Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Halo halo sekarang ini saya akan mereview monitor LG 24MK600 yang sudah lumayan lama saya beli sekitar akhir desember 2018,  LG 24MK600 adalah monitor yang bisa dibilang monitor sejuta umat karena banyak sekali saya melihat penampakan monitor ini saat menonton youtube lihat story instagram, atau postingan facebook saat memperlihatkan desain komputernya.

Kepopuleran monitor LG 24MK600 ini saya duga karena harganya yang cukup murah dengan fitur yang disajikan, saya lihat di marketplace harganya sekarang sekitar 1.8 jutaan untuk yang ukuran 23.8 inchi, kurang 100-200 ribu jika dibandingkan pada waktu saya beli dulu. Karena hal itu pula maka banyak youtuber/reviewer yang mereview dan merekomendasikan monitor ini untuk orang-orang yang mau hemat duit. Salah satu review yang saya lihat pertama kali adalah review dari jagat review dan gaptech id, isi reviewnya semuanya kebanyakan tentang pujian.


Nah sebelum saya mereview LG 24MK600 sebaiknya saya cerita-cerita dulu nih tentang proses pembeliannya (manjang-manjangin artikel biar bisa di search di google😅). Saat itu saya kuliah di semester 7 dan alhamdulillah ada rezeki yang cukup banyak, anak muda dapat rezeki kan jadinya pengen shopping,

karena saya anak IT dan kebanyakan kerja saya didepan komputer maka kepikiranlah untuk beli monitor saat itu (kebetulan beberapa bulan lalu sudah ngincer  monitor LG 24MK600 ini), tetapi permasalahnnya saya sudah semester akhir dan saya kuliah nan jauh di pulau jawa sedangkan rumah asli saya ada di seberang pulau kalimantan.

Masalahnya adalah saya jadi dilema kemana saya menaruh monitornya, kalau di jawa males angkut-angkut kalau sudah lulus nanti, dan kalau dikalimantan takut saat pengiriman terjadi kerusakan karena kejauhan dan pada akhirnya ga bisa dipakai langsung juga karena saya masih di jawa (Btw saya belinya di jakarta secara online). Tetapi setelah berdikusi dengan cs toko online yang memastikan pengiriman aman maka saya pun memberanikan diri dan memutuskan mengirim monitor LG 24MK600 ini kekalimantan.

Setelah barang sampai, ternyata hal yang saya takutkan tidak terjadi, karena setelah sampai dan di uji coba di kalimantan monitor LG 24MK600 berjalan normal, dan tidak ada kerusakan. Saya seneng dong dengar kabar tersebut, sampai 2 bulan berlalu akhirnya saya bisa pulang ke kalimantan dan mencoba sendiri monitor LG 24MK600 ini.

Sebelum mencoba saya melihat-lihat kelengkapan yang tersedia, untuk itu saya mencari kardus  monitornya terlebih dahulu, alahkah terkejutnya saya ternyata kardusnya penyok-penyok di sudut-sudutnya, ini sih kalau monitornya bagus karena faktor keberuntungan aja, syukurlah monitornya baik baik saja, jadi untuk sobat yang ingin mengirim barang rentan rusak ke luar pulau harus di pikirkan matang-matang ya.

Setelah itu saya mencobanya dengan mencolokkan LG 24MK600 ke laptop saya dan mencoba bermain beberapa game, ternyata berjalan cukup lancar padahal resolusinya meningkat dari 768p menjadi 1080p yang mengartikan kartu grafis laptop harus merender gamenya lebih berat (kartu garfis saya Nvidia MX150), tetapi masih bisa dijalankan, saya merasa tidak rugi membeli monitor ini.

Ada beberapa mode tampilan yang bisa dipilih monitor LG 24MK600 ini yaitu mode reader, photo cinema, color weakness, game, dan sisanya adalah custom yang bisa sobat atur sesuka hati untuk lebih jelasnya akan di dijelaskan dibawah ini.

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Perlu sobat ketahui bahwa untuk masuk ke menu kita hanya menggunakan satu tombol analog yaang berada persis dibawah logo LG, tombol analog ini bisa di geser kiri, kanan, atas, bawah, dan juga bisa ditekan. Tampilan diatas saya dapatkan saat memilih menu picture mode, jika sobat membelinya bisa otak-atik sendiri deh tombol analognya, yakin pasti bisa soalnya gampang banget.

Dibawah ini adalah merupakan berbandingan berbagai mode yang di sediakan, walaupun foto diambil menggunakan kamera hp yang saya tidak yakin 100% akurat, tetapi saya tetap menampilkannya di artikel ini karena review ini saya kira jarang di sentuh oleh reviewer monitor LG 24MK600 ini,


Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Mode Reader : adalah mode layar untuk membaca, layar akan keliatan kekuningan seperti senja di sore hari, untuk mode membaca ini entah mengapa mata saya kurang cocok nanti deh saya jelaskan lebih lengkap dibawah.

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Mode Photo : ya pastinya cocok untuk foto warna lebih keliatan, dan menjadikan pengeditan menjadi lebih akurat, saya ga bisa jelasin banyak karena bukan photographer.


Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Mode Cinema : cocok untuk menonton film, untuk karakter warnanya sama seperti reader cuman lebih diturunkan tingkat kekuningannya.

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Mode Color Weakness : Ini mode yang saya tidak tau kegunaanya untuk apa, bisa lihat dari gambar diatas warnanya jadi aneh bagian yang aslinya warna coklat jadi merah mudah, siapa sih yang perlu mode ini ?

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Mode Game : mode yang biasanya saya pake untuk ngegame karakter warnanya menurut pandangan saya persis seperti mode photo ga ada bedanya.

Lanjut ke bagian opini saya pribadi tentang monitor LG 24MK600 ini, semuanya bagus saat pandangan pertama sampai saat saya mencoba untuk coding, dan memang pandangan menjadi lebih luas dan memudahkan merangkain kode demi kode program, tetapi setelah sekitar kurang lebih 3 jam menatap komputer kepala saya sedikit pusing, istirahatlah saya dan pusing pun hilang, lanjut lagi pusingnya pun kambuh lagi.

Karena itu selanjutnya saya beralih dari mode custom default menjadi mode reader dan hasilnya sama saja, lalu beralih lagi ke custom dengan sedikit modifikasi menjadi lebih kuning sedikit dan brigness menjadi 0, pusingnya pun perlahan mulai teratasi. Saya menduga bahwa penyebab pusing itu karena cahaya monitor ini terlalu terang, padahal laptop saya yang resolusinya kecil 768p tidak menyebabkan rasa pusing walau dipakai dalam waktu lama, untuk perbandingan kecerahan monitor laptop dan LG 24MK600 yang di setting ke kecerahan yang paling minimum bisa dilihat di bawah ini.

Review Monitor LG 24MK600 yang Bikin Mata ... ?

Dari gambar diatas terlihat bahwa terjadi ketimpangan kecerahan yang cukup jauh antara monitor laptop dengan monitor LG 24MK600, saya sempat juga post di facebook tentang masalah tersebut tetapi malah di ejeken ga cocok pake monitor mahal, iya sih mungkin mata saya aja yang terlalu lemah😂. Selain satu masalah diatas tidak ada masalah lain yang mengganggu, untuk masalah screen blending atau layar bocor yang sering di alami oleh monitor ips pun saya lihat di monitor saya tidak terjadi.

Walaupun begitu saya masih mengakui bahwa ada beberapa kasus pada model monitor LG 24MK600 yang di post di facebook mengalami masalah kebocoran layar yang cukup parah, tapi saya yakin pasti jarang banget produk gagal seperti itu, kalau ada kan bisa digaransikan juga.

Ada review tambahan lagi nih, jadi selama menunggu kepulangan saya kekalimnatan, ayah saya memodifikasi monitor LG 24MK600 ini menjadi TV, ya monitor ini mendukung siaran TV, tetapi dengan alat pendukung tambahan pastinya yang harus dibeli lagi, alat yang ayah saya pakai antara lain adalah TV tuner merek gadmei dan speaker (monitor LG 24MK600 tidak punya speaker internal), dengan penambahan biaya sebanyak 400 ribu mungkin sobat masih tertarik untuk menonton TV di monitor ini.

Seperti itu saja review yang sederhana ini, maaf tidak terlalu lengkap karena saya rasa artikel ini hanya tambahan saja dari banyak review monitor LG 24MK600, jadi untuk penjelasan spesifikasi lengkap dan keunggulan monitor LG 24MK600 ini bisa sobat lihat pada review video-video dibawah ini atau lainnya, cukup sekian sampai jumpa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.