Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)

Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)

Mendengarkan mp3 atau radio di smartphone sudah biasa tapi pernahkah sobat ingin mendengarkan youtube, iya memang youtube itu adalah sebuah platform untuk menonton video tapi terkadang ada video yang hanya ingin kita dengarkan saja seperti wawancara pod cast, ceramah agama, dan lain sebagainya.

Untuk mendengarkan youtube kita bisa saja meletakkan smarphone dan hanya mendengarkan suaranya saja masalahnya adalah layar smarphone harus terus menyala dan tetap membuka aplikasi youtube agar video yang diputar tetap berjalan, kalau smarphone di kunci, layar mati, atau keluar dari aplikasi maka video youtube juga akan langsung berhenti dan suara audio pun ikut berhenti.


Atau jika teman-teman orangnya ingin multitask untuk membalas WA, lihat postingan istagram, dan aktivitas lainnya bersamaan dengan mendengarkan youtube maka tidak bisa di lakukan karena tidak mungkin menutup aplikasi youtube. Sebenarnya ada satu fitur dimana sobat masih bisa melihat youtube sambil membuka aplikasi lain seperti gambar dibawah ini.



Tetapi fitur tersebut hanya ada di android versi 7 (Nougat) ke atas dan kurang nyaman karena layar menjadi kecil, di artikel kali ini  saya akan berbagi bagaimana cara agar youtube bisa kita dengarkan saja dengan menjalankan youtube di latar belakang tanpa menampilkan video tetapi hanya audionya saja.

Sebenarnya cara ini saya tidak sengaja temukan saat membuka aplikasi youtube di smartphone dimana youtube merekomendasikan saya untuk melihat video tips untuk mendengarkan youtube, karena saya rasa bermanfaat maka tidak ada salahnya saya juga saya berbagi di blog saya melalui artikel ini. Langsung saja ke tutorialnya.

Sebelum memulai pastikan sobat sudah mendownload google chrome untuk membuka situs youtube, kita tidak akan menggunakan aplikasi youtube android di tutorial kali ini. Jika belum download di link ini atau silahkan cari di aplikasi play storenya masing masing. Setelah sudah di download silahkan buka aplikasi google chromenya.


Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)

Lalu kunjungi url www.youtube.com dan carilah video yang ingin sobat dengarkan, setelah memilih video yang ingin diputar kurang lebih tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)


Sebagai contoh saya menggunakan video ceramah di atas untuk tutorial kali ini, setelah itu klik tombol menu (titik 3 paling atas) untuk memunculkan menu-menu lainnya.

Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)


Silahkan centang menu yang bernama Situs Desktop ini bertujuan agar google chrome menampilkan halaman versi komputer atau desktop, silahkan tunggu sampai google chrome memuat halaman yang baru, tampilan halaman setelah di muat ulang kira-kira seperti gambar dibawah ini.


Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)

Karena ini halaman desktop maka tampilannya agak mengecil karena memang tidak di optimalkan untuk di tampilkan smartphone. Setelah semua selesai silahkan sobat klik tombol home di smartphone  (tombol tengah), maka aplikasi akan menutup tapi masih berjalan pada background.

Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)


Setelah itu langkah yang terakhir adalah tampilkan bar notifikasi di smartphone sobat dan klik tombol play, sekarang youtube sudah bisa di dengarkan tanpa harus melihat videonya, sobat bisa matikan layarnya atau membuka aplikasi lain. Mudah kan, ada satu catatan lagi karena ini berjalan di latar belakang sobat jangan menghapus aplikasi google chrome di latar bebelakang ya, misalnya dengan mengklik tombol hapus semua, seperti gambar dibawah ini. Karena jika itu dilakukan maka audio dan video yang diputar akan ikut berhenti.

Cara Mendengarkan Audio Youtube di Smarphone (Layar Mati)

Sekian tutoral bagaimana cara mendengarkan audio youtube, terima kasih dan sampai jumpa. Untuk sobat yang ingin melihat versi videonya sudah saya sediakan dibawah ini, ini adalah video inspirasi saya untuk membuat artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.