Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Halo teman-teman di artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara membongkar laptop yang aman, artikel ini di latar belakangi oleh pengalaman sendiri, dimana saya ingin membongkar laptop untuk menambah ram, ssd, dan ganti thermal paste. Ganti ram dan ssd lancar-lancar saja, tetapi setelah saya mau ganti thermal paste ada suatu insiden yang membuat saya cukup menyesal sampai saat ini.


Baut laptop nya ada yang dol, sehingga processor laptop tidak bisa di buka, sudah di upayakan berbagai cara tetapi masih belum berhasil salah satu cara yang paling ekstrem adalah menggergaji baut agar menjadi obeng min, tetapi berakhir kerusakan baut makin parah. Akhirnya di buatlah artikel ini agar sobat tidak mengalami hal yang sama dengan saya, berikut saya akan berbagi tips bagaimana membongkar laptop yang aman.

Pastikan Tidak Membatalkan Garansi
Tips pertama adalah pastikan laptop sobat jika di bongkar tidak membatalkan garansi, saya sempat was-was saat ingin membongkar laptop untuk upgrade RAM dan SSD tetapi masih ada sticker segel di penutupnya akhirnya solusinya cabut aja stickernya dan ajaibnya berhasil tanpa menibulkan kerusakan yang berarti.

Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Walaupun sepertinya setelah di konfirmasi ke acernya, merusak segel tidak akan membatalkan garansi tetapi paling tidak saya sudah sedia payung sebelum hujan. Jika laptop sobat sudah habis masa garansinya tentunya tidak perlu khawatir lagi langsung saja eksekusi.

Cari Tutorial Di Internet



Tips kedua adalah melihat-lihat tutorial di internet terlebih dahulu, entah itu dari blog ataupun youtube. Kalau saya sih enaknya di youtube saja, silahkan cari dengan kata kunci bongkar atau assembly dan tambahkan tipe model laptop sobat misalnya "assembly laptop e5 476g".

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sobat membongkar bagian laptop yang tepat, bagaimana cara membongkarnya, dimana lokasi komponen yang ingin kita bongkar dan lainnya. Meskipun tidak semua model laptop bisa di cari di youtube, tetapi untuk laptop-laptop baru sepertinya sudah tersedia dan channel-channel bongkar-bongkar mulai banyak bermunculan di youtube.

Gunakan Obeng Yang Sangat Cocok
Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Kesalahan saya dulu berada disini karena tidak menggunakan obeng yang sesuai dengan ukuran baut yang ada, akibatnnya baut laptop saya ada yang rusak sehingga tidak bisa di buka lagi. Sesuai judul artikel ini disini saya menyesal kenapa tidak membeli baut yang sesuai terlebih dahulu. Selain faktor ukuran obeng tidak sesuai, ada juga faktor kualitas obeng yang saya gunakan, saya membeli obeng set seperti gambar di bawah ini.

Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !
Dengan harga Rp 15.000, obeng diatas berfungsi baik ketika berhadapan dengan baut-baut yang besar tetapi untuk baut-baut yang kecil obeng diatas tidak berfungsi dengan baik dan malahan bisa merusak, jadi jika sobat ingin membongkar laptop atau smartphone yang memilik baut relatif kecil sebaiknya jangan menggunakan obeng diatas karena baut smartphone dan laptop saya sudah jadi korban, belilah yang agak mahal tetapi terjamin.

Setelah bautnya rusak saya memutuskan membeli obeng yang baru yang bisa sobat lihat pada gambar obeng paling  atas (obeng sarung hitam) merek obengnya adalah obeng orico ST1, obengnya sangat bagus dan portable dengan harga Rp 100.000.


Bahkan setelah saya uji coba ke smartphone yang mempunyai baut dol karena obeng sebelumnya akhirnya bautnya berhasil diangkat dan saya ganti dengan baut yang baru, tetapi saat di coba ke laptop tetap tidak bisa, walaupun begitu bukan berarti obengnya jelek ya memang baut laptop yang dol tersebut sudah parah, sepertinya saya harus menyerahkannya ke tukang service.

Jangan Paksa, Jika Belum Pasti
Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Janganlah paksa sesuatu yang belum pasti, berbeda dengan teknisi komputer kita masih belum mempunyai insting untuk bongkar membongkar, jangalah cabut sesuatu yang sobat masih ragu apakah komponen ini bisa di cabut. Kembali ke tips pertama sebaiknya sobat lihat dulu tutorial cara membongkarnya.

Saya sendiri ada beberapa komponen yang dulu ragu untuk mencabutnya, dimana saat itu untuk mencabutnya memerlukan tenaga yang lebih. Jadi aya ragu ini ada baut lagi atau ga ya ? kalau di kerasin lagi patah ga ya ? dan pertanyaan keraguan lainnya, tetapi setelah melihat dengan teliti di internet saya pun memastikan dan memberanikan diri untuk mencabutnya dan ternyata berhasil.

Mending ke Tempat Service
Tips Membongkar Laptop yang Aman, Baca Sebelum Menyesal !

Tips terakhir adalah sebaiknya serahkan kepada ahlinya, jika sobat tidak ingin mengambil resiko dan termasuk orang yang sangat berkecukupan tidak ada salahnya untuk menyerahkannya ke teknisi ahli. Untuk daerah saya bongkar laptop untuk pasang RAM atau SSD paling 50-100 ribu (walaupun masih mahal sih menurut saya😏).


Selain untuk memudahkan dimasa sekarang mungkin juga bisa memudahkan dimasa mendatang saat mau bongkar laptop sendiri, ini karena biasanya laptop yang baru pertama kali di bongkar akan sedikit susah mencabut komponen atau bautnya, jadi jika sebelumnya sudah di bongkar oleh teknisi setidaknya sudah membantu melonggarkannya.

Sekian tips dari saya seputar bongkar-membongkar laptop, selain tips diatas sebaiknya sobat persiapkan mental dan kesabaran agar tidak terjadi insiden yang tidak di inginkan. Hal-hal lain seperti persiapkan wadah baut agar tidak hilang, singkirkan berbagai jenis cairan yang bisa tumpah, dan sesuatu yang membahayakan lainnya. Sekian artikel ini saya tulis sampai jumpa😀.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.