Tips Mengikuti Kontes/Kompetisi Menulis Artikel Blog

Selasa, 13 Desember 2016


Akhirnya pemenang Giveaway/Kompetisi Asus ROG yang diadakan youtube channel Chandraliow bersama Asus Indonesia sudah di umumkan, tepatnya 30 November 2016. Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang kompetisi diartikel ini, sekaligus membandingkan dengan artikel pemenang, sehingga didapatkan tips supaya memenangkan kompetisi blog.

Walaupun sudah cukup lama kompetisi itu sudah berlalu dari terbitnya artikel ini, saya tetap tidak akan melewatkan menuliskannya di blog kesayangan saya karena saya rasa pengalaman ini harus dibagikan ke sobat pembaca agar bisa bermanfaat.

Hasilnya saya sebagai kontestan blog kalah dalam kompetisi. Sedikit kecewa karena sudah susah payah dengan menulis 3 artikel berbeda yang cukup menguras otak dan menyita waktu, akhirnya saya harus mengakui setelah melihat artikel pemenang bahwa artikelnya memang bagus dan unik, itu terlihat dari bahasa penulisan, kelengkapan isinya, dan gambar menarik,  yang sebagian tidak ada di artikel saya.

Belajar dari pengalaman menjadi kontestan yang kalah saya menyadari bahwa kualitas bagus akan mengalahkan kuantitas yang banyak, diartikel ini saya akan sedikit memberikan tips mengikuti kontes menulis khususnya pada blog/website, semua tips yang saya tulis disini dengan membandingkan artikel yang saya tulis dengan artikel pemenang.

Artikel pemenang adalah Ciungtips.com
Daftar Artikel yang saya ikutkan :

Berikut ini adalah poin-poin yang harus sobat perhatikan saat hendak mengikuti kontes blog.

Jangan Terlalu Mengikuti Aturan Kontes/Kompetisi


Sobat tidak perlu terlalu terikat dengan aturan kontes, jika kontesnya berjenis have fun saja tidak resmi atau formal, karena akan membuat pemikiran sobat terkurung di materi itu saja. Contohnya adalah bagian topik pada gambar diatas, kata-kata "harus menghiglight" membuat ide menulis saya tidak perkembang hanya mengikuti halaman yang ditunjuk oleh Asus sebagai referensi, entah pemahaman saya yang salah atau memang menghigligt bukan kata yang cocok untuk ditaruh disyarat kontes. Terlepas dari hal itu, tidak seperti artikel pemenang yang mengembangkan artikelnya ke beberapa fitur dari Asus ROG yang tidak tertulis di blog saya, dan setelah saya baca dibagian akhir artikel penulis blog pemenang ternyata benar dia mencari situs review luar negeri dan mengubah bahasakan ke bahasa indonesia. 


Cari Sumber Informasi Lain yang Tepercaya
Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya, yang akibat terlalu mengikuti peraturan sehingga tidak mencari sumber review yang lain.  Banyak informasi yang kita tidak tahu dan juga kebetulan tidak terdapat pada website officalnya, jadi tidak ada salahnya berselancar ke situs-situs yang membahas materi kontes yang diikuti untuk lebih memahami materi tersebut dan mengaplikasikan-nya melalui tulisan di blog. Perlu di ingat jangan langsung copas tulisannya ya di rubah-rubah sedikit dengan penmahaman kita setelah membaca artikel tersebut, dan yang terakhir cantumkan sumber bacaan dibawah postingan artikel.

Kontes Blog Atau Website ?
Kesalahan juga terdapat pada tulisan yang saya tulis disebuah halaman bukan blog, bisa di bilang website yang hanya memiliki 1 halaman saja. Waktu itu saya dengan percaya dirinya yakin dengan 1 halaman ini dan 2 artikel lainnya untuk bisa memenangkan kontes ini, tetapi kenyataannya sebaliknya, sebelum menjelaskan lebih lanjut sobat bisa melihat penampakan halaman tersebut dibawah ini.



Jadi kesimpulan di poin ini adalah lihat dulu yang mau dilombakan blog atau website, kalau pendapat saya sih kalau lomba blog akan lebih mengutamakan tulisan daripada desain, tetapi kalau lomba website malahan sebaliknya atau bisa jadi tulisan dan desain harus seimbang, tetapi ini hanya pendapat saja ya.

Harus Anti-Mainstream
Tentu saja untuk menarik perhatian juri penilai kita harus tampil beda daripada yang lain, halaman yang saya buat di poin sebelumnya sudah memenuhi kreteria ini sih, hanya saja karena tulisannya sistem kejar deadline menyebabkan desain yang anti-mainstream itu menjadi sia-sia. Jika kita melihat pada blog pemenang bisa ditemukan sesuatu yang Anti-Mainstream yaitu semua judul poin keunggulan produk ditulis dengan gambar supaya lebih menarik.

Gambar Copas Sebaiknya di Edit 



Sebagai gambar ilustrasi produk saya tidak mungkin untuk memfotonya atau mendesain-nya sendiri(padahal mungkin tapi malas dan makan waktu), akhirnya alternatif-nya menggunakan foto-foto yang bertebaran di internet. Dari pengamatan saya pada artikel pemenang dia mengambil gambar dari situs officalnya tetapi bedanya kalau saya langsung menaruhnya di blog tetapi dia  mengedit gambar tersebut terlebih dahulu dengan memberikan keterangan pada gambar secara langsung. Dengan begitu paling tidak juri kontes akan menghargai usaha kita dalam mengedit gambar.

Bukan Blog Baru
Karena kompetisi yang saya ikuti adalah dari youtuber yang terkenal karena video-video yang menghibur, tentu saja para penontonnya bukan hanya dari kalangan blogger saja, alhasil mereka yang bukan blogger ada yang mencoba peruntungan ikut kompetisi dengan menjadi blogger musiman. 

Hal ini kalau menurut peraturan kompetisi tidak melanggar, tetapi apakah cukup?, meyakinkan juri untuk memilih blog tersebut menjadi pemenang dengan hanya ada satu artikel kontes saja yang terpampang di blog, kasus ini akan menjadi sama saja dengan poin "Kontes Blog Atau Website ?" sebelumnya. Apalagi jika tidak memiliki pengalaman menulis atau ngblog sebelumnya, hasilnya akan menjadi seperti yang saya temui yaitu tulisan kurang enak dibaca dan kurang rapi.

Jadi untuk sobat yang tidak memiliki blog sebelumnya, lalu tertarik pada suatu kontes blog, supaya di ikhlas-kan saja dulu kontes tersebut untuk dimenangkan orang lain, lalu mulailah menulis blog pada saat itu untuk bisa mengikuti kontes-kontes blog lain kedepan-nya. Jika masih tidak mau ngblog juga tidak perlu berharap ikut kontes blog(trik mengurangi saingan).

Rapi dan Menarik
Sedikit tambahan dari penjelasan sebelumnya, untuk membuat juri nyaman memandang artikel sobat, maka rapikanlah tulisan sampai serapi mungkin, supaya lebih jelas dan gampang dipahami saya akan membaginya dalam beberapa poin.


  • Jangan pisahkan tulisan dengan gambar(gambar sendiri tulisannya sendiri) dengan meyelipkan tulisan diantara gambar atau sebaliknya.
  • Rapikanlah tulisan dengan format paragraf justify yang berfungsi meratakan kiri kanan kalimat,
  • Bagi tulisan sobat menjadi beberapa paragraf sehingga lebih gampang membacanya.
Berikut gambar ilustrasi poin-poin diatas.




Dari pengalaman ikut kompetisi blog diatas semoga sobat pembaca bisa mengambil manfaatnya, misalnya untuk memenangkan kontes, motivasi menulis blog, menulis artikel lebih baik lagi, dan sebagainya. Sekian artikel ini saya tulis, jika sobat rasa artikel Tips Mengikuti Kompetisi Blog ini layak untuk dibagikan, silahkan dibagikan ke sobat-sobat yang lain. Terima kasih

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat, makasih min, saya bisa jadi ikut kompetisi menulis

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.