Cara Mudah Menambahkan Watermark Dokumen PDF Skripsi

Cara Mudah Menambahkan Watermark Dokumen PDF Skripsi

Di artikel ini saya akan berbagi cara mudah menambahkan watermark di dokumen PDF yang kita punyai, artikel ini di buat dilatarbelakngi oleh pengumpulan file skripsi saya yang harus menggunakan watermark logo universitas yang hampir saya terlewat, sebenarnya universitas saya sudah menyediakan tutorial untuk membuat watermark di microsoft word dan PDF tapi karena saya rasa kurang sesuai keinginan, saya menggunakan cara lain untuk membuat watermark di file skripsi saya.

Ketidaksesuaian itu terletak pada posisi watermark yang dibuat di microsoft word selalu terhalangi oleh gambar, sehingga logo universitas saya terpotong dan kurang enak untuk dipandang, ditambah lagi skripsi saya banyak screenshoot gambarnya ya jadi banyak kepotongnya.


Saya teringat tentang tool untuk memanipulasi pdf di internet yaitu ilovepdf, ini juga saya gunakan untuk memotong dan menggabungkan halaman-halaman bab skripsi saya, untuk tutorialnya bisa sobat lihat di artikel Cara Paling Gampang Memotong dan Menggabungkan Halaman PDF.

Ternyata setelah saya cek-cek lagi disana juga menyediakan tool untuk membuat watermark di halaman pdf, tetapi setelah meneumukan tool tersebut saya mulai menyadari setelah sudah lama menggunakan tool ini, apakah file yang kita upload aman dan tidak disalahgunakan ?

Saya mulai ragu karena ilovepdf bisa saja menyimpan file dokumen yang saya upload termasuk skripsi yang mungkin nanti akan disalah gunakan, tetapi ternyata pertanyaan ini juga banyak ditanyakan oleh pengguna lain, yang dijelaskan di halaman berikut ini.

Cara Mudah Menambahkan Watermark di PDF (Skripsi)

Jadi mengenai hal tersebut keraguan mulai berkurang, tetapi tidak 100% percaya karena bisa saja ilovepdf diam-diam menyimpan file kita dan disalahgunakan untuk kepentingannya, tetapi ya sudahlah skripsi saya isinya ga terlalu penting juga😅. Langsung saja ke tutorialnya, tetapi sebelum itu sobat harus menyediakan logo yang ingin di letakkan pada file pdfnya dalam bentuk png atau jpg, ukuran logo yang saya rekomendasikan (setelah melalui serangkaian uji coba) untuk diletakkan di pdf adalah 175PX x 175PX, bisa sobat sesuaikan sendiri ya.

Silahkan kunjungi halaman https://www.ilovepdf.com/pdf_add_watermark

Cara Mudah Menambahkan Watermark di PDF (Skripsi)

Pilih file pdf yang akan di taruh watermark.

Cara Mudah Menambahkan Watermark di PDF (Skripsi)

Setelah dipilih maka akan langsung di alihkan pada halaman dibawah ini, silahkan pilih menu place image > pilih logo yang sudah disiapkan > atur posisi watermark > dan tranparancy untuk membuat gambar tranparant itulah menu-menu yang sering saya gunakan jika sobat ingin pengaturan lain  silahkan mencoba-cobanya sendiri.

Cara Mudah Menambahkan Watermark di PDF (Skripsi)

Setelah itu klik add watermark, dan tunggu server untuk memproses halaman pdf sobat.

Cara Mudah Menambahkan Watermark di PDF (Skripsi)

Setelah itu sobat tinggal mendownloadnya, ada peringatan dari ilovepdf bahwa ada beberapa file yang tidak bisa di proses, jadi sebelum mempublikasikan file pdf sebaiknya sobat memeriksanya terlebih dahulu setuiap halaman apakah sudah terdapat watermark dan sesuai keinginan. Cukup sekian tutorial yang sangat sederhana ini, semoga bermanfaat untuk membuat watermark di halaman pdf ya, sampai jumpa😁.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.