Ampere : Melihat Arus Listrik Yang Masuk ke Smartphone Kita

Sabtu, 01 September 2018

Ampere : Melihat Arus Listrik Yang Masuk ke Smartphone Kita

Pernah ga sobat charge smartphone tapi ga penuh-penuh ? kalau saya sih pernah dan cukup mengesalkan karena membuang-buang waktu, hal ini ternyata terjadi bukan hanya kepala charger yang rusak tapi bisa saja kabel datanya, dan saya baru tau baru-baru ini menggunakan aplikasi ampere.

Ampere adalah aplikasi yang bisa mendeteksi arus listrik yang masuk ke smartphone kita, smarphone sekarang cukup canggih dengan mempunyai sensor untuk mendeteksi arus listrik yang keluar masuk, kalau smartphone lama seperti Xperia Mini jadul setelah di uji coba tidak bisa menggunakan aplikasi ampere ini tapi bukan karena ga ada sensor listrik ya tapi memorinya ga muat lagi buat install aplikasi ampere.



Apasih sebenarnya kegunaan aplikasi ampere? menurut saya ampere hanya bermanfaat saat kita ingin membeli charger atau kabel data, dengan ampere kita bisa melihat arus listrik yang masuk dan bisa memutuskan bahwa charger atau kabel data yang kita beli itu cocok untuk smartphone kita, kalau udah selesai beli sudah ga berguna lagi tinggal uninstall aja.

Kalau smarphone saya redmi note 3 dilihat dari spesifikasinya arus masuk maksimal saat charger adalah 2000mA, tetapi itu maksimalnya ya padahal seringnya yang saya lihat hanya 1700mA-1900mA, berikut ini adalah screenshoot smartphone saya saat mencharge.

Ampere : Melihat Arus Listrik Yang Masuk ke Smartphone Kita

dan ini saat tidak mencharge, terlihat daya baterai smartphone kita berkurang, lalu selain melihat informasi arus listrik sobat juga bisa melihat informasi lain terkait smarphone (kebanyakan sih tentang baterai juga).

Ampere : Melihat Arus Listrik Yang Masuk ke Smartphone Kita


Ohh ada satu yang hampir terlupa, ingat ya kalau mau melihat arus masuk itu waktunya pas baterai kurang dari 80% agar tidak keliru, soalnya saat baterai sudah diatas 80% maka arus yang masuk dibatasi sampai kurang dari 1000mA, jadi jangan salahkan kabel datanya dulu kalau arus listrik yang masuk kecil, cek dulu baterainya diatas 80% atau dibawanya, kalau ga percaya bisa dilihat pada gambar dibawah ini, semakin hampir penuh baterainya maka daya yang masuk akan semakin kecil (80% itu perkiraan saya saja ya, cek lagi kalau salah).

Ampere : Melihat Arus Listrik Yang Masuk ke Smartphone Kita

Cukup sekian tulisan saya tentang aplikasi ampere ini semoga berguna saat mau membeli charger atau kabel data agar tidak dapat yang abal-abal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.