Penyebab File Rusak/Corrupt

Kamis, 25 Agustus 2016

Penyebab dan Solusi File Rusak/Corrupt
Apakah sobat pernah mempunyai file  yang tidak bisa di buka sama sekali, sering terjadi saat transfer atau download file selesai. Hal tersebut bisa disebabkan oleh virus, tetapi kemungkinan juga ada kesalahan manusia didalamnya. Di artikel ini saya akan membahas kesalahan-kesalahan manusia tersebut sekaligus tips trik agar menghindarinya. Saya akan membagi jenis file menjadi 2 yaitu file offline dan file online.

File Online
Gunakan Aplikasi Pihak ke 3                                                          
Jika sobat menggunakan browser biasa untuk mendownload file tidak ada salahnya karena di browser sudah disediakan fitur download, tetapi alangkah lebih baik jika sobat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti XDM atau sejenisnya, ini sangat di sarankan untuk file berukuran besar. Disana proses download sobat lebih terjamin, misalnya untuk koneksi dan pause/resume. Apakah sobat pernah melihat ketika resume download di browser biasa(chrome, mozilla) maka jika koneksi tidak stabil menyebabkan kegagalan download dan harus diulang dari awal lagi, tentu saja hal ini tidak akan terjadi di downloader pihak ketiga.


Jangan Sering Pause Resume
Jika sudah pakai downloader pihak ketiga, tetap jangan sering-sering pause resume karena bisa menyebabkan file akan menjadi currupt, pause resume sering dilakukan untuk file besar yang ditambah dengan koneksi  lambat. Walaupun kemungkinan  file menjadi currupt kecil sobat diharapkan  tetap memperhatikan poin ini, karena saya pernah mengalaminya sendiri.

Koneksi Harus Stabil dan Cepat
koneksi yang stabil membuat download kita tidak ngadat, koneksi cepat tidak diharuskan, tetapi dengan koneksi cepat dan stabil maka poin 1, 2 hampir tidak berguna karena sekali klik download data file di ambil dengan cepat oleh koneksi kita yang hebat.  Tidak perlu pause resume lagi deh.

File Offline
Jaga perangkat penyimpanan
Perangkat penyimpanan yang rentan terhadap kerusakan adalah  perangkat yang memiliki kepingan disk seperti cd dvd atau yang tidak terlihat hardisk. Untuk menjaganya sobat hanya memperlakukannya seperti gadget sobat, jangan sampai terjatuh, tergores, atau kerusakan lainnya. Jika sampai hal buruk terjadi maka file bukan hanya rusak tetapi malahan bisa hilang.

Pastikan Tranfer data lancar
Jika file sudah bagus dalam perpindahan data juga harus diperhatikan, pastikan media/alat yang menghubungkan perangkat peyimpanan harus dalam kondisi prima contohnya saja kabel data usb. Jangan sampai putus-putus saat memindahkan data ke smartphone atau hardisk eksternal, salah satu solusi tranfer data tanpa melalui kabel adalah menggunakan koneksi wifi untuk tranfer data, walaupun tanpa kabel kecepatan tranfernya sama bahkan lebih cepat.

Cukup segitu saja informasi yang semoga bermanfaat untuk sobat, jika artikel ini layak dibagikan untuk sobat-sobat yang lain silahkan bagikan dengan mengklik tombol berbagi dibawah ini. Thank you all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.