi gejalanya setelah komputer dimatikan indikator power on masih hidup, tetapi layar dan kipas sudah mati saya ketik-ketik keyboardnya, ehh komputernya kok malah hidup lagi, dan jika laptop dalam keadaan tertutup dan dibuka maka windows akan menyalakannya otomatis, mirip sih sama fitur sleep tetapi ada bedanya dan bedanya tersebut saya lupa apa😂.

Waktu itu masalah ini sangat menjengkelkan, karena saya rasa membuat boros baterai dan khawatir laptop jadi rusak, setelah cari sana sini saya menemukan jawabannya yaitu fitur terbaru fast start-up windows yang teraktifkan secara default, fitur ini berguna agar tidak lama saat memulai komputer  mungkin sangat membantu bagi yang masih pakai penyimpanan hardisk, kalau pake ssd ga usah pakai lah ya (udak cepat juga bootingnya).

Untuk laptop yang saya pakai sekarang ini walaupun dihidupkan fast start-up tidak lagi menimbulkan masalah seperti dulu, sekarang harus ditekan tombol power dulu barulah bisa menyala, saya kira hal yang terjadi dulu karena masih ada bug, apalagi pada zaman itu ini merupakan fitur baru yang baru saja diluncurkan.

Tetapi masalah lainnya timbul saat saya mencoba menggunakan dualboot linux, yaitu saat linux ingin mengakses hardisk terdapat peringatan error, sehingga hardisk tidak bisa dibuka. Setelah saya teliti ternyata windows masih menggunakan hardisk untuk menjalankan fitur fast start-up jadi linux tidak bisa mengaksesnya, karena saya cukup sering pindah-pindah sistem operasi, akhirnya saya matikan saja fitur fast start-upnya.

Begitulah latar belakangnya, sayapun menyarankan sobat juga untuk mematikan fast start-up, jikapun ingin cepat booting silahkan langsung saja ganti perangkat penyimpanan ke SSD yang terbukti 10++ kali lebih cepat daripada hardisk,  karena menurut saya windows pakai SSD lebih aman dan nyaman.



Oke Sudah cukup panjang cerita-ceritanya, dibawah ini saya akan menjelaskan 2 cara mengatasi windows yang hidup lagi setelah shutdown.

1. Setting Power Options (Mematikan fast start-up)

  1. Silahkan sobat cari menu power & sleep di pencarian aplikasi di windows.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  2. Setelah sobat mendapatkan dan sudah membukanya, cari tulisan additional power setting di paling bawah, lalu sobat klik tulisan tersebut.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  3. Tindakan itu akan membuka jendela baru seperti gambar dibawah ini, klik tulisan choose what the power yang sudah saya kotakin merah.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  4. Setelah itu akan terbuka jendela baru lagi seperti gambar dibawah ini, disini sudah terlihat menu turn on fast start-up yang masih tercentang, tujuan kita adalah menghilangkannya centang tersebut, sebelum menghilangkannya untuk membuatnya bisa di klik silahkan klik tulisan change settings that are currently unavalaible.
    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  5. Sekarang sobat sudah bisa mengklik dan menghilangkan centangnya, silahkan simpan pengaturan dengan klik tombol save changes.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

2. Edit Registry

Cara kedua ini sebenarnya saya dapat dari artikel lain di internet, dan dari komentarnya ada yang berhasil dengan cara ini, jadi tidak ada salahnya saya juga mencantumkannya di artikle kali ini. Namun karena saya tidak pernah mencobanya secara langsung, saya tidak merekomendasikan cara kedua ini, saya lebih menyarankan sobat menggunakan cara pertama saja. 
  1. Silahkan sobat cari menu Registry Editor sobat bisa mencarinya seperti cara sebelumnya.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  2. Lalu windows akan deretan folder dari file, silahkan sobat cari PowerDownAfterShutdown yang lokasinya terdapat di HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon, semangat ya mencarinya😁.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

  3. Setelah sobat menemukannya silahkan klik 2 kali nama filenya, maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, silahkan coba sobat ganti pada bagian value menjadi 0 ke 1 ataupun sebalikanya, klik OK untuk menyimpannya.

    2 Cara Mengatasi Windows Hidup Lagi Saat Sudah di Shutdown

Setelah menerapkan salah satu dari kedua cara diatas sobat bisa merestart komputer untuk membuktikan apakah solusinya berhasil atau tidak, jikapun tidak berhasil saya mohon maaf karena menurut pengalaman dan artikel lain di internet 2 cara diatas cukup efektif untuk mengatasi windows yang hidup lagi setelah shutdown, jika ada pertanyaan atau ada cara lain yang lebih mudah yang sobat ingin sampaikan silahkan berkomentar ya. Sampai jumpa, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.