Cara Mengirim Email Otomatis ke Banyak Alamat dengan PHP

Cara Mengirim Email Otomatis ke Banyak Alamat dengan PHP

Haloo teman teman kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana mengirim email kebanyak email dengan php, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel Cara Mudah Membuat PHP Bisa Mengirim Email Secara Otomatis.

Disana kita sudah bisa melakukan pengirim email, tetapi hanya ke satu email saja, tetapi bagaimana kalau ingin mengirim pesan kebanyak email, yang biasanya digunakan untuk mengirim pesan email promosi contohnya, maka dari itu kita akan membahasnya diartikel kali ini. 

Sebelum sobat melanjutkan membaca saya  sarankan sobat baca dulu artikel pertama yang sudah saya cantumkan diatas, karena ada bagian yang tidak saya jelaskan lagi di artikel ini.

Disini saya menggunakan database mySQL dengan  bantuan phpMyAdmin, untuk panduan membuat database di cPanel sobat bisa membacanya diartikel Cara Membuat Database MySQL di Hosting cPanel.

Cara Mengirim Email Otomatis ke Banyak Alamat dengan PHP


Langsung saja, untuk tutorial kali ini silahkan sobat buat struktur databasenya seperti gambar diatas dan isi data-datanya sesuai dengan keinginan. Setelah pembuatan database dan pengisian data selesai saatnya membuat script, isi scriptnya kurang lebih sama saja seperti tutorial pada artikel sebelumnya, tetapi ada sedikit tambahan yaitu script untuk membaca database. Script lengkapnya bisa sobat lihat dibawah ini.

Penjelasan tentang kegunaan masing-masing baris kodenya bisa sobat baca langsung di komentar setiap barisnya, jadi saya tidak akan jelaskan lagi disini. Setelah  script tersebut dijalankan di server, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengirim Email Otomatis ke Banyak Alamat dengan PHP

Dari tampilan diatas  respon server menunjukkan bahwa email berhasil terkirim sebanyak 3 kali, tentunya dengan script diatas sekarang kita bisa mengirim email ke banyak email sekaligus sesuai banyak baris data yang ada didatabase. Di bawah ini saya juga menyertakan screenshot pemberitahuan email sebagai bukti bahwa email tersebut benar-benar terkirim.

Cara Mengirim Email Otomatis ke Banyak Alamat dengan PHP

Oke begitu saja tutorial mengenai mengirim email kebanyak alamat, jika ada yang sobat bingungkan karena penjelsaannya kurang lengkap, jangan sungkan untuk bertanya di komentar ya, semoga bermanfaat sampai ketemu di artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.