Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik (Linux/Windows)

Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik


Akhirnya saya kembali lagi menulis, setelah berminggu-minggu lebih tidak mempost apapun di blog ini dengan alasan yang sama saja seperti artikel-artikel sebelumnya. Oke di artikel ini saya akan membahas aplikasi perekaman software, karena saya ada tugas kuliah menulis karya ilmiah mari kita bahas latar belakangnya dulu.

Merekam layar sekarang lagi sangat populernya, salah satu faktornya karena kemunculan channel-channel gaming yang menghibur, tentunya untuk merekam game yang dimainkan harus menggunakan aplikasi perekaman layar. Jika sobat mencari aplikasi perekaman layar digoogle untuk sistem operasi windows, maka sobat akan menemukannya banyak sekali, yang aneh hanyalah mayoritas aplikasi perekaman layar tersebut berbayar.

Memang ada yang gratis, tapi developernya tidak cukup ikhlas untuk melepasnya begitu saja sehingga video yang dihasilkan aplikasi tersebut terdapat logo aplikasi yang mengganggu dan biasanya ada batas waktu perekamannya. Langsung saja dibawah ini saya akan memberi tahu aplikasi perekaman layar yang cocok untuk sobat yang suka gratisan, sekaligus review singkat dari masing-masing aplikasi tersebut.

RecordMyDesktop(Linux)
Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik


Aplikasi perekaman layar ini adalah yang pertama kali saya gunakan di Linux, keunggulan aplikasi ini adalah saat proses perekaman  berlangsung CPU hampir tidak digunakan , hal ini menurut saya dikarenakan saat itu hanya screenshotnya saja yang disimpan sementara, setelah perekaman dihentikan barulah pembuatan video berlangsung.

Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik

Kelebihannya adalah sangat lancar untuk merekam aplikasi yang membutuhkan kerja CPU yang banyak, sedangkan kekurangannya sobat harus menunggu cukup lama karena setelah dihentikan pembuatan video baru dimulai.

Open Broadcaster Software (Windows/Linux)


Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik
OBS(Open Broadcaster Software) merupakan software perekaman video yang sampai saat ini saya anggap satu-satunya software yang gratis dan powerful terutama di Windows, hal ini dibuktikan dengan banyak sekali di gunakan oleh youtuber pemula atau yang sudah terkenal.

Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik

Fiturnya juga cukup lengkap, yang paling keren adalah support green screen backround saat siaran langsung youtube tanpa perlu mengeditnya lagi, untuk caranya saya tidak terlalu mengerti, karena belum pernah menggunakannya

VokoScreen (Linux)


Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik
Setelah recordMyDesktop saya juga merekomendasikan vokoscreen sebagai perekaman layar, karena pengaturannya yang cukup mudah digunakan dan tidak terlalu memberatkan komputer saat perekaman, metode perekamannya merupakan kebalikan dari recordMyDesktop kita tidak perlu menunggu proses render setelah menghentikan perekaman, karena proses rendering sudah dilakukan bersamaan dengan perekaman.

Aplikasi Perekam Layar Komputer Gratis Terbaik

Hal itu pula yang menyebabkan apikasi ini tidak cocok untuk merekam aplikasi berat yang membutuhkan banyak CPU, kecuali CPU sobat sudah cukup kuat untuk render rekaman dan menjalankan aplikasi berat sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.