Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya

Senin, 27 Agustus 2018

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya

Beberapa bulan sebelum artikel ini di tulis saya mendapat masalah yang cukup serius untuk memahami pelajaran yaitu membaca buku yang full bahasa inggris, ya dosen saya memberikan buku, tepatnya sih ebook yang dia download dari internet dan dibagikan kemahasiswa.

Bukannya saya ga bisa bahasa inggris, tapi pake bahasa sehari-hari yang sudah kita tahu dari kecil kan lebih gampang untuk dipahami. Kalau sobat mempunyai masalah yang sama maka sobat datang di artikel yang tepat.

Awalnya saya mentranslate dokumen menggunakan google translate, tetapi ternyata cukup memakan waktu dan formatnya tidak seperti aslinya, format yang tidak sesuai ini sangat menyulitkan saya untuk membacanya apalagi memahaminya.

Nah barulah saya cari di internet dan akhirnya menemukan cara yang lebih simpel dan tidak menghilangkan format dokumen yang di translate, bahkan grafik atau gambar yang memiliki teks bahasa inggris di translate dengan baik, selain itu sobat  tidak perlu menginstall software karena kita akan mentranslatenya secara online.

Ini adalah suatu cara kekinian untuk mentranslate dokumen, format dokumen yang didukung untuk ditranslate lumayan banyak yaitu docx, doc, xml, ppt, pptx, xls, xlsx, odt, ods, odp, pdf, str, txt, dan rtf.

Yang paling umum dan sering digunakan orang paling cuman
  • docx, doc untuk Microsoft Word 
  • xls, xlsx   untuk Microsoft Excel
  • ppt, pptx  untuk Microsoft Power Point dan
  • pdf
Untuk dukungan bahasanya juga banyak karena memang masih didukung oleh google translate, langkah pertama sobat buka https://www.onlinedoctranslator.com/en/translationform lalu pilih dokumen yang akan di translate, kalau prosesnya ingin berjalan lancar sobat jangan memilih dokumen yang mempunyai banyak halaman maksimal 20 lah, karena saya pernah coba upload 1 buku yang punya ratusan halaman dan berakhir error.

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya

Pilih kebahasa mana dokumen tersebut ingin ditranslate, biasanya sih di deteksi otomatis, tapi kalau ga jalan proses pendeteksiannya bisa di atur secara manual.

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya

Setelah proses translate selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, dan biasanya akan mendownload dokumen hasil translatenya secara otomatis.

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya

Jika download otomatis tidak berjalan, sobat bisa klik tombol download saja dibawahnya.

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya


Itulah sedikit tutorial bagaimana cara mentranslate dokumen tanpa menghilangkan formatnya, hasilnya memang tidak sempurna masih ada bagian-bagian yang tulisannya acak-acakan tapi masih bisa di maklumilah ya, namanya juga program buatan manusia dan masih bisa di baca kok.

Cara Translate Dokumen Tanpa Menghilangkan Formatnya


Jika sobat ingin pengembang aplikasi penyempurnakan translator dokumen ini lebih cepat, maka ada baiknya berdonasi karena ini adalah project open source, jadi ya harus ada motivasinya. Cukup sekian artikel ini saya tulis da daaaaah.

2 komentar:

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.