Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Minggu, 20 Januari 2019

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak Mengganggu

Akhirnya liburan kuliah telah tiba dan saya pun pulang kerumah saya dikalimantan selatan, setelah sampai dirumah saya menemukan banyak hal yang baru, diantaranya adalah orang rumah ternyata beternak ayam, bertanam sayur mayur, dan memelihara lebah kelulut, nah yang paling saya tertarik sih yang lebah ini karena belum pernah melakukannya sebelumnya, dan mulailah saya membuat sarang-sarang baru yang terbuat dari kayu, tujuan saya adalah membuat sarang baru dengan cara memecah lebah lebah kelulut tersebut.

Sudah selesai pembukaannya ๐Ÿ˜, saatnya lanjutkan ke topik, setelah itu bapak saya meminta tolong saya untuk memperbaiki laptop yang keyboardnya mengetik sendiri tepatnya pada tombol CTRL ini membuat tombol lain pada keyboard menjadi tidak berfungsi, tentunya saya menyerah karena keyboard tersebut sudah pasti rusak di hardware dan satu-satunya cara memperbaikinya dengan cara menggantinya atau memperbaikinya sendiri jika ahli๐Ÿ˜†.


Tidak kehabisan ide saya pun menyarankan ke bapak saya untuk sementara menggunakan keyboard eksternal yang baru saya beli, tetapi ternyata tidak semudah itu, keyboard tetap tidak bisa digunakan karena keyboard laptop masih hidup sehingga tetap mengganggu.

Cari carilah tutorial di internet untuk masalah tersebut, dan akhirnya saya mendapat solusi untuk mematikan keyboard laptop yang rusak lalu ide untuk menulis artikel ini pun muncul. Sebelum mengikuti langkah-langkahnya pastikan sobat sudah membeli keyboard ekternal, hasil akhir dari tutorial ini adalah mematikan seluruh fungsi keyboard yang rusak sehingga tidak berfungsi lagi. Bagaimana caranya mari langsung ke langkah-langkah Mematikan Keyboard Laptop Rusak.

Pertama-tama sobat bukalah device manager bisa mencarinya di windows menu di sebelah kiri.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Setelah itu cari bagian keyboards

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Klik kanan lalu pilih menu Update Driver, maka akan muncul jendela baru.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Pilih Browser my computer for driver software seperti gambar yang di kotak merah diatas, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Pilih Let me pick from a list ............  seperti yang terlihat pada kotak merah diatas, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Disinilah langkah penentunya yaitu bagian memilih driver, jangan lupa untuk menghapus tanda centang pada Show compatible hardware dengan cara mengkliknya, setelah itu akan muncul semua driver komputer yang support maupun yang tidak support dengan keyboard laptop kita sekarang. Pada gambar diatas saya memilih driver keyboard fujitsu yang tidak support dengan keyboard yang sekarang saya gunakan. 



Analoginya dari proses ini kita mengubah driver yang fungsinya sebagai penghubung hardware keyboard kita dengan komputer menjadi driver gadungan, sehingga driver gadungan ini tidak bisa menjadi penghubung keyboard yang rusak ke komputer kita sehingga tidak terjadi lagi ketik mengetik yang tidak diinginkan.

Cara Mematikan Keyboard Laptop Rusak yang Mengganggu

Setelah sudah memilih driver yang di inginkan silahkan klik Next maka akan muncul jendela peringatan seperti gambar diatas, inti dari peringatan tersebut menyampaikan bahwa driver yang kita pilih sekarang tidak mendukung dengan hardware (keyboard) sehingga nantinya keyboard tidak akan berfungsi dengan benar,  dan memang itu tujuan kita di tutorial ini๐Ÿ˜†, jadi apakah anda yakin ?, tentu saja sobat bisa langsung mengklik yes.

Setelah itu silahkan sobat restart komputernya, dan cobalah apakah keyboard rusak tersebut sudah tidak mengganggu lagi, dalam beberapa perjcobaan di komputer bapak saya, saya menemukan keyboard yang rusak masih berfungsi walau sudah di install driver gadungan yang tidak mendukungnya, jika itu juga terjadi kepada sobat, saya sarankan untuk mengulangi langkah-langkah diatas dengan mengganti driver lain dari yang dipilh sebelumnya. Semoga tutorial ini bermanfaat sampai ketemu di artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.