Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Buka (Linux Mint)

Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Buka (Linux Mint)

Beberapa hari lalu saya menginstall linux mint versi terbaru yaitu linux mint 19, karena ini merupakan install ulang sistem operasi baru maka saya harus menginstall ulang semua aplikasi linux saya sebelumnya termasuk browser favorit saya google chrome, semua berjalan lancar sebelum saya menginstall google chrome, tapi setelah mencoba membuka google chrome, seperti ada yang aneh browsernya tidak bisa dibuka.

Masalah ini sudah saya coba atasi dengan uninstall google chrome lalu menginstallnya kembali, tetapi dicoba beberapa kali hasilnya tidak mempan, lalu saya coba cari di internet masalah ini masih belum selesai juga masalahnya, tetapi saya terus berusaha mencarinya akhirnya terdapat suatu tulisan di forum yang mengharuskan saya menghapus sebuah folder konfigurasi chrome, akhirnya masalah google chrome selesai.



Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi google chrome tidak bisa di buka di linux, langkah pertama sobat harus tau dimana folder user, biasanya penamaan ini ada pada saat proses instalasi

Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Buka (Linux Mint)

Kalau saya memberi nama "anonim" saat instalasi linux mint sebelumnya, jadi yang harus saya cari adalah folder yang bernama anonim di linux mint saya.

Setelah masuk ke folder anonim tekan kombinasi tombol Ctrl + H yang berfungsi untuk menampilkan folder tersembunyi yang ada di suatu folder, folder tersembunyi tersebut selalu berawalan dengan tanda titik (.), lalu carilah folder yang bernama folder .config.

Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Buka (Linux Mint)

Didalamnya terdapat folder configurasi dari google chrome tugas sobat hanya menghapus folder tersebut, jika tidak bisa dihapus mungkin harus membutuhkan akses root untuk menghapusnya, langkahnya klik kanan pada folder .config open as administrator dan masukkan passwordnya. Sekarang sobat sudah mendapat akses root hapuslah folder configurasi chrome tadi.

Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Buka (Linux Mint)

Sekarang coba restart browser google chrome jika berhasil maka chrome akan terbuka, jika tidak bisa terbuka berarti masalahnya bukan di folder configurasi chrome itu, dan sobat harus mencari tutorial lain di internet. Sekian tutorial yang sangat singkat ini semoga dengan artikel ini ada yang terbantu, sampai jumpa terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.