Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Postingan yang sudah lama tidak hadir sekarang saya tulis kembali, sudah lama tulisan ini saya tulis tapi belum saya publikasikan. Masih berkaitan dengan urusan skripsi yang saya lalui beberapa waktu lalu, ada suatu persoalan yang mungkin sedikit merepotkan yaitu soal scan-mescan dokumen untuk pembuatan laporan skripsi. Dimana dokumen yang di scan adalah dokumen yang memiliki tulisan atau tanda tangan yang tidak di print dengan tinta.

Tentu saja persoalan scan dokumen tidak akan menjadi masalah jika sobat mempunyai mesin scan, tetapi menjadi masalah jika tidak punya mesin scan seperti saya. Solusi praktisnya tentu saja saya bisa menggunakan jasa scan dengan tarif di kota malang sekitar Rp 1000 perlembar (kata teman saya). Untuk itulah saya mencari cara lain untuk menscan dokumen dengan cara yang lebih murah dan cepat yaitu dengan menggunakan kecanggihan kamera smartphone android yang semakin haris semakin cangging sekarang ini.


Untuk mewujudkankan hal tersebut sobat bisa langsung foto dengan aplikasi kamera bawaan tetapi di tutorial kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat hasil scan kamera menjadi lebih baik lagi (mirip dengan hasil scan dengan alat yang asli), untuk itu saya perlu bantuan aplikasi scan khusus selain aplikasi kamera bawaan yaitu Office Lens, daripada berlama-lama langsung saja sobat ikuti tutorialnya dibawah ini.

Pertama-tama silahkan sobat download aplikasi scanner dokumen di android, disini saya akan menggunakan Office Lens. Tentu saja sobat bisa menggunakan aplikasi scanner lain yang sobat sukai. Setelah itu buka aplikasi scanner dan scan/foto dokumennya, saya rekomendasikan untuk memfotonya di siang hari terik tapi tidak terkena matahari langsung, agar hasil fotonya bagus nantinya.


Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Selanjutnya jika di rasa hasil jepretan kamera sudah bagus, sobat bisa menyimpannya ke dalam bentuk gambar (bukan pdf atau lainnya). Karena kita akan melakukan pengeditan lagi agar hasilnya mirip dengan hasil scan alat scanner asli.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Seperti yang bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini hasil scannya masih terlihat seperti foto, masih ada bayang-bayang terang gelap dan warna kertasnya tidak putih bersih.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Yang kita lakukan sekarang adalah mengedit gambar tersebut untuk di sempurnakan lagi, sobat tidak perlu menginstall software apapun karena alat yang kita gunakan untuk mengedit hasil scan diatas adalah software yang bisa di akses secara online tanpa harus menginstallnya (Walaupun masih butuh browser internet sih), untuk menggunakan alat tersebut silahkan sobat akses web PineTools tepatnya di bagian menu brightness and contrast.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Silahkan pilih gambar seperti yang di tunjukkan panah pada gambar di atas.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Maka setelah itu website akan menampilkan preview gambar dan silahkan sobat atur brightness nya ke 100, ini bertujuan untuk mengedit gambar agar mempunyai kecerahan yang maksimal. Jangan lupa setelah itu klik tombol adjust yang berwarna hijau di bagian bawah.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Silahkan download  gambar dengan berbagai format yang disediakan, untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat seperti yang di tunjukkan panah pada gambar di atas. Selesai sudah proses pengeditannya, gampang kan? hasil dari pengeditan di atas di tunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Murah dan Mudah Scan Dokumen Pakai Smarphone

Sangat bersih kan warna kertasnya dan hebatnya lagi tulisannya masih terlihat jelas, tentu saja tidak kalah dengan hasil scan mesin aslinya, tetapi jika sobat perhatikan di pinggir-pinggirnya masih ada garis-garis hitam,  bagian garis hitam itu adalah background dari kertas, yaitu berupa lantai karena kertasnya saya taruh di lantai. Untuk mengatasina sobat tingaal mengeditnya lagi dengan cara di crop atau cara lainnya. Cukup sekian tutorial bagaimana scan dokumen dengan smartphone, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.