Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting

Senin, 31 Desember 2018

Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting

Haloo sobat kali ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat server hosting kita bisa menkompress file saat ingin di download oleh di client, sebelum membahas lebih lanjut mari kita cerita-cerita terlebih dahulu agar artikel ini lebih panjang. Beberapa waktu yang lalu saya pernah share artikel tentang bagaimana caranya mengecilkan ukuran javascript secara online, nah lalu beberapa waktu lalu juga saya menguji keefektifan compress website di pagespeed insign milik google, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini

Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting


Skor website saya dikategorikan ke jenis website yang lambat, nah dari situlah saya mulai mencarai cara lain untuk lebih mengefektifkan website yang saya miliki, akhirnya saya menemukan suatu artikel di internet yang membahas tentang mengkompresi file dengan gzip, nah dari situlah akhirnya saya bisa mengkompresi file tanpa harus meminify css dan jsnya terlebih dahulu bahkan cara ini bisa mengkompres banyak file selain js dan css serta dapat menghemat bandwidth internet client lebih efektif lagi.


Yang kita perlukan hanyalah mengatur htaccess file hosting kita lalu berharap server hosting kita mendukung sistem kompresi tersebut. Langsung saja ke bagaimana cara pengaturannya pertama tama buka file manager di control panel server sobat atau bisa juga menggunakan filezilla.

Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting

Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting

Buat file yang bernama .htaccess dan isi file tersebut dengan konfigurasi kode dibawah ini.

Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting

<IfModule mod_deflate.c>
  # Compress HTML, CSS, JavaScript, Text, XML and fonts
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/vnd.ms-fontobject
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-opentype
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-otf
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-truetype
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-ttf
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/opentype
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/otf
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/ttf
  AddOutputFilterByType DEFLATE image/svg+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE image/x-icon
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
</IfModule>

Setelah kode diatas sudah diletakkan di file .htaccess silahkan save, dan cobalah meletakkan file di folder yang sama dengan file .htaccess, sebelum meletakkan file, bisa sobat lihat di kode diatas file apa saja yang bisa di kompres.


Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting


Kenapa tidak ada file gambar atau dokumen seperti docx, xlsx, jpg, atau png. Alasannya memang saran dari para ahli file-file tersebut tidak disarankan untuk menggunakan metode ini untuk sumber bacaannya sobat bisa cari sendiri di google. Setelah semua langkah di atas selesai mari kita uji apakah kompress gzip ini efektif untuk mengecilkan ukuran file seperti css, js, atau font yang saya pakai pada website webaik ini.



Tips Mengecilkan / Kompres Bandwidth File di Server Hosting


Setelah di uji coba, bisa sobat lihat pada gambar diatas (jika kekecilan bisa sobat besarkan), bisa diperhatikan sebelum dan sesudah yang sesudah sebelah kanan menunjukkan hasil yang memuaskan lebih dari 50% ukuran file bisa di pangkas tanpa harus meminifynya terlebih dahulu, walaupun dengan meminify css dan js terlebih dahulu malahan lebih bagus dan tentunya ini membuat client bisa mengakses website kita dengan lebih cepat.

Ada info tambahan lagi, beberapa saat lalu saya membeli hosting di situs yang berbeda dari yang terdahulu dan ternyata hosting tersebut bisa mengkompres file tanpa kita harus mengkonfigurasi .htaccess seperti cara diatas, saya mengetahuinya karena file yang saya upload lebih kecil ukurannya saat saya gunakan sebagai external js dan css. Jadi kemungkinan administrator server mulai memperhatikan tentang compress file ini penting untuk kecepatan akses ke suatu website.

Selain cara diatas sobat juga bisa mengaktifkan cache browser agar file css dan js yang sudah didownload bisa tersimpan di browser sehingga bisa digunakan kembali jika client mengakses halaman kita lagi tanpa mendownload lagi diserver kita. Itu saja toturial ini saya tulis, semoga bermanfaat dalam membuat website sobat-sobat sekalian menjadi semakin cepat, Sampai jumpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.