Cara Praktis Melambatkan Koneksi Internet (Web Developer)

Sabtu, 25 Agustus 2018

Cara Praktis Melambatkan Koneksi Internet (Web Developer)
Kalau internetan pasti yang sering di keluhkan soal kecepatannya (kok lambat, kok lelet, download lama nih dan lain sebagainya), tapi di zaman sekarang ini khususnya di kota-kota besar internet sudah semakin cepat, nah disitulah saya mengeluhkan karena internetannya kecepetan , kok bisa? iya keluhan itu timbul saat saya ingin membuat tampilan progress loading pada projek web saya yang pada saat di uji di localhost(komputer sendiri) tidak ada tampilan progress loading apapun karena koneksi terlalu cepat.


Salah satu solusinya adalah dengan menguploadnya di hosting agar menggunakan koneksi internet yang asli dan membuat progressnya sedikit terlihat, masalah saya sudah terselesaikan? ternyata tidak sesimpel itu karena masalah yang sebenarnya muncul adalah saat saya menggunakan framework yang mempunyai sekitar 6000 file pendukung, untuk menguploadnya membutuhkan waktu 15 menit , yang tentunya membuang waktu kalau sekedar menguji progress bar saja, barulah saya memikirkan cara lain selain upload 6000 file itu ke hosting.

Bertanyalah saya ke forum developer web, nah ternyata jawabannya cukup simple, yaitu dengan memanfaatkan fitur network throttling (perlambatan jaringan) di bagian developer tool yang ada di browser. Setelah itu untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Praktis Melambatkan Koneksi Internet (Web Developer)


Saya disini mencoba di 2 browser yaitu chrome dan firefox, ya pengaturannya beda-beda dikitlah. Kalau sobat pakai browser lain silahkan di cari sendiri ya, dugaan saya sih ga akan jauh beda pengaturannya.

Cara Praktis Melambatkan Koneksi Internet (Web Developer)


Tapi sepertinya chrome lebih unggul karena terdapat fitur menambah profile network throttling yang bisa kita atur kecepatan download, upload, dan pingnya. Sedangkan firefox saya cari-cari tidak ada, kalau sobat nanti  menemukan fitur tambah profile di firefox beritahu di komentar ya.

Cara Praktis Melambatkan Koneksi Internet (Web Developer)


Pengaturan network throttling ini hanya berlaku untuk satu tab saja, kalau sobat menambahkan tab baru maka harus mengatur ulang lagi, dan hanya maksimal pada saat browsing dan streaming bukan untuk download ya, karena kalau download saya pernah coba kadang bisa kadang ga, dan harus membuka terus tab yang telah di atur network throttlingnya. Jadi kalau sobat ingin membatasi bandwidth internet tidak cocok menggunakan cara ini, lebih baik pakai tool lain atau cari tutorial lain yang lebih tepat seperti  Cara Mudah Membatasi Bandwidth Internet WiFi Indihome.


Setelah saya coba cara ini akhirnya sekarang tidak harus mengupload file project saya lagi ke hosting untuk sekedar mencoba progress bar saja, dan masalah membuat koneksi lambat untuk melihat progress bar pun hilang. Dengan berakhirnya cerita masalah saya, berakhir juga artikel ini, semoga bermanfaat untuk yang ingin melambatkan koneksi internetnya. Bye Bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.