Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak Mengganggu

Akhirnya liburan kuliah telah tiba dan saya pun pulang kerumah saya dikalimantan selatan, setelah sampai dirumah saya menemukan banyak hal yang baru, diantaranya adalah orang rumah ternyata beternak ayam, bertanam sayur mayur, dan memelihara lebah kelulut.

Nah yang paling saya tertarik sih yang lebah ini karena belum pernah melakukannya sebelumnya, dan mulailah saya membuat sarang-sarang baru yang terbuat dari kayu, tujuan saya adalah membuat sarang baru dengan cara memecah lebah lebah kelulut tersebut.

Sudah selesai pembukaannya ????, saatnya lanjutkan ke topik, setelah itu bapak saya meminta tolong saya untuk memperbaiki laptop yang keyboardnya mengetik sendiri tepatnya pada tombol CTRL ini membuat tombol lain pada keyboard menjadi tidak berfungsi.

Tentu saja saya menyerah karena keyboard internal laptop tersebut sudah pasti rusak di hardware dan satu-satunya cara memperbaikinya dengan cara menggantinya atau memperbaikinya sendiri jika ahli????.

Tidak kehabisan ide saya pun menyarankan ke bapak saya untuk sementara menggunakan keyboard eksternal yang baru saya beli, tetapi ternyata tidak semudah itu, keyboard eksternal tetap tidak bisa digunakan karena keyboard internal laptop masih hidup sehingga tetap mengganggu.

Cari carilah tutorial di internet untuk masalah tersebut, dan akhirnya saya mendapat solusi untuk mematikan / menonaktifkan keyboard internal laptop yang rusak lalu ide untuk menulis artikel ini pun muncul. Sebelum mengikuti langkah-langkahnya pastikan sobat sudah membeli keyboard eksternal.

Hasil akhir dari tutorial ini adalah mematikan / menonaktifkan seluruh fungsi keyboard yang rusak sehingga tidak berfungsi lagi. Bagaimana cara mematikan / menonaktifkan keyboard internal laptop yang rusak, sobat bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama-tama sobat bukalah device manager bisa mencarinya di windows menu di sebelah kiri.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu
  2. Setelah itu cari di bagian keyboards.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu
  3. Klik kanan lalu pilih menu Update Driver, maka akan muncul jendela baru, pilih browser my computer for driver software seperti gambar yang di kotak merah dibawah ini.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu
  4. Maka akan muncul lagi tampilan seperti gambar dibawah ini, pilih Let me pick from a list ............  seperti yang terlihat pada kotak merah dibawah.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu
  5. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

    Disinilah langkah penentunya yaitu bagian memilih driver, jangan lupa untuk menghapus tanda centang pada Show compatible hardware dengan cara mengkliknya, setelah itu akan muncul semua driver komputer yang support maupun yang tidak support dengan keyboard laptop kita sekarang. Pada gambar diatas saya memilih driver keyboard fujitsu yang tidak support dengan keyboard yang sekarang saya gunakan. 

    Analoginya dari proses ini kita mengubah driver yang fungsinya sebagai penghubung hardware keyboard kita dengan komputer menjadi driver gadungan, sehingga driver gadungan ini tidak bisa menjadi penghubung keyboard yang rusak ke komputer kita sehingga tidak terjadi lagi ketik mengetik yang tidak diinginkan.

    Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

    Setelah sudah memilih driver yang di inginkan silahkan klik Next maka akan muncul jendela peringatan seperti gambar diatas, inti dari peringatan tersebut menyampaikan bahwa driver yang kita pilih sekarang tidak mendukung dengan hardware (keyboard) sehingga nantinya keyboard tidak akan berfungsi dengan benar,  dan memang itu tujuan kita di tutorial ini????, jadi apakah anda yakin ?, tentu saja sobat bisa langsung mengklik yes.

Setelah itu silahkan sobat restart komputernya, dan cobalah apakah keyboard rusak tersebut sudah tidak mengganggu lagi, dalam beberapa perjcobaan di komputer bapak saya, saya menemukan keyboard yang rusak masih berfungsi walau sudah di install driver gadungan yang tidak mendukungnya.

Jika itu juga terjadi kepada sobat, saya sarankan untuk mengulangi langkah-langkah diatas dengan mengganti driver lain dari yang dipilih sebelumnya. Semoga tutorial ini bermanfaat sampai ketemu di artikel lainnya.

Update terbaru dari artikel ini, bahwa ada keluhan dari beberapa orang yang mengikuti tutorial ini bahwa laptop tidak bisa booting lagi, sebelumnya mohon maaf karena dari pengalaman saya sendiri ini berhasil. jadi LAKUKAN DENGAN RESIKO ANDA SENDIRI, dan tidak di sarankan untuk mengikuti tutorial ini pada laptop yang mempunyai tombol power menyatu dengan keyboard.

Referensi Situs: heizeih.com

38 komentar:

  1. Dan laptop saya tidak bisa pencet power :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ketawa tapi kasihan

      Hapus
    2. Usahakan cari laptop yg tombol powernya misah dari keyboard

      Hapus
    3. cara nya bongkar laptop nya kemudian cari batre cmos nya , cabut kira2 10detik kemudian pasang kembali, otomatis fungsi seperti semula,cara ini memutus arus batre ke memory yg di gunakan untuk menyimpatan tanggal dan waktu serta pengaturan yg kita setting di laptop, fungsinya default pengaturan semula

      Hapus
  2. sedih kak denger nya T_T

    BalasHapus
  3. Kak saya mau tanya nih kak. Pas pilih jenis keyboard external itu merek keyboardnya bakal muncul kah ? Soalnya punya saya merek keyboard Nisuta tapi ko nggak muncul di list pas mau milih keyboard externalnya kak ? Bisa di bantu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya keyboard externalnya langsung colok ga perlu install driver keyboard lagi

      Hapus
  4. Jadi di device manager, keyboard eksternal saya ikutan ada tanda serunya gitu (gak bisa dipakai) tapi mouse eksternal saya bisa dipakai. Udah diulang caranya, di copot pasang tetap gabisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry ga bisa bantu banyak, soalnya saya pake 2 keyboard logitech aman-aman aja, coba update driver untuk keyboard eksternalnya

      Hapus
  5. Punya saya nyatu dengan tombol power menyatu dengan keyboard. Tapi on, off masih berfungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah dikunci keyboard internalnya apa masih berfungsi kak tombol on of nya

      Hapus
    2. Saya juga bisa power on off, laptop Asus windows 10, keyboard saya matikan, tombol power on off masih aktif dan touchpad masih aktif, jadi saya gunakan saja keyboard eksternal disambung lewat USB

      Hapus
  6. Cara mengembalikan nya ke semula gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas bagian update driver pilih search automaticall, selanjutnya kayanya tinggal next next aja

      Hapus
  7. Terima kasih gan,artikel nya sangat membantu 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  8. klo di laptop saya kenapa jd tidak bisa di shutdown ya, setiap di shutdown hidup lagi...jadi kaya di restart gitu, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  9. Gan kasusnya Persis kek gini. Ada beberapa file yg terlanjur kehapus Dan gabisa diundo lg. Gua Cari di recycle bin gaada. Gmna gan Ada solusi ga?

    BalasHapus
  10. min punya gw udah gw kek gituin tapi kok tetep gak bisa ke nonaktif ya??

    BalasHapus
  11. kak, setelah dinonaktifkan, mouse juga ikut nonaktif. bagaimana mengatasi agar keyboard laptopnya saja yang nonaktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga begitu. Touchpadnya jadi ikut mati. Gimana ya cara biar keyboardnya aja yang mati? Adakah yang tau solusinya?

      Hapus
    2. Sama...touchpad jd ga fungsi...mouse jg ga fungsi..
      Gmn solusinya nie..?

      Hapus
  12. Laptopku jadi ringan gak ngelek lagi,, dan tombol start juga masih aktif gak tau napa,, tapi itu yang aku harapkan,,, makasih haha

    BalasHapus
  13. bang trackpad nya ga fungsi jugaaa huhu

    BalasHapus
  14. Power on off dan touchpad laptop Asus windows 10 masih aktif, walaupun saya matikan keyboard laptop, jadi sekarang saya gunakan keyboard eksternal disambung lewat USB

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran kah kak? aku juga tombol on off menyatu sm keyboard, mau aku matiin keyboardnya tp takut ntar gabisa nyala :( caranya tau kaya gitu gmn ya ka?

      Hapus
    2. Klo boleh tau asus type apa kak?

      Hapus
  15. Ma kasih ilmu nya smoga jadi amal jariah barang siapa yang memudahkan urusan orang dia pun di mudahkan urusan ya

    BalasHapus
  16. Ma kasih bnyak bang ilmunyaa.....sboga Allah membalas kebaikan y bang

    BalasHapus
  17. Saya udha coba dan berhasil tapi touch pada saya gabisa juga

    BalasHapus
  18. Tuturial ini, apakah keyboard yang asal akan non aktif secara permanen ? Ataukah masih bisa di aktifkan kembali ??

    BalasHapus
  19. Cara aktifin lginya kekmana kak?

    BalasHapus
  20. berhasil untuk laptop yg keyboard nya jenis lama yg tombol power nya misah dari keyboard ��
    kalau tmbol power nya nyatu sama keyboard jangan coba2 ya nanti gk bisa d hidupkan laptop nya karena hilang fungsi

    BalasHapus
  21. Padahal laptop ku laptop lama, dan gk bisa di restart. Biasanya jdi kyk ke shutdown.
    Aku nyoba gk pilih apapun (yg fujitsu itu) ternyata gagal terus. Pas ku coba pilih, kali ini berhasil.
    Makasih infonya

    BalasHapus
  22. Masalah saya ga bisa milih driver kerboard, soalnya yg masalahnya tombol yg bermasalah tombol ke bawah jadi mencet terus ke bawah, apakah ada solusi lain?

    BalasHapus
  23. Oh iya saya menggunakan laptop toshiba satelite L645, mohon bantuannya

    BalasHapus
  24. terima kasih atas solusinnya , soalnya laptop saya itu banyak tombol yang eror mencet sendiri sehingga menggangu sekali dalam pekerjaan, maka melalulai artiket ini saya telah mendapatkan solusinnya sehingga saya ganti laptop saya dengan keyboard eksternal dan menonaktifkan keyboard laptopnya.

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.