Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sinkron / Pas di VLC

Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

Diartikel ini saya ingin berbagi informasi yang mungkin saja berguna bagi sobat sekalian, yaitu bagaimana mengatasi video yang tidak selaras dengan audio saat video sedang diputar, entah audionya terlalu cepat atau audionya ke tinggalan, biasanya sih saya temukan di video-video jadul, rekaman tv yang saya temukan di youtube, walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada video yang diproduksi sekarang ini.

Untuk mengatasi hal tersebut cara sulitnya sobat bisa mengeditnya di aplikasi editor seperti kdenlive dan openshot, tetapi pada artikel ini saya akan membagikan cara mudahnya yaitu dengan menggunakan vlc media player, sangat membantu bagi yang ingin cepat saja, tetapi sayangnya tidak bersifat permanen.
Bagi yang penasaran caranya seperti apa ? bisa lanjut baca penjelasannya dibawah ini, karena saya juga baru tahu ada fitur ini setelah menggunakan vlc 5 tahun lebih. Dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana penggunaan audio delay di komputer dan android.

VLC Desktop Komputer

  1. Ada 2 cara untuk melakukannya, cara pertama adalah saat sedang membuka video sobat bisa pergi ke tools > Effects and Filters.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

  2. Setelah itu pergi Synchronization dan atur berapa detik waktu perlambatan audio yang diinginkan, sobat bisa mengaturnya dari yang terendah -100 detik dan tertinggi 100 detik, jika memberikan angka minus maka audio akan lebih cepat diputar dari videonya sedangkan jika positif audio akan diputar lebih lambat dari videonya, setelah selesai tinggal di close aja sih dan lihat hasilnya.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

  3. Cara kedua dan yang paling direkomendasikan adalah dengan tombol keyboard saja yaitu dengan tombol J dan K, tombol J untuk mempercepat audio dan tombol K untuk memperlambat audio, dan setelah saya coba, selain lebih praktis ada kelebihan lain saat menggunakan cara ini karena kita bisa bisa melewati batas angka -100 detik dan 100 detik yang ada pada cara pertama.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

VLC Android

  1. Untuk vlc for andorid sobat bisa melakukannya dengan mudah, caranya saat memutar video sobat klik menu yang ditunjuk panah putih seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

  2. Lalu akan muncul kumpulan menu dan pilih menu yang gambarnya hampir mirip gambarnya seperti tadi, tetapi ada panah dikiri kanannya, yang jika kita lihat pada gambar dibawah posisinya diatas tulisan 50ms.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC

  3. Nah nanti akan muncul tombol plus minus seperti gambar dibawah, tinggal di sesuaikan deh berapa detik delaynya.

    Cara Mengatasi Audio Video Tidak Sikron / Pas di VLC
Itulah sedikit tips atau informasi bagi sobat yang terkendala dengan audio yang tidak pas saat memutar video, khususnya yang menggunakan VLC untuk memutar videonya, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian, sampai ketemu diartikel lainnya, jangan lupa komentar ya, walaupun sekedar basa -  basi aja gitu hehehe, Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.