Kekurangan dan Kelebihan Linux Mint 17.3 Rosa

Senin, 18 Juli 2016

Kekurangan dan Kelebihan Linux Mint 17.3 Rosa

Hai kali ini saya akan menulis artikel tentang review Sistem Operasi Linux mint 17.3 Rosa 32/64bit pada laptop saya, spesifikasi laptopnya adalah laptop axioo RNW yang ber-processor Intel Celeron 1037U 1.8 GHz. berikut adalah review singkat saya.

Untuk peforma keseluruhan sangat lancar sekali saat menjalankan multitasking, hanya saja kekurangan dari peformanya hanya pada saat perpindahan antar aplikasi yang terasa tersendat tetapi jika sudah masuk kedalamnya maka proses akan berjalan lancar,  saya pernah memainkan sebuah game 3D windows yang sangat populer di Play station dan PC dan sangat lancar saat dijalankan di linux menggunakan wine.

Berdasarkan pengalaman saat share postingan di facebook, saya selalu membuka belasan tab untuk memposting di banyak grup sekaligus, untuk browsernya saya menggunakan chromium dan semua itu dijalankan lancar dan RAM yang terpakai saat itu sekitar 800MB-1.3 GB tergantung banyak tab yang di buka.

Kelengkapan aplikasi di Linux Mint 17.3 juga sangat lengkap, untuk keperluan office saya memakai Wps dan Libre Office, jika sudah terbiasa dengan microsoft office disarankan menggunakan WPS office karena tampilannya hampir mirip dengan produk microsoft tersebut. Aplikasi multimedia juga banyak tersedia di Linux seperti blender, inkscape, open editor dll. Jadi untuk aplikasi kita hanya harus beradaptasi untuk menggunakannya. Sobat bisa mencari berbagai aplikasi Linux di sini.

Kalau ada yang beranggapan game di Linux sedikit maka anggapan tersebut salah besar karena di linux dalam urusan game tidak kalah dengan windows, terbukti dengan hadirnya game yang di gandrungi teman-teman saya yaitu Dota 2, tentunya untuk mendownload dan memainkannya kita membutuhkan steam yang juga tersedia untuk Linux.

Tetapi sebelum mendownload game Dota 2 di Linux pastikan sistem operasi sobat adalah versi 64bit jangan sampai tertipu seperti saya karena steam dan Dota 2 juga bisa di di install dan didownload di sistem operasi 32 bit tetapi pada akhirnya sia-sia karena Dota 2 tidak bisa di mainkan di Sistem Operasi Linux 32bit.

Saat selesai install Linux Mint 17.3 dan menghidupkannya pertama kali, maka Linux Mint sudah bisa dipakai langsung, tanpa harus install driver-driver seperti di windows. untuk urusan konektivitas di linux saya menggunakan Wi-Fi dan tidak ada kendala sedikitpun. Hardware eksternal juga di support oleh Sistem Operasi ini seperti USB Wi-Fi Tp-Link TLWN727N dan Modem Huawei E150, tetapi ada juga driver yang harus saya install sendiri, seperti pada kasus printer cannon E400 dan modem Prolink PHS600.

Kesimpulan review singkat Linux Mint 17.3 menurut blog downloadsehat adalah tidak ada kekurangan dalam hal peforma, aplikasi, game, driver. Walaupun ada beberapa driver yang harus di install manual, hal itu jumlahnya relatif sedikit daripada yang di support. Kelebihannya lagi ada pada konsumsi RAM yang lebih lega daripada Windows sehingga peformanya lebih baik, buktinya yang paling mencolok adalah saya bisa menggunakan Linux Mint 17.3 64bit dengan lancar yang tidak bisa dilakukan oleh Windows 64bit.

Kekurangannya hanya ada pada sedikit bug yang menurut saya cukup mengganggu yaitu fitur mematikan layar saat tidak di gunakan, masalahnya fitur itu tetap bekerja saat memutar video berbasis flash sehingga layar mati saat asik menonton video dan jika layar mati saya harus memasukkan password admin lagi, 

tetapi untungnya kalau youtube(HTML5)  dan VLC fitur tersebut di nonaktifkan secara otomatis oleh sistem. Yang nyebelinnya lagi tidak seperti windows fitur ini tidak bisa di nonaktifkan di Linux Mint, tips mengakalinya hanya dengan memutar video di belakang layar dengan pemutar video VLC sehingga sistem akan menonaktifkan fitur layar mati otomatis ini. 

Cukup sekian artikel review singkat Linux Mint, semoga bisa membantu sobat-sobat yang mau migrasi ke OS open source ini, Jangan lupa kalau artikel ini bermanfaat silahkan share ke sobat-sobat yang lain. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.