Download Ebook Materi Jaringan Komputer Teknik Informatika

Download Ebook Materi Jaringan Komputer Teknik Informatika

Sudah lama sekali sejak saya lulus dari universitas, tetapi dari sekian banyak materi pelajaran kuliah yang dibagikan ternyata masih banyak sisanya yang belum saya bagikan, salah satunya adalah materi kuliah tentang jaringan komputer.

Kalau saya ingat dulu, kuliah jaringan komputer ini dipelajari pada semster 4 perkuliahan, dimana yang perlu sobat tahu semester 4 adalah puncak dari segala kesibukan selama kuliah (hampir sama dengan skripsi atau bisa dianggap latihan skripsi deh), karena biasanya bagi mahasiswa yang ingin lulus cepat akan mengambil semua SKS nya disemeser ini, kalau saya dulu sepertinya mengambil 22SKS.

Pemograman web, mikrocontroller, dan jaringan komputer adalah mata kuliah yang pada saat semester 4 saya temui, tugas - tugas dari 3 matakuliah ini membuat saya dan teman - teman menjadi super sibuk dibuatnya karena berkaitan dengan masalah teknis yaitu kode - kode rumit.

Pada mata kuliah jaringan komputer kami diminta membuat tugas akhir untuk menghubungkan minimal 5 komputer menjadi sebuah jaringan client server, kesalnya lagi dosennya cuman menyuruh dan tidak memberikan tutorial apapun, karena itu kami berlima kalang kabut dibuatnya dan mulai mencari tutorial di internet.

Masih ingat deadline pengumpulan tugas jaringan komputer adalah bulan ramadhan dan kami tidak bisa mengerjakan teknisnya sampai deadline tinggal 1 hari, akhirnya pada malam sebelum deadline dari setelah tarawih kami mulai untuk mengerjakannya, malam semakin larut tapi tugas jaringan ini belum saja selesai.

Dibawah ini adalah foto asli saat mengerjakan tugasnya, itu dibelakang ada teman saya yang ga kuat lagi sampai ketiduran.

Download Ebook Materi Jaringan Komputer Teknik Informatika

Tetapi the power of kepepet itu ternyata terbukti, karena pada akhirnya kami bisa menghubungkan 5 komputer beserta nama domainnya menjadi client server yang berarti tugas akhir jaringan komputer ini pun bisa selesai sebelum sahur dan bisa dikumpulkan siangnya nanti.

Download Ebook Materi Jaringan Komputer Teknik Informatika

Itulah cerita tentang bagaimana saya menghadapi kerasnya kuliah disemester 4, khususnya pada mata kuliah jaringan komputer. Cerita diatas saja terasa cukup memusingkan apalagi ditambah mata kuliah pemograman web dan mikrocontroller, tetapi semua itu perlu disyukuri karena sudah bisa terlewati, dan beberapa ilmu yang saya dapatkan di semester 4 masih bermanfaat sampai sekarang ini.


Sepertinya sudah kepanjangan ceritanya, sebaiknya saya akhiri saja, untuk link download materi ebook jaringan komputer bisa sobat klik dibawah ini.

2 komentar:

  1. cocok sekali untuk saya yg mau masuk smt 3 dan ada matkul ini

    bolehlah mampir ke situs kami https://www.anbidev.com/

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.