Review SSD WD Green vs VGen Turbo M.2 Sata, Mana Yang Terbaik ?

Review SSD WD Green vs VGEN Turbo M.2 Sata

Beberapa waktu lalu saya baru saja membeli SSD VGEN 1TB untuk mengupgrade SSD lama saya yang ukurannya 240GB, tetapi sebelum SSD 240GB saya jual ada baiknya saya buatkan perbandingan dulu antara SSD VGen dengan WD Green, jadi bisa sedikit membantu bagi sobat yang sedang ingin membeli SSD. Pada artikel sebelumnya terdapat sedikit kendala dimana SSD VGen yang saya beli terdapat cacat pabrik sehingga harus dikembalikan lagi ketokonya, bagi yang ingin membaca artikel selengkapnya bisa berkunjung ke link berikut Pengalaman Klaim Garansi SSD VGen di Service Center.

Pada artikel ini kita akan melakukan pengujian pada masing-masing SSD dengan menggunakan software bechmark CrystalDiskMark, dengan 2 kali percobaan. Sebenarnya dari spesifikasi sudah berbeda dimana WD Green hanya berukuran 240GB sedangkan VGen berukuran 1TB, mohon maklum ini adalah review apa adanya, walaupun saya sempat ragu dengan kebenaran pengujian ini, tetapi setelah di coba ternyata hasil yang didapatkan memang sesuai yang dijanjikan.


Gambar dibawah ini adalah hasil pengujian dari WD Green 240GB, dari hasil percobaan sebanyak 2 kali di dapat hasil yang cukup konsisten.

Review SSD WD Green vs VGEN Turbo M.2 Sata

Dan selanjutnya adalah hasil pengujian dari VGen 1TB, sama saja hasilnya cukup konsisten walau ada penurunan sedikit pada kecepatan penulisan maksimalnya.

Review SSD WD Green vs VGEN Turbo M.2 Sata

Jika angka-angka bechmark diatas saling dibandingkan, SSD WD Green kalah telak dan dimenangkan oleh SSD VGen, jika ada yang berpendapat bahwa perbandingan diatas tidak adil karena kapasitasnya berbeda, menurut saya mungkin benar mungkin salah. 

Sekarang kita akan membahas salahnya dulu, setelah saya perhatikan lebih detail ternyata kedua SSD ini menggunakan chipset controller dari produsen yang sama yaitu dari silicon motion, namun dengan model yang berbeda. SSD WD Green menggunakan model SM2258XT.

Review SSD WD Green vs VGEN Turbo M.2 Sata

Sedangkan SSD VGen Turbo menggunakan SM2259XT, yang bisa sobat lihat pada 2 gambar diatas dan dibawah ini. Untuk SSD VGen Turbo karena ketutupan hologram yang tidak bisa saya singkirkan akhirnya saya menebak saja dengan seyakin-yakinnya bahwa tulisan di chipsetnya adalah SM2259XT.

Review SSD WD Green vs VGEN Turbo M.2 Sata

Jika kedua chipset tersebut di cari di internet/google didapat 2 dokumen yang menjelaskan spesifikasi yang di sediakan oleh website resminya.


Dari kedua dokumen tersebut didapat kesimpulan bawah chipset controller SM2258XT memiliki kecepatan baca 540MB/s dan tulis 450MB/s dan chipset controller SM2259XT memiliki kecepatan baca 560MB/s dan tulis 520MB/s. Jadi sudah jelas chipset controller yang ada di SSD VGen adalah sebab kenapa SSD VGen lebih unggul dibanding WD Green, bukan karena kapasitasnya yang lebih besar.

Selanjutnya kita akan membahas mungkin benar bagi yang berpendapat bahwa perbandingan 2 SSD ini tidak adil, ini karena SSD WD Green adalah seri terendah dari SSD milik WD yang dipasaran saat ini hanya tersedia kapasitas 120GB dan maksimal 240GB, sedangkan untuk kapasitas 500GB dan 1TB di isi oleh seri diatasnya yaitu WD Blue yang mungkin memiliki chipset setara atau mungkin lebih baik dari VGen yang kita ujikan sekarang, jadi seharusnya yang benar adalah membandingkan SSD VGen Turbo dengan SSD WD Blue bukan WD Green. Cukup sekian artikel ini saya tulis, sampai jumpa di artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.